Jangan Pikirkan Hasil, Pikirkan Proses!

loading...

business race on a blue trackBanyak dari kita yang gagal saat mengerjakan sesuatu. Bisa saja karena dia terlalu memikirkan hasilnya. Hasil akhir memang penting, tetapi yang terpenting adalah prosesnya. Jika prosesnya baik, maka hasilnya pasti baik.

Jika kita terus saja memikirkan hasil, maka kita akan merasa galau dan ragu akan hasil kita. Kita akan berpikir dan membayangkan bagaimana jika seandainya kita berhasil melaksanakannya atau gagal melaksanakannya. Itu hanyalah akan membuang-buang waktu kita untuk melaksanakannya. Jika kita mengabaikan proses, maka hasil akhir yang didapat pasti akan tidak memuaskan.

Seumpama saat kita menghadapi ujian nasional. Jika kita terus saja memikirkan NEM yang akan kita dapat, maka kita akan menjadi stress dan tidak akan sempat belajar untuk menghadapi ujian nasional tersebut. Pada akhirnya, kita akan gagal dalam ujian nasional karena kita terlalu mengkhawatirkannya.

Janganlah terlalu dikhawatirkan, enjoy aja saat akan menghadapi suatu masalah. Walau sesulit apapun masalah Anda, jika Anda yakin dan bertekad, pasti bisa melewatinya. Jalani saja tantangannya, dan Anda akan berkata “ga nyangka bisa melewati masa-masa sulit itu”. Cobalah pikirkan, apa saja hal paling sulit yang pernah Anda hadapi. Pada umumnya sih yaa melewati ujian skripsi saat kuliah. Anda pasti akan merasa heran sendiri saat bisa melewati masa sulit tersebut.

Nah, jika kita memikirkan proses, maka beban pikiran kita akan lebih berkurang. Karena kita hanyalah berfokus kepada hal yang kita kerjakan sekarang. Hasil akhirnya pikirkan belakangan. Ingatlah prinsip sportivitas yaitu jangan pernah memikirkan kalah atau menang, yang penting bagaimana caranya kita bertanding.


Semoga bermanfaat, Tetap Semangat! | Catatan Harian

loading...

No comments:

Post a Comment