5 Negara Berkembang di Eropa Timur

loading...

Eropa Timur adalah bagian timur Benua Eropa. Ada juga yang mengatakan bahwa kawasan Eropa Timur adalah negara-negara pecahan Uni Soviet. Di Benua Eropa juga terdapat negara berkembang yang sebagian berada di Eropa Timur. Berikut adalah 5 negara berkembang di Eropa Timur. Langsung saja kita simak yang pertama:

Baca juga: Daftar Negara Maju dan Berkembang di Dunia
Khreshchatyk street (as pedestrian zone). Kiev, Ukraine, Eastern Europe.

1. Belarus

Republik Belarus adalah sebuah negara berkembang di Eropa Timur dengan pendapatan per kapita hanya $18.882. Rasio Gini negara ini tergolong rendah (26,5) tetapi Indeks Pembangunan Manusia cukup tinggi yakni 0,786. Komoditas ekspor utama di Belarus adalah minyak bumi (34%) dan mineral (7,8%). Sistem ekonomi di negara ini masih mengikuti “gaya Soviet”.

2. Lituania

Republik Lituania adalah sebuah negara berkembang di Eropa Timur dengan pendapatan per kapita mencapai $ 28.210. Rasio Gini negara ini tergolong rendah (34,6) namun Indeks Pembangunan Manusia tergolong sangat tinggi yakni 0,834. Negara ini baru bergabung di Uni Eropa dan mata uang negara ini adalah Euro. Pendapatan negara ini lebih rendah dari negara-negara anggota Uni Eropa sebelumnya, namun paling tinggi diantara negara-negara anggota Uni Eropa yang baru.

3. Latvia

Republik Latvia adalah sebuah negara berkembang di Eropa Timur dengan pendapatan per kapita $ 25.195. Rasio gini negara ini tergolong medium (35,2) dengan Indeks Pembangunan Manusia yang sangat tinggi (0,81). Mata uang negara ini adalah Euro. Negara ini adalah anggota WTO (1999) dan Uni Eropa (2004). Latvia memiliki sebuah pelabuhan tersibuk di kawasan Laut Baltik.

4. Moldova

Republik Moldova adalah sebuah negara berkembang di Eropa Timur dengan pendapatan per kapita hanya $ 4.177. Rasio gini di negara ini tergolong medium (33) dengan Indeks Pembangunan Manusia yang juga medium (0,663). Mata uang negara ini adalah Leu. Sektor perekonomian utama di Moldova adalah jasa, kemudian diikuti dengan industri dan pertanian. Sumber energi di negara ini sedikit, sehingga harus mengimpor dari Rusia dan Ukraina. Negara ini juga dikenal karena produksi wine.

5. Ukraina

Ukraina adalah sebuah negara berkembang di Eropa Timur dengan pendapatan per kapita hanya $ 8.240. Negara ini sedang dilanda konflik antara pro Ukraina dan pro Rusia. Rasio gini di negara ini tergolong rendah (25,6) namun Indeks Pembangunan Manusia tergolong tinggi yakni 0,734. Mata uang negara ini adalah Hryvnia. Ketika bergabung dengan Uni Soviet, Ukraina adalah kawasan dengan perekonomian tertinggi di Uni Soviet. Ukraina adalah negara industri terbesar di Eropa Timur.


Anda bisa request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com

loading...

No comments:

Post a Comment