Definisi Pacaran Serta Perbedaan dan Persamaannya dengan Sahabatan

loading...

Pasti kamu pernah berpikir, untuk apa sih sebenarnya pacaran? Apa tujuan pacaran? Dan mengapa banyak remaja yang ingin mencari pacar? Padahal sudah jelas pacaran pasti ada akhirnya dan masih dibatasi oleh beberapa aturan. Apa pula beda pacaran yang sesuai aturan dan berteman biasa/sahabatan? Padahal sama-sama tidak boleh melakukan hal yang berlebihan. Saya juga pernah berpikiran seperti itu. Kali ini saya mencoba memberikan pandangan saya tentang pacaran.

Baca juga: 5 Cara Komunikasi dengan Pacar Agar Tidak Bosan
Definisi Pacaran Serta Perbedaan dan Persamaannya dengan Sahabatan

Menurut saya, pacaran itu tidaklah sekedar main pegang-pegangan (bagi yang tidak tahu diri) ataupun manggil-manggil dengan kata sayang. Pacaran itu sama saja halnya dengan sahabatan, tetapi ada sebuah ikatan yang tanpa disadari. Ikatan tersebut hampir mirip dengan mereka yang sudah menikah. Namun tentu saja mereka tidak boleh berduaan di rumah atau main pegang-pegangan. Meskipun tanpa main pegang dan tidak manggil sayang, perbedaan pacaran dan sahabatan masih bisa terlihat. Yaitu rasa keterikatan tersebut. Saat kita pacaran, tentu saja pacar lebih diutamakan ketimbang sahabat. Pacaran selalu diawali dan diakhiri dengan suatu pernyataan yaitu menyatakan cinta, ciuman, ataupun permintaan mengakhiri hubungan.

Baca juga: Bagaimana Cara Pacaran Lewat SMS?

Sedangkan sahabat tidak mengenal waktu. Walaupun mereka berdua berlawanan jenis kelamin, mereka tidak akan bertengkar hanya karena permintaan si cewek atau si cowok tidak dipenuhi olehnya. Lain halnya dengan pacaran yang segala perintah dari pacar seperti “kewajiban” (namun kalau dikelola dengan baik, pertengkaran itu pasti akan cepat berakhir). Mereka sahabatan tidak didasari dengan rasa yang disebut “cinta” dan tidak mungkin kan mereka bilang “mau gak kamu jadi sahabatku?”. Itu karena hubungan persahabatan datang dengan sendirinya.

Baca juga: 5 Tips Pertama Kali Ketemuan Sama Pacar

Baik pacaran maupun sahabatan selalu diawali dengan rasa nyaman satu sama lain. Saat hanya punya sahabat, mereka berdua pasti kemana-mana selalu bareng. Nah, ketika sudah punya pacar, saat dia ingin pergi, pastilah pacar yang pertama kali diajak. Jika pacar tidak bisa, barulah dia mengajak sahabat. Tetapi misalnya ada acara dengan pacar dan sahabat yang bertabrakan, dia pasti mementingkan pacar terlebih dahulu. Sebenarnya hanya itu aja sih perbedaan dan persamaan antara pacaran dan sahabatan. Beda tipis, satu didasari rasa nyaman, satunya lagi didasari rasa yang bernama “cinta”.

Baca juga: 5 Cara Membuat Pacar Nggak Bosan

Namun sangat disayangkan, banyak anak remaja yang tidak tahu makna pacaran yang sesungguhnya. Mereka kira pacaran itu sama halnya seperti pasangan yang telah menikah, hanya saja belum boleh berhubungan intim. Bahkan beberapa sudah melakukannya. Sesungguhnya pacar itu adalah teman hati kita, teman yang selalu membuat hati kita tentram dan nyaman.


Anda bisa request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com

loading...

No comments:

Post a Comment