Apa Itu Hukum Kekekalan Massa (Beserta Contoh)

loading...

Hukum kekekalan massa adalah hukum yang menyatakan bahwa untuk setiap sistem yang melakukan transfer materi dan energi dalam keadaan tertutup (keduanya memiliki massa), massa sistem akan tetap konstan sepanjang waktu, massa sistem tidak dapat mengubah jumlahnya jika tidak ditambahkan atau dihilangkan. Hukum kekekalan massa merupakan salah satu dari 5 Hukum-Hukum Dasar Kimia. Hukum ini dirumuskan oleh Antoine Laurent Lavoiser. Ia berpendapat bahwa massa zat-zat sebelum dan sesudah reaksi adalah tetap. Hukum ini juga disebut hukum kombinasi kimia yang mendasari penemuan teori atom Dalton.

Apa Itu Hukum Kekekalan Massa (Beserta Contoh)

Selengkapnya: Hukum Kekekalan Massa (Artikel Lengkap)

Hukum ini juga dapat menyimpang. Salah satu penyebab penyimpangan hukum kekekalan massa adalah reaksi nuklir dan ketika sistem tersebut melaju dengan kecepatan mendekati cahaya (teori relativitas Einstein.

Contoh hukum kekekalan massa adalah sebagai berikut: Jika kita mencampurkan atau mereaksikan belerang dengan massa 32 g dan tembaga dengan massa 63,5 g maka menghasilkan tembaga (II) sulfida dengan massa = massa belerang + massa tembaga (32 g + 63,5 g = 95,5 g). Namun, dalam beberapa kasus seperti membakar kertas dan telah menjadi abu. Bisa jadi abu lebih ringan daripada kertas sehingga reaksinya karena hasil reaksi lainnya seperti abu dan gas CO2 yang hilang dibawa angin.


Anda bisa request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com

loading...

No comments:

Post a Comment