2 Gambar Sel Hewan Beserta Penjelasan Bagian-Bagian

Sel hewan adalah sel eukariotik yang terdapat pada setiap hewan atau yang termasuk kingdom animalia. Kumpulan sel akan membentuk jaringan. Manusia terdiri dari sekitar 200 jenis sel dengan jumlah total 1 triliyun sel. Struktur sel hewan berbeda dengan sel tumbuhan. Sel tumbuhan tidak bisa bergerak aktif seperti sel hewan. Sel hewan tidak memiliki dinding sel seperti halnya sel tumbuhan. Untuk lebih jelasnya silakan baca artikel tentang 7 Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan. Bagi Anda yang ingin mencari gambar sel hewan tanpa keterangan untuk kepentingan pendidikan, berikut adalah gambarnya:

gambar sel hewan tanpa keterangan

Sel hewan terdiri dari beberapa bagian. Berikut adalah gambar sel hewan lengkap dengan penjelasan organelnya. Jika Anda ingin informasi lebih lanjut, silakan klik link pada penjelasan organel. Langsung saja kita simak yang pertama:

Gambar Sel Hewan Beserta Penjelasan Bagian-Bagian

  1. Retikulum endoplasma kasar adalah organel yang luas dan terdiri dari kantung tertutup berbelit-belit namun rata yang merupakan kelanjutan dari membran nukleus. Disebut RE kasar karena di permukaannya terdapat butiran ribosom. Fungsi retikulum endoplasma kasar adalah untuk sintesis protein.
  2. Ribosom adalah organel berupa butiran-butiran kecil yang terdapat bebas di dalam sitoplasma atau menempel di retikulum endoplasma (RE) kasar. Fungsi ribosom adalah sebagai tempat berlangsungnya sintesis protein.
  3. Retikulum endoplasma halus adalah RE yang terpisah dari membran nukleus dan tidak terdapat ribosom. Fungsi retikulum endoplasma halus adalah untuk sintesis lipid.
  4. Mitokondria adalah organel dengan struktur amat kompleks yang berfungsi untuk membentuk energi. Fungsi mitokondria adalah sebagai tempat berlangsungnya respirasi aerobik yang menghasilkan energi ATP. Energi ATP merupakan energi utama dan terpenting bagi hewan.
  5. Membran sel adalah bagian paling luar pada sel hewan yang bersifat semi permeabel. Fungsi membran sel adalah untuk membungkus sel, menerima rangsangan dari luar sel, mengontrol masuk dan keluar zat, dan melindungi semua organel sel.
  6. Sitoplasma adalah cairan yang berisi sumber bahan kimia yang penting bagi sel. Cairan ini terdiri dari air dan protein. Fungsi sitoplasma adalah sebagai cairan pengisi ruangan antara membran sel dan inti sel, sebagai tempat berlangsungnya metabolisme, dan menyimpan zat kimia penting.
  7. Lisosom adalah kantong bermembran yang berisi enzim hidrolitik untuk mencerna makromolekul secara intraseluler. Fungsi lisosom adalah untuk mencerna makromolekul, menghidrolisis materi seluler asing, dan merusak sel-sel asing.
  8. Sentriol adalah organel berbentuk silinder yang terdiri dari tubulin. Fungsi sentriol adalah membantu proses pembelahan sel.
  9. Aparatus golgi atau badan golgi adalah organel berupa kantung membran yang berkaitan dengan retikulum endoplasma. Fungsi badan golgi adalah untuk memeriksa pengiriman protein yang diproduksi RE dan sebagai tempat ekskresi sel.
  10. Inti sel atau nukleus adalah pusat kontrol sel dan pembawa kode genetik yang berada di tengah-tengah sel. Fungsi nukleus adalah untuk mengatur semua aktivitas sel, mengatur sintesis protein, memperbaiki sel yang rusak, dan mempengaruhi produksi RNA. Inti sel terdiri dari nukleoplasma, nukleolus, dan membran inti.
    1. Nukleoplasma adalah caran kental berupa serat kromatin yang terdiri dari DNA. Fungsi nukleoplasma berkaitan dengan sitoplasma yaitu menyimpan zat-zat penting.
    2. Nukleolus adalah “noda” tebal yang ditemukan di dalam inti sel. Nukleolus dapat menghilang dan muncul kembali. Fungsi nukleolus adalah untuk mensintesis rRNA dan merakit ribosom.
    3. Membran inti adalah membran yang melindungi inti sel. Fungsi membran inti adalah memudahkan terjadinya pertukaran molekul (terutama mRNA) antara inti sel dengan sitoplasma.


Sumber:

Judul

Alamat

Gambar Sel Hewan Dan Tumbuhan Beserta Keterangannya http://www.pustakasekolah.com/gambar-sel-hewan-dan-tumbuhan-beserta-keterangannya.html
Gambar Organel Sel Hewan dan Fungsinya http://www.sridianti.com/organel-sel-hewan-dan-fungsinya.html
Gambar Sel Tumbuhan Dan Hewan Beserta Bagian-bagiannya http://fauzischolovers.blogspot.com/2013/08/gambar-sel-tumbuhan-dan-hewan-beserta.html
Gambar Bagaian-Bagian sel Hewan Beserta Fungsinya http://www.geraiberas.com/gambar-bagaian-bagian-sel-hewan-beserta-fungsinya.html
Sel Hewan: Struktur dan Fungsi Organel Sel Hewan http://www.belajarbiologi.com/2014/10/sel-hewan-struktur-dan-fungsi-organel-sel-hewan.html
Perbedaan Retikulum Endoplasma Halus dan Retikulum endoplasma kasar http://www.sridianti.com/perbedaan-endoplasma-retikulum-halus-dan-retikulum-endoplasma-kasar.html
Sentriol (Artikel Lengkap) http://hedisasrawan.blogspot.com/2013/11/sentriol-artikel-lengkap.html
Fungsi Nukleoplasma http://www.g-excess.com/fungsi-nukleoplasma.html
Inti Sel (Artikel Lengkap) http://hedisasrawan.blogspot.com/2013/10/inti-sel-artikel-lengkap.html


Anda bisa request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com

16 comments: