Pengertian Internasional (Artikel Lengkap)

loading...
Mungkin Anda sedang mencari: Pengertian Hubungan Internasional (Artikel Lengkap)

Internasional adalah sesuatu yang menyangkut lebih dari satu negara. Sesuatu tersebut bisa berupa sebuah perusahaan, bahasa, atau organisasi. Arti internasional sebagai sebuah kata berarti interaksi antara lebih dari satu negara, atau melampaui batas negara. Salah satu contohnya adalah hukum internasional yang telah diakui oleh lebih dari satu negara atau bahkan hampir semua negara di dunia dan juga bahasa internasional yang merupakan bahasa yang dituturkan oleh penduduk di lebih dari satu negara. Dalam bahasa Indonesia, internasional disebut juga “manca negara” atau “luar negeri”. Kata “internasional” sesekali digunakan sebagai sinonim kata “global” atau “dunia”.

pengertian internasional

1. Asal Mula Kata Internasional

“Internasional” merupakan kata serapan dari bahasa Inggris international. Etimologi kata “internasional” diciptakan oleh seorang filsuf Jeremy Bentham dalam bukunya yang berjudul Introduction to Principles of Morals and Legislation yang dicetak pada tahun 1780 dan dipublikasikan pada tahun 1789. Kata “internasional” diadopsi ke dalam bahasa Perancis pada tahun 1801.

Kata lain internasional, mancanegara, berasal dari bahasa Jawa Kuna. Istilah “manca negara” merujuk kepada daerah perbatasan antara Nusantara/kerajaan ataupun daerah yang tidak dikuasai raja..

2. Pengertian Internasional Dalam Berbagai Bidang

Kata internasional juga digunakan di dalam berbagai bidang seperti berikut:

  1. Dalam bidang olahraga, “internasional” adalah pertandingan antara dua tim nasional atau antara dua/lebih orang/tim yang berbeda kewarganegaraan.
  2. Dalam bidang politik, “internasional” mungkin merujuk kepada “politik internasional”.
  3. Dalam bidang hukum, “internasional” mungkin merujuk pada beberapa disiplin hukum internasional seperti hukum publik internasional, hukum kriminal internasional, dll.
  4. Dalam bidang seni, gerakan seni internasional adalah gerakan seni yang dilakukan oleh seniman di lebih dari satu negara.

3. Arti Kata Internasional

Berikut adalah arti kata “internasional” menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia).

internasional: in.ter.na.si.o.nal [adj] menyangkut bangsa atau negeri seluruh dunia; antarbangsa


Sumber:

Judul

Alamat

International http://en.wikipedia.org/wiki/International
Mancanegara http://id.wikipedia.org/wiki/Mancanegara
Definisi internasional http://kamusbahasaindonesia.org/internasional/mirip


Anda bisa request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com

loading...

No comments:

Post a Comment