7 Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan

loading...

Sel hewan dan sel tumbuhan sesungguhnya hampir sama. Karena mereka sama-sama merupakan sel eukariotik. Mereka sama-sama memiliki membran inti. Tetapi, karena kingdom hewan dan tumbuhan itu berbeda, maka struktur sel nya juga berbeda. Nah, berikut adalah beberapa perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan. Langsung saja kita simak yang pertama:

Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan

Sebelum kita menyimak perbedaannya, berikut adalah tabel perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan.

Dilihat Dari

Sel Hewan

Sel Tumbuhan

Dinding Sel Tidak memiliki dinding sel Memiliki dinding sel
Ukuran Lebih kecil Lebih besar
Kloroplas Tidak memiliki kloroplas Memiliki kloroplas
Sentriol Memiliki sentriol Tidak memiliki sentriol
Cadangan makanan lipid (lemak) dan gilikogen amilum (pati)
Vakuola Kebanyakan tidak memiliki vakuola Memiliki vakuola yang berukuran besar
Plastida Tidak memiliki plastida Memiliki plastida

 

1. Dinding Sel

Dinding sel adalah lapisan yang keras dan memiliki tingkat fleksibilitas yang rendah. Fungsi utama dinding sel adalah untuk menahan tekanan berlebihan ketika air masuk ke dalam sel. Dinding sel hanya dimiliki oleh sel tumbuhan, bakteri, jamur, alga, dan beberapa archaebacteria. Sedangkan sel hewan tidak mempunyai dinding sel.

2. Ukuran

Ukuran sel tumbuhan relatif lebih besar daripada ukuran sel hewan. Bentuk sel tumbuhan juga tetap. Itu karena pada sel tumbuhan terdapat dinding sel yang keras.

3. Kloroplas

Kloroplas adalah organel sel yang di dalamnya mengandung klorofil atau zat yang membuat daun menjadi berwarna hijau. Kloroplas menjadi tempat berlangsungnya fotosintesis. Karena hewan tidak berfotosintesis, maka sel hewan tidak memiliki kloroplas. Sedangkan sel tumbuhan memilikinya.

4. Sentriol

Sentriol adalah bagian sel yang berperan dalam proses pembelahan sel. Sentriol membentuk kutub-kutub saat sel membelah. Sentriol hanya terdapat pada sel hewan. Sel tumbuhan tidak memiliki sentriol.

5. Cadangan Makanan

Cadangan makanan pada sel hewan adalah lipid (lemak) dan gilikogen. Gilikogen adalah simpanan karbohidrat dalam bentuk glukosa yang dirubah oleh insulin menjadi gilikogen. Cadangan makanan pada sel tumbuhan adalah amilum (pati). Amilum adalah karbohidrat polisakarida yang merupakan hasil dari fotosintesis.

6. Vakuola

Vakuola adalah organel yang berfungsi untuk menjaga konsentrasi zat-zat yang terdapat di dalam sel. Vakuola akan mengembang jika diisi air dan menyebabkan tekanan turgor pada sel. Jika ini tidak ditahan, maka sel akan pecah. Dinding sel yang menahan tekanan turgor tersebut. Sel tumbuhan memiliki vakuola yang sangat besar bahkan lebih besar dari inti sel. Vakuola hanya terdapat pada sel hewan uniseluler yang ukurannya tidak sebesar yang dimiliki sel tumbuhan. Vakuola pada sel hewan uniseluler disebut vesikel.

7. Plastida

Plastida adalah organel yang hanya terdapat pada sel tumbuhan. Plastida berfungsi sebagai tempat pembuatan dan penyimpanan senyawa kimia penting yang digunakan oleh sel. Plastida dibagi menjadi tiga yaitu kloroplas (pemberi warna hijau), kromoplas (pemberi warna pada buah dan bunga), dan leukoplas (bening atau tidak berwarna). Sel hewan tidak memiliki plastida.


Sumber:

Judul

Alamat

1. Perbedaan Sel Hewan Dan Sel Tumbuhan Beserta Gambar http://penyu32.blogspot.com/2013/06/perbedaan-sel-hewan-dan-sel-tumbuhan.html
2. Glikogen http://www.pssplab.com/id-carbohydrate03.php
3. Amilum http://id.wikipedia.org/wiki/Amilum

Semoga bermanfaat, Tetap Semangat! | Catatan Harian
loading...

No comments:

Post a Comment