Bagaimana Bisa Terjadi Gangguan Organ Pernapasan?

loading...

Salah satu ciri makhluk hidup adalah bernapas. Jika kita tidak bernapas selama beberapa menit saja, maka kita akan meninggal dunia. Bernapas adalah proses memasukkan oksigen ke dalam paru-paru dan mengeluarkan karbon dioksida dari paru-paru melalui hidung. Karena betapa pentingnya bernapas itu, maka kita harus menjaga kesehatan sistem pernapasan pada manusia. Banyak sekali penyakit pada sistem pernapasan manusia. Bagaimana bisa terjadi gangguan pada organ pernapasan? Langsung saja kita simak selengkapnya…

Baca juga: 20 Penyakit pada Sistem Pernapasan ManusiaBagaimana Bisa Terjadi Gangguan Organ Pernapasan

 

Merokok menjadi penyebab utama terjadinya gangguan pada sistem pernapasan. Asap rokok mengandung banyak sekali zat-zat berbahaya bahkan ada yang bersifat karsinogen (menyebabkan kanker). Hampir semua penyakit pada sistem pernapasan disebabkan oleh merokok. Sebaiknya kita berhenti merokok atau jangan sekali-kali mencoba rokok. Sekali saja Anda merokok, maka selamanya Anda akan kecanduan dan sangat sulit untuk menghilangkan kecanduan merokok sama halnya dengan narkoba. Belum lagi harga rokok yang mahal. Lebih baik kita tabung uang tersebut daripada membeli sesuatu yang hanya akan merusak kesehatan.

Namun, perokok pasif justru lebih beresiko ketimbang perokok aktif. Hal ini disebabkan oleh perokok pasif menghirup asap rokok lebih banyak dan filter pada rokok dapat mengurangi racun pada rokok sehingga perokok aktif sedikit beresiko. Perokok pasif adalah orang yang bukan perokok tetapi sering menghirup asap rokok dari orang perokok. Ini biasa terjadi pada anak yang ayahnya perokok. Perokok pasif tiga kali lebih beresiko dibandingkan perokok aktif. Maka dari itu, hindarilah perokok atau mintalah keluarga Anda yang merokok untuk keluar setiap kali hendak merokok.

Selain itu, pencemaran udara juga dapat menyebabkan terjadinya gangguan pada sistem pernapasan. Asap kendaraan bermotor, asap pabrik, dan asap sisa pembakaran menjadi sumber utama pencemaran udara. Asap hampir sama bahayanya dengan asap rokok walaupun asap rokok jauh lebih berbahaya. Asap mengandung karbok dioksida, sulfur dioksida, karbon monoksida, dll. Cara mencegahnya adalah dengan menghindari asap, tidak membakar sampah, dan mengurangi penggunaan kendaraan bermotor.

Gaya hidup yang tidak sehat juga sering menjadi penyebab terjadinya penyakit pada sistem pernapasan. Tidak suka olahraga dan makan makanan yang tidak sehat menjadi salah satu gaya hidup tidak sehat tersebut. Tinggal di tempat yang berdebu seringkali menyebabkan asma.

Bagaimana bisa terjadi gangguan organ pernapasan? Sangat beragam tergantung pada zat yang menjadi penyebabnya. Misalnya karbon monoksida akan mengganggu kemampuan darah untuk mengikat oksigen karena darah justru akan mengikat karbon monoksida. Beberapa zat yang terkandung dalam asap rokok akan mengendap di paru-paru dan menyebabkan kanker. Ketika zat berbahaya itu tertimbun di dalam paru-paru, maka beberapa saluran bronkiolus akan tersumbat sehingga kita tidak dapat mengambil oksigen dengan maksimal.


Anda bisa request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com

loading...

No comments:

Post a Comment