5 Cara Menabung yang Benar

loading...

5 Cara Menabung yang BenarAda banyak sekali cara untuk menjamin masa depan kita. Salah satunya adalah dengan menabung. Namun, banyak yang beranggapan bahwa dengan menabung, kita akan menjadi kaya. Padahal kenyataannya justru sebaliknya. Inflasi membuat nilai mata uang turun sehingga makin lama makin tidak banyak hal yang bisa kita beli dengan uang hasil menabung. Nah, bagaimana cara menabung yang benar? Langsung saja kita simak yang pertama:

1. Tentukan Tujuan!

Tentukanlah tujuan Anda menabung. Seperti mau beli laptop, sebuah smartphone, mobil, rumah, modal usaha, untuk jaga-jaga, dll. Tujuan menabung itu sangatlah penting karena dengan menabung kita tidak perlu berhutang lagi yang bunganya sangat tinggi. Lebih baik kita menabung daripada berhutang.

2. Jangan Menabung Sembarangan

Janganlah menabung tanpa alasan yang jelas. Alasannya adalah sama, yaitu inflasi. Jika Anda terus menabung sampai bermilyar-milyar, bunga bank belum cukup untuk menutupi laju inflasi yang sangat tinggi. Bisa jadi, uang satu milyar tahun ini pada tahun depan hanya bernilai setengahnya saja.

3. Disiplin

Disiplinkanlah uang yang Anda tabung. Uang itu hanyalah untuk memenuhi tujuan Anda. Jangan sekali-kali Anda mengambil tabungan itu walaupun tidak terdesak. Gunakanlah uang cadangan Anda untuk memenuhi kebutuhan Anda disaat kekurangan uang.

4. Jangan Terlalu Banyak Memiliki Uang Cadangan

Janganlah terlalu banyak memiliki uang cadangan. Cukup secukupnya saja untuk memenuhi kebutuhan mendadak Anda. Misalnya 100% dari gaji pokok Anda. Usahakan supaya uang cadangan Anda hanya segitu, jangan kurang, jangan pula lebih. Alasannya sama, yaitu inflasi.

5. Lebih Baik Investasi

Jika Anda ingin menabung untuk masa depan, sebaiknya Anda berinvestasi daripada menabung di bank. Investasi itu berupa properti atau emas. Properti atau emas dipilih karena nilai jualnya jauh lebih tinggi ketimbang peningkatan laju inflasi. Selain itu, Anda juga bisa mengontrak properti Anda tersebut. Dengan begitu, Anda akan mendapat pemasukan bulanan dari properti Anda.


Semoga bermanfaat, Tetap Semangat! | Catatan Harian

loading...

No comments:

Post a Comment