5 Langkah Memahami Realita Sosial di Masyarakat

loading...

Realita sosial di masyarakat adalah suatu peristiwa yang benar-benar terjadi di masyarakat. Realita sosial di masyarakat dapat ditinjau dari segi pendidikan, ekonomi, sosial, budaya, dll. Memahami realita sosial di masyarakat sangat mudah karena saat ini masyarakat semakin dinamis dan beragam. Berikut adalah langkah-langkah memahami realita sosial di masyarakat menurut kami. Langsung saja kita simak yang pertama:

Baca juga: Realitas Sosial di Masyarakat (Artikel Lengkap Sosiologi)

5 Langkah Memahami Realita Sosial di Masyarakat

1. Perhatikan Di Sekitar Kita

Realita sosial di masyarakat terdapat di semua tempat termasuk di sekitar kita karena kita termasuk bagian dari masyarakat. Perhatikan kenyataan yang dialami masyarakat. Tidak perlu mencari kenyataan yang dialami seluruh masyarakat. Tetapi carilah kenyataan yang dialami oleh salah satu anggota masyarakat.

2. Carilah Banyak Sumber

Kita bisa mencari sumber dari internet, buku, atau televisi. Media-media tersebut kerap kali menjelaskan realita sosial yang dialami masyarakat Indonesia. Anda bisa mencatat realita tersebut kemudian mencarinya di sekitar Anda.

3. Pahami Ilmu Sosiologi

Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari tentang sosial. Banyak sekali bagian sosiologi yang dapat membantu memahami realita sosial di masyarakat. Misalnya pranata sosial, tingkah laku, interaksi sosial, dll.

4. Melakukan Komunikasi

Komunikasi verbal maupun non verbal harus dilakukan untuk mendalami realitas sosial. Komunikasi dapat menjembatani ide-ide yang diusung oleh masyarakat.

5. Memahami Masalah Sosial

Realita sosial juga mencakup masalah sosial. Karena masalah sosial yang paling banyak dibahas dalam realita sosial, maka kita harus memahami masalah sosial tersebut. Beberapa masalah sosial yang kerap terjadi adalah kemiskinan, pengangguran, dan kesenjangan sosial.


Anda bisa request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com

loading...

No comments:

Post a Comment