10 Perbedaan Sel Prokariotik dan Sel Eukariotik

loading...

Sebelumnya kita telah menyimak artikel tentang 5 Struktur dan Fungsi Sel Prokariotik dan Eukariotik. Sekarang kita akan membahas tentang perbedaan antara kedua sel tersebut. Perbedaan utama sel prokariotik dan sel eukariotik adalah terletak pada inti sel. Sel prokariotik tidak memiliki membran pada inti sel sedangkan sel eukariotik memilikinya. Perbedaan fungsi dan struktunya juga berbeda pada kedua sel ini. Nah, berikut adalah perbedaan sel prokariotik dan sel eukariotik. Langsung saja kita simak yang pertama:

1. Membran Inti

Sudah bisa diduga bahwa perbedaan utama pada kedua sel tersebut adalah terletak pada ada tidaknya membran inti. Membran inti terdiri dari dua lapis lipid (membran inti dalam dan membran inti luar). Ruang antara lapisan tersebut disebut ruang perinuclear. Membran inti menyelubungi inti sel.

2. Pembawa Sifat

Pada sel prokariotik, pembawa sifatnya terdapat pada molekul DNA. Sedangkan pada sel eukariotik pembawa sifatnya tersusun dalam kromosom.

3. Mesosom

Sel prokariotik tidak memiliki mitokondria. Sebagai gantinya, mereka memiliki mesosom. Mesosom berfungsi sebagai tempat terjadinya respirasi sel sehingga dihasilkan energi yang akan digunakan untuk aktifitas di dalam sel. Sedangkan proses respirasi pada sel eukariotik terjadi pada mitokondria. Mesosom tidak terdapat di sel eukariotik.

4. Nukleus

Nukleus (inti sel) pada sel prokariotik tidak jelas karena tidak ada membran inti yang menjadi pembatasnya. Sedangkan nukleus pada sel eukariotik tampak jelas karena terdapat membran inti yang menyelubunginya.

5. Ribosom

Ribosom pada sel prokariotik berukuran kecil dan tersebar di dalam sitoplasma. Sedangkan ribosom pada sel eukariotik berukuran lebih besar dan terdapat pada retikulum endoplasma kasar.

6. Organel

Sel prokariotik tidak memiliki organel seperti retikulum endoplasma, sentriol, lisosom, badan golgi, dan mitokondria. Sedangkan sel eukariotik memilikinya.

7. Dinding Sel

Tidak semua sel eukariotik memiliki dinding sel. Seperti sel hewan. Dinding sel pada sel prokariotik mengandung peptidoglikan. Sedangkan dinding sel pada sel eukariotik tidak mengandung peptidoglikan.

8. Alat Gerak

Alat gerak pada sel prokariota adalah flagela. Sedangkan alat gerak pada sel eukariota beruta flagela, silia, atau bergerak-gerak seperti amoeba.

9. Ukuran

Ukuran sel prokariotik lebih kecil dibandingkan ukuran sel eukariotik. Ini dilihat dari diameter selnya. Diameter sel prokariotik sekitar 1-10 nm sedangkan diameter sel eukariotik berkisar 10-100 nm.

10. Mitosis dan Meiosis

Sel prokariotik tidak melakukan mitosis maupun meiosis. Sedangkan sel eukariotik melakukan mitosis dan meiosis.


Sumber:

Judul

Alamat

1. Perbedaan Sel Prokariotik Dan Sel Eukariotik http://juwilda.wordpress.com/2010/10/09/perbedaan-sel-prokariotik-dan-sel-eukariotik/
2. PERBEDAAN SEL PROKARIOTIK DAN SEL EUKARIOTIK http://oret-oteranmasbiolovers.blogspot.com/2013/03/perbedaan-sel-prokariotik-dan-sel.html
3. mesosom http://cacink252.blogspot.com/2013/05/mesosom_8416.html
4. Nuclear membrane http://en.wikipedia.org/wiki/Nuclear_envelope

Semoga bermanfaat, Tetap Semangat! | Catatan Harian
loading...

9 comments: