10 Faktor yang Mempengaruhi Asia Timur Lebih Maju dari Asia Tenggara dan Asia Selatan

loading...

Seperti yang telah kita ketahui bahwa kawasan Asia Timur jauh lebih maju daripada Asia Tenggara dan Asia Selatan. Padahal kawasan Asia Tenggara dan Asia Selatan sangat potensial untuk dimajukan. Baik karena kekayaan alamnya dan populasinya. Namun kenapa negara-negara seperti Jepang, Singapura, Korea Selatan, Taiwan, Hong Kong, Macau, dan Tiongkok yang lebih maju? Berikut adalah faktor yang mempengaruhi kenapa Asia Timur lebih maju daripada Asia Tenggara, Asia Selatan, dan Timur Tengah. Harap diperhatikan bahwa saya tidak bermaksud rasis dalam artikel ini. Langsung saja kita simak yang pertama:

10 Faktor yang Mempengaruhi Asia Timur Lebih Maju dari Asia Tenggara dan Asia Selatan

 

1. Jarang Konflik

Konflik di kawasan Asia Timur lebih jarang terjadi. Jika ada kelompok garis keras, penindakannya sangat tegas. Tidak seperti di kawasan Asia Selatan, Asia Tenggara, dan Timur Tengah yang masih terjadi konflik politik, agama, sosial, dll. Di kawasan Asia Tenggara, Asia Selatan, dan Timur Tengah masih sibuk mengurus persoalan agama, sedangkan di Asia Timur lebih memikirkan soal sains. Konflik tersebut membuat warganya tidak berani berkembang dan dirundung ketakutan.

Baca juga: Bagaimana Cara Menabung Orang Jepang?

2. Pemerintah yang Lebih Tegas

Di Tiongkok, setiap ada pejabat yang korupsi, maka ia akan dihukum mati. Bahkan di Jepang pada jaman dulu setiap ada orang yang membuang sampah ke sungai, maka ia akan dihukum mati. Denda tinggi juga diberikan pada siapapun yang membuang sampah sekecil apapun secara sembarangan di Singapura. Pemerintahan yang lebih tegas membuat rakyat lebih makmur dan lebih mudah diatur supaya semuanya mengarah pada kemajuan. Bandingkan dengan Indonesia yang bahkan hukum pun masih bisa dipermainkan.

3. Lebih Disiplin

Orang-orang di Asia Timur terkenal memiliki tingkat kedisiplinan yang sangat tinggi. Mereka sangat disiplin waktu, disiplin bertanggung jawab, disiplin bertindak, disiplin bekerja, dll. Tidak ada yang mengeluh dalam bekerja. Makanya setiap pekerjaan yang biasanya dilakukan oleh empat orang Asia Tenggara, Asia Selatan, dan Timur Tengah dapat dilakukan oleh satu orang Asia Timur saja. Itulah kenapa gaji mereka selalu lebih tinggi dan negaranya lebih cepat berkembang.

Baca juga: Cara Kerja Orang Jepang

4. Lebih Kreatif

Orang Asia Timur jauh lebih kreatif dibandingkan orang di kawasan Asia lain. Kalaupun ada orang kreatif, orang di kawasan Asia lain cenderung tidak berani mengeluarkan kreativitasnya karena mereka lebih suka hal-hal yang lazim dilakukan orang kebanyakan. Sementara di Asia Timur mereka lebih lazim melakukan hal yang berbeda satu sama lain. Salah satu contoh kreatif itu adalah di bidang animasi, manga, inovasi, dan robot. Orang Jepang sangat kreatif dalam hal itu.

5. Pendidikan yang Sangat Bagus

Orang Jepang pada jaman dahulu membawa anaknya untuk belajar di Amerika Serikat. Itulah salah satu penyebab kenapa Jepang sangat maju sekarang. Padahal pada jaman Perang Dunia II, Jepang merupakan salah satu negara miskin karena kalah perang. Tapi setelah mereka menempuh pendidikan di Amerika, mereka menjadi lebih maju dan lebih cerdas. Sistem pendidikan di Jepang dan kawasan Asia Timur lainnya juga sangat bagus dan sangat mendukung kreativitas. Bandingkan dengan sistem pendidikan di negara kita yang cenderung monoton sehingga kita malas mengikutinya.

Baca juga: Mengapa Gaji Orang Jepang Sangat Tinggi?

6. Hemat

Orang Asia Timur cenderung hemat. Meskipun remaja Asia Timur sekarang yang sangat boros, namun itu wajar saja karena pendapatan mereka sangat tinggi. Dan borosnya mereka itu selalu untuk hal-hal yang dapat memajukan dirinya. Bandingkan dengan orang Indonesia yang sering menghabiskan uangnya untuk kebut-kebutan dan merokok. Oh ya, satu lagi, orang Asia Timur lebih suka menggunakan sepeda dan kendaraan umum dibandingkan menggunakan kendaraan bermotor pribadi. Tidak peduli apakah dia adalah pegawai dan bahkan eksekutif sekalipun. Tidak ada rasa gengsi ketika kemana-mana bawa sepeda.

7. Pemerintahan yang Peduli Rakyat

Pemerintah di Asia Timur sangat peduli terhadap kemajuan negara dan rakyatnya. Walaupun gaji pemerintah tergolong besar, namun mereka tidak mau memperkaya diri dari jabatan. Mereka benar-benar bekerja sesuai dengan bidangnya. Tidak seperti di Indonesia yang bahkan uang untuk membangun sekolah dikorupsi sampai tidak ada yang tersisa.

8. Pembangunan Merata

Pembangunan di Asia Timur jauh lebih merata dan jauh lebih baik. Sistem transportasi misalnya, di sana sudah banyak terdapat sistem kereta api cepat. Sehingga sangat jarang terjadi kesenjangan sosial dan pembangunan di negara-negara Asia Timur menjadi lebih cepat karena merata. Bandingkan dengan Indonesia yang pembangunanya hanya berfokus di kawasan Jabodetabek saja.

Baca juga: Cara Berfikir Orang Jepang

9. Sistem Pertanian yang Maju

Meskipun kawasan Asia Timur maju karena sektor industri, tetapi sektor pertanian tetap diperhatikan. Orang Jepang bisa makmur dari menggarap lahan pertanian. Walaupun tanah di Jepang tidak sesubur tanah Asia Tenggara dan lebih sempit, tetapi Jepang bisa mengekspor hasil pertaniannya dan kualitasnya juga sangat tinggi. Bandingkan di Indonesia yang kini banyak terjadi alih fungsi lahan karena petani tidak pernah sejahtera.

10. Punya Rasa Malu

Orang Asia Timur cenderung punya rasa malu yang tinggi. Tetapi rasa malunya berupa tanggung jawab, bukan malu tampil di muka publik atau malu berekspresi. Mereka malu ketika tidak berhasil, mereka malu ketika membuang sampah sembarangan, mereka malu saat berbohong, dll. Sedangkan di kawasan Asia lainnya cenderung berkebalikan. Malu tampil kreatif, tetapi tidak malu saat berbuat kesalahan. Namun ada juga kebiasaan orang Asia Timur yang tidak patut ditiru, seperti bunuh diri ketika merasa sangat malu karena tidak berhasil dalam menjalankan tugas. Itu justru tidak bertanggung jawab namanya.


Anda bisa request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com

loading...

10 comments:

  1. Replies
    1. Benar sekali,, sudah seharusnya kita menteladani apa yang mereka lakukan selama ini :)

      Delete
  2. Replies
    1. Siangapore tempat nya di asia tenggara tapi penduduknya 80% keturunan asia timur

      Delete
  3. Asia tenggara hrs tiru Asia Timur supaya tidak tertinggal. Singapura itu lokasi geography di Astra tp manusianya keturunan Asia Timur dengan Culturenya.

    ReplyDelete
  4. Setuju banget!!! kadang kita merasa tidak percaya diri ketika kita tidak melakukan hal yang 'lazim' dan berpura-pura 'normal'

    ReplyDelete
  5. jarang konflik karena di asia timur setiap negaranya mono-etnis

    ReplyDelete
  6. semua negara punya cirikhas masing" pasti ada plus & minusnya biarun negara kita indonesia tak sekaya dan semaju negara" asia timur tapi pda kenyataan.y orang indonesia itu lebih bahagia di banding orang asia timur... jadi bersyukurlah di lahirkan jadi orang indonesia... jadi sbnernya kita ga harus seperti negara asia timur,,, tetap jadi indonesia yg lebih baik lagi dan lagi dngn tidak menghilangkan ciri khas negara kita

    ReplyDelete
  7. What the..
    Singapura asia timur?

    ReplyDelete
  8. excatly gak kayak orng indo gak tau malu, setelah ketangkap korupsi bukannya malu malah melambai2 kan tangan ke kamera uda gak punya kemaluan kali mereka itu

    ReplyDelete