Pengertian Seni Rupa Murni dan Terapan (Artikel Lengkap)

loading...

Seni adalah hasil imajinasi atau pengungkapan ekspresi manusia. Karya seni biasanya mengandung nilai estetika. Seni rupa adalah salah satu macam-macam seni. Seni rupa adalah salah satu cabang seni yang membentuk karya seni yang dapat dilihat oleh mata dan dirasakan oleh rabaan. Salah satu cabang seni rupa adalah seni rupa murni dan seni rupa terapan. Berikut adalah pengertian seni rupa murni dan terapan. Langsung saja kita simak yang pertama:

Pengertian Seni Rupa Murni dan Terapan

1. Pengertian Seni Rupa Murni

Seni rupa murni adalah seni yang diciptakan tanpa mempertimbangkan fungsinya tetapi untuk dinikmati keindahannya. Seni rupa murni lebih bebas dan biasanya memiliki nilai estetika yang tinggi. Fungsinya hanya sebagai pajangan dan tidak dapat digunakan untuk mempermudah hidup kita. Contoh seni rupa murni adalah lukisan, kaligrafi, dan patung. Karya seni rupa murni sering ditemukan di museum seni atau di dalam bangunan sebagai pajangan atau penghias ruangan.

2. Pengertian Seni Rupa Terapan

Seni rupa terapan adalah seni yang diciptakan untuk digunakan sehari-hari namun tetap memiliki nilai estetika. Nilai estetika tidak terlalu diperhatikan karena seniman lebih mementingkan nilai guna sehingga seniman tersebut tidak bisa bebas mengekspresikan dirinya dalam seni rupa terapan. Seni rupa ini terdapat hampir di semua benda yang kita gunakan sehari-hari seperti arsitektur, pakaian, peralatan dapur, peralatan keagamaan, dll. Saat membuat sebuah karya seni rupa terapan, seniman harus memperhatikan beberapa faktor diantaranya estetika, keamanan, kenyamanan, dan nilai guna.


Anda bisa request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com

loading...

20 comments:

  1. makasih atas info nya
    bemanfaat sekali

    ReplyDelete
  2. gan butuh info lengkap tentang aritikel seni murni

    ReplyDelete
  3. Makasih bro. Skrg lagi ulangan, jadi keinget lagi pelajaran kelas satu

    ReplyDelete
  4. sangat bermanfaat, thank ya kak !!

    ReplyDelete
  5. thanks, sangat membantu

    ReplyDelete
  6. Makasih sekarang tugas dah selesai

    ReplyDelete