10 Persamaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan

loading...

Sebelumnya kite telah membaca artikel tentang perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan. Nah, sekarang kita akan membahas tentang persamaan diantara kedua sel tersebut. Tentu saja persamaan yang paling utama adalah mereka sama-sama eukariotik. Apa sajakah persamaan sel hewan dan sel tumbuhan lainnya? Langsung saja kita simak yang pertama:

1. Membran Sel

Membran sel adalah lapisan pemisah antara organel sel dengan lingkungan ekstraseluler. Fungsinya adalah untuk melindungi inti sel dan organel di dalamnya. Membran sel terdapat di sel hewan maupun sel tumbuhan.

2. Inti Sel

Inti sel adalah pusat kontrol aktivitas sel dan juga tempat mengelola gen-gen. Di dalam sel terdapat DNA dan kromosom. Inti sel terdapat pada sel hewan dan sel tumbuhan.

3. Sitoplasma

Sitoplasma adalah isi di dalam sel yang terdiri dari organel dan berbagai cairan sel. Sitoplasma terletak diantara membran sel dan inti sel. Sitoplasma terdapat dalam sel tumbuhan dan sel hewan.

4. Mitokondria

Mitokondria adalah organel yang berfungsi sebagai tempat respirasi sel dan sebagai pembangkit energi bagi sel. Mitokondria menghasilkan energi utama untuk sel yang disebut ATP. Mitokondria terdapat pada sel tumbuhan maupun sel hewan.

5. Sitoskeleton

Sitoskeleton adalah rangka bagi sel yang terdiri dari protein filamen. Protein filamen terdiri dari mikrofilamen, filamen tengah, dan mikrotubulus. Fungsi sitoskeleton adalah untuk menyokong bentuk sel. Sitoskeleton terdapat baik pada sel hewan maupun sel tumbuhan.

6. Ribosom

Ribosom adalah butiran-butiran kecil yang melekat pada permukaan retikulum endoplasma kasar. Fungsinya adalah untuk mensintesis protein. Ribosom terdapat pada sel hewan dan sel tumbuhan.

7. Retikulum Endoplasma

Retikulum endoplasma (RE) adalah suatu kantong pipih yang menutupi sebagian besar sitoplasma dan terhubung dengan membran inti. Retikulum endoplasma dibagi menjadi dua yaitu retikulum endoplasma kasar yang mengandung ribosom dan retikulum endoplasma halus yang tidak mengandung ribosom. Fungsi retikulum endoplasma adalah untuk tempat sintesis protein, sintesis lipid (lemak), metabolisme karbohidrat, dan detoksifikasi obat-obatan. Retikulum endoplasma terdapat pada sel tumbuhan dan sel hewan.

8. Badan Golgi

Badan golgi adalah kantung pipih bertumpuk dan terikat dengan membran. Fungsi badan golgi adalah untuk memproses protein dan molekul lain yang akan dibawa ke luar sel atau ke membran sel. Badan golgi terdapat pada sel hewan dan sel tumbuhan.

9. Lisosom

Lisosom adalah suatu organel yang terbentuk dari badan golgi yang fungsinya untuk mencerna makromolekul di dalam sel dan merusak sel-sel asing. Lisosom juga terdapat pada sel hewan dan sel tumbuhan.

10. Peroksisom

Peroksisom menghasilkan beberapa enzim yaitu enzim oksidatif dan enzim katalase. Peroksisom bentuknya seperti lisosom. Enzim oksidatif fungsinya untuk mentransfer hidrogen. Sementara enzim katalase berfungsi untuk merombak H2O2 (hidrogen peroksida), sebuah zat beracun yang merupakan hasil sampingan dari kerja enzim oksidatif. Peroksisom terdapat pada sel tumbuhan dan sel hewan.


Semoga bermanfaat, Tetap Semangat! | Catatan Harian

loading...

No comments:

Post a Comment