Tulang Kompak (Artikel Lengkap)

loading...

Tulang kompak adalah salah satu dari dua jenis jaringan tulang yang membentuk tulang. Dalam bahasa Inggris tulang kompak disebut cortical bone. Tulang kompak memfasilitasi fungsi utama tulang yaitu untuk menyokong seluruh tubuh, melindungi organ, mendukung pergerakan tubuh, dan menyimpan serta melepaskan unsur-unsur kimia terutama kalsium. Tulang kompak jauh lebih padat daripada tulang spongiosa yang merupakan jenis lain dari jaringan tulang. Selain lebih padat, tulang kompak juga lebih keras, lebih kuat, dan lebih kaku dari tulang spongiosa. Walaupun tampak sangat keras dan padat, tetapi jika dilihat secara mikroskopis tampak sangat hampa dan rapuh karena tulang kompak terdiri dari banyak rongga-rongga kecil. Tulang kompak menyumbang sekitar 80% dari berat kerangka manusia.

Tulang Kompak

1. Struktur Tulang Kompak

Tulang kompak sebagian besar terdiri dari zat kapur seperti kalsium posfat dan kalsium karbonat. Lapisan luar yang keras dari tulang ini terdiri dari jaringan tulang kompak. Lapisan luar yang keras membuat permukan tulang terlihat halus, putih, dan padat. Tulang kompak terdiri dari beberapa kolom mikroskopis yang disebut osteon. Kolom-kolom tersebut seperti sarang lebah meskipun tidak berbentuk segienam. Setiap kolom terdiri dari beberapa lapisan osteoblas dan osteosit yang mengelilingi kanal pusal yang disebut saluran Havers. Tulang ini memiliki kanal-kanal kecil yang disebut kanalikuli dan berpusat pada saluran Havers. Pada kanalikuli terdapat pembuluh darah, pembuluh limfe, dan saraf. Saluran Volkmann menghubungkan osteon bersama-sama. Setiap kolom aktif secara metabolik. Tulang kompak ditutupi oleh periosteum di permukaan luarnya dan endosteum di permukaan dalamnya. Pada tulang kompak terdapat serabut saraf sehingga terasa sakit ketika terbentur.

2. Letak Tulang Kompak

Tulang kompak dapat ditemukan di tulang pipa. Tulang pipa dapat ditemukan di tulang paha, tulang betis, dan tulang hasta. Tulang kompak juga dapat ditemukan di tulang hasta, tulang-tulang telapak tangan, tulang ruas-ruas jari tangan, tulang selangka, tulang-tulang telapak kaki, dan tulang ruas-ruas jari kaki.


Anda bisa request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com

loading...

2 comments:

  1. postingan yang sangat bermanfaat, menurut saya artikel yang anda buat akan tampak sempurna BILA ditambahkan dngan penjelasan tulang spons, terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atas masukannya. Berikut adalah tautan menuju artikel tentang tulang spons: http://hedisasrawan.blogspot.com/2015/10/tulang-spons-artikel-lengkap.html

      Delete