Hakikat Biologi Sebagai Ilmu (Materi Lengkap)

loading...

Ilmu pengetahuan berkembang sangat pesat dan semakin kompleks. Sebuah penemuan baru bisa memacu penemuan baru lainnya. Ilmu pengetahuan berkembang pesat akibat rasa ingin tahu manusia yang tidak terbatas. Banyak sekali terdapat cabang-cabang ilmu, baik itu yang sudah lama ada atau yang terbaru. Biologi adalah salah satu contoh cabang ilmu yang sudah lama dikenal. Sedangkan contoh ilmu pengetahuan yang tergolong baru adalah ilmu komputer. Biologi termasuk ke dalam sains atau IPA karena objek kajiannya berupa benda konkret, dapat ditangkap indera, dan mempelajari kehidupan di alam. Ilmu biologi kini sangat bermanfaat bagi manusia. Setiap saat ada saja penemuan baru yang turut serta mengembangkan biologi.

Hakikat Biologi Sebagai Ilmu

1. Apakah Biologi adalah Sebuah Ilmu?

Sebuah pengetahuan bisa menjadi ilmu jika:

  1. Tersusun secara sistematis. Biologi terdiri dari berbagai macam cabang ilmu dan semuanya saling berkaitan satu sama lain. Bahkan beberapa cabang ilmu biologi berkaitan dengan ilmu lain. Biologi meneliti kehidupan mulai dari tingkat sel, jaringan, organ, sistem organ, individu, dan bahkan sampai biosfer.
  2. Bersifat empiris (berdasarkan pengalaman). Pengalaman yang dimaksud adalah penelitian. Untuk menemukan sebuah teori baru dalam biologi, harus dilakukan dengan penelitian ilmiah. Teori biologi tidak boleh hanya sekedar imajinasi atau filsafat seseorang.
  3. Dapat dibuktikan dengan penelitian ilmiah. Teori-teori dalam ilmu biologi dapat dibuktikan dengan penelitian ilmiah. Seperti anatomi katak dan cara kerja paru-paru.
  4. Memiliki metode. Biologi telah memiliki metodologi yang baku untuk melakukan sebuah penelitian. Metodologi penelitian dalam biologi secara ilmiah dimulai dari merumuskan masalah, observasi, menyusun hipotesis, melakukan eksperimen, analisis data hasil percobaan, dan menarik kesimpulan.
  5. Memiliki objek penelitian. Objek penelitian yang dimaksud contohnya ginjal, sistem pencernaan pada manusia, musang, dll. Segala hal yang akan kita teliti merupakan objek penelitian.
  6. Dapat dikontrol secara kritis oleh siapa saja. Sebuah teori dalam biologi dapat dibantahkan dengan teori baru tetapi harus dibuktikan secara ilmiah. Contohnya adalah teori Generatio Spontenea yang menyatakan bahwa semua makhluk hidup berasal dari benda mati yang terbantahkan oleh teori Biogenesis yang menyatakan bahwa makhluk hidup berasal dari makhluk hidup juga.
  7. Universal, berarti sebuah ilmu harus dapat diterima secara umum dan luas tidak memandang daerah, negara, atau kepercayaan. Teori-teori dalam biologi berlaku untuk umum. Siapa saja bisa mempelajari biologi.

Ilmu adalah pengetahuan sistematis yang dapat dibuktikan kebenarannya melalui penelitian ilmiah. Biologi adalah ilmu karena sudah sangat sistematis dan segala teorinya dapat dibuktikan dengan penelitian ilmiah. Untuk mendapatkan sebuah teori baru dalam biologi, kita harus mendapatkannya dari penelitian ilmiah.

2. Perkembangan Ilmu Biologi

Biologi berasal dari bahasa Yunani bios yang berarti “hidup, kehidupan” dan logos yang berarti “ilmu”. Jadi, secara harfiah biologi adalah ilmu tentang kehidupan. Namun, biologi tidak hanya sekedar mempelajari proses kehidupan dan apa yang membuat suatu makhluk hidup dapat hidup. Biologi juga mempelajari tentang habitat makhluk hidup sampai hubungan antara makhluk hidup satu dengan makhluk hidup lain. Biologi juga berkaitan erat dengan beberapa ilmu lain, terutama kimia.

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi membuat ilmu biologi semakin berkembang pesat dan kita hampir bisa mengeksplor apa saja. Misalnya penemuan mikroskop yang membuat kita dapat meneliti bakteri-bakteri yang tak kasat mata atau penemuan zat kimia yang dapat menentukan kandungan zat pada suatu tumbuhan.

Seiring perkembangan zaman, biologi berkembang menjadi beberapa macam cabang ilmu. Contohnya adalah bioteknologi, histologi, ekologi, virologi, genetika, dll.


Anda bisa request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com

loading...

No comments:

Post a Comment