Pengertian Bank (Artikel Lengkap)

loading...

Bank adalah suatu lembaga keuangan yang menerima deposito dan menyalurkannya melalui pinjaman. Layanan utama bank adalah simpan pinjam. Di bank, kita bisa menabung atau mengajukan kredit. Bank membantu memutar dana masyarakat sehingga perekonomian terus berkembang. Dana kredit berasal dari tabungan yang dihimpun dari penabung. Sebagai imbalannya, penabung akan mendapatkan bunga sesuai jumlah uang yang ia tabung.122532132

1. Asal Mula Kata Bank

Kata “bank” berasal dari bahasa Inggris bank yang berasal dari bahasa Perancis banque yang berasal dari bahasa Italia Kuno banca yang berasal dari bahasa Jerman Kuno banc yang berarti “bangku” atau “meja”. Pada waktu itu, banca (bangku) digunakan sebagai meja tempat pertukaran selama masa renaissance oleh bankir Florentine. Meja tersebut ditutupi oleh taplak meja hijau.

2. Pengertian Bank Menurut Para Ahli

Menurut Undang-Undang No. 10 Tahun 1998 Tentang Perbankan, Bank adalah badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkannya kepada masyarakat dalam bentuk kredit atau bentuk-bentuk lainnya dalam rangka meningkatkan taraf hidup rakyat banyak. T Sunaryo mengatakan bahwa bank adalah lembaga keuangan yang melaksanakan berbagai macam jasa seperti memberikan pinjaman lalu mengedarkan mata uang, melakukan pengawasan terhadap uang, serta bertindak sebagai penyimpanan benda-benda yang berharga untuk membiayai perusahaan lain, dan lain-lain. Sedangkan Rachmadi Usman mengatakan bahwa bank adalah suatu lembaga keuangan yang melayani kepentingan masyarakat dalam bentuk transaksi yang menyangkut kepentingan dari pihak yang memakai jasa bank dengan mengabaikan keuntungan bank baik secara langsung maupun tidak.


Anda bisa request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com

loading...

No comments:

Post a Comment