Pengertian Seni Rupa Terapan (Artikel Lengkap)

loading...

Seni rupa adalah salah satu cabang seni yang diciptakan manusia dengan menggunakan rupa sebagai medium pengungkapan seni. Yang termasuk ke dalam rupa adalah garis, bidang, bentuk (wujud), huruf, angka, warna dan bahkan cahaya. Karena perbedaan rupa yang dijadikan medium inilah kemudian dikenal cabang-cabang seni rupa seperti seni lukis, seni patung, seni grafis, seni desain dan sebagainya. Seni rupa dibedakan ke dalam dua kategori yaitu:

  1. Seni rupa murni

Seni rupa terapan adalah karya seni yang dirancang untuk tujuan fungsional,yaitu untuk memenuhi kebutuhan fisik dan psikologis (kejiwaan) manusia yang tidak hanya bisa di pandang keindahannya, namun juga dapat di pergunakan dalam kehidupan sehari-hari. Seni rupa terapan memiliki fungsi guna atau pakai. Artinya selain sebagai benda yang bernilai seni (artistik) juga sebagai benda yang indah (estetis) dan dapat digunakan untuk kepentingan manusia. Bentuknya berupa benda-benda pakai atau benda guna untuk kebutuhan manusia. Contoh benda seni terapan antara lain benda-benda gerabah dari tanah liat, benda-benda anyaman, kerajinan keramik, peralatan rumah tangga, kerajinan furniture. Terjemahan seni rupa di dalam bahasa Inggris adalah “Fine Art”.

Seni rupa terapan berbeda dengan seni rupa murni. Karena seni rupa terapan bukan hanya mengutamakan keindahan saja, namun juga fungsinya, sehingga hal ini menjadi nilai plus bagi setiap karya yang dihasilkan. Seni rupa terapan mengacu kepada aplikasi desain dan estetika terhadap benda-benda yang dipergunakan manusia sehari-harinya. Sementara seni rupa murni, diciptakan hanya untuk pemuasan ekspresi pribadi, seni rupa terapan menggunakan desain dan idealisme kreatif untuk menciptakan benda-benda keperluan sehari-hari, seperti cangkir atau bangku, dekorasi taman.

Dalam pembuatan seni pakai biasanya faktor kegunaan lebih diutamakan daripada faktor keindahan atau artistiknya. Membuat karya seni terapan tampak lebih sulit dibandingkan karya seni murni. Hal itu mungkin karena membuat karya seni murni terasa lebih bebas dibanding membuat karya seni terapan karena tidak memperhitungkan fungsi. Akan tetapi sering pula terjadi sebaliknya, melukis bisa lebih sulit daripada membuat rumah tinggal.

Karya seni rupa terapan Nusantara adalah karya seni rupa yang berwujud dua atau tiga dimensi. Seni ini memiliki fungsi tertentu dalam kehidupan sehari-hari yang terdapat di wilayah Nusantara. Karya seni rupa terapan yang terdapat di indonesia sangat beragam dengan aneka jenis, bentuk, fungsi, dan teknik pembuatannya.

Karya seni rupa terapan daerah setempat diciptakan untuk tujuan melestarikan nilai-nilai tradisi dan adat dalam proses serta teknik berkarya seni rupa daerah setempat. Bentuk, model, teknik, dan media memiliki keunikan/karakteristik tersendiri, sebagai kekayaan seni budaya.

Artikel bermanfaat lainnya:

  1. Contoh Seni Rupa Murni

  2. Tugas Seni Budaya Rupa: Mengidentifikasi karya seni rupa murni Bali

  3. 5 Jenis Seni Rupa Terapan (Beserta Gambar)

  4. Pengertian Depenalisasi (Kriminologi)

  5. Pengertian Kinematika dan Dinamika beserta Contohnya


Sumber:
1. Seni Rupa Terapan (Artikel Lengkap) (hedisasrawan.blogspot.com)
2. Pengertian seni rupa (sioe87.blogspot.com)
3. Pengertian Seni Rupa Murni dan Seni Rupa Terapan (terbeselung.blogspot.com)
4. A.JENIS KARYA SENI RUPA TERAPAN DAERAH SETEMPAT (id.scribd.com)
5. Pengertian Seni Rupa Murni dan Seni Rupa Terapan (kaskus.co.id)
6. Karya Seni Rupa Terapan(Pengertian) (blogmasihbelajar.blogspot.com)
7. SENI RUPA TERAPAN (dianvalen.wordpress.com)

Semoga bermanfaat, Tetap Semangat! | Materi Pelajaran

loading...

4 comments: