Tulang Spongiosa (Artikel Lengkap)

loading...

Tulang spongiosa atau tulang spons adalah salah satu dari dua jenis jaringan tulang yang membentuk 20% dari massa tulang manusia. Jenis jaringan tulang lainnya adalah tulang kompak. Tulang spongiosa disebut cancellous bone dalam bahasa Inggris.

1. Karakteristik Tulang Spongiosa

Dibandingkan dengan tulang kompak, tulang spongiosa memiliki massa jenis rendah karena kurang padat. Hal ini membuat tulang spongiose menjadi lebih lentur dan fleksibel. Luas permukaan yang lebih besar membuat tulang ini cocok untuk melakukan kegiatan metabolisme seperti pertukaran ion kalsium. Tulang ini biasanya ditemukan di ujung tulang pipa (tulang panjang), persendian, dan bagian dalam tulang belakang. Tulang spongiosa sangat vaskular dan sering mengandung sumsum tulang merah dimana proses haematopoiesis (produksi sel darah) terjadi. Tulang spongiosa terdiri dari trabekula.

Istilah cancellous dan trabecular mengacu pada kisi kecil berbentuk spikula yang membentuk jaringan. Anatominya pertama kali digambarkan secara akurat oleh Crisostomo Martinez.

2. Signifikansi Klinis Tulang Spongiosa

Dalam osteoporosis (khusus tipe 1 atau pasca-menopause), tulang spongiose lebih terpengaruh daripada tulang kompak.


Anda bisa request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com

loading...

No comments:

Post a Comment