6 Hal yang Membuat Bisnis Tidak Berkembang

loading...

growthBanyak sekali orang yang memilih berbisnis karena tergiur dengan gaya hidup pebisnis yang mewah dan santai. Tetapi karena pengelolaan bisnis yang tidak benar, bisnis bisa menjadi alat yang membuat orang yang menjalankannya menjadi stress. Tidak semua pebisnis bisa santai dan menikmati gaya hidup. Bahkan beberapa diantaranya malah jauh lebih sibuk daripada seorang karyawan karena dia merangkap sebagai karyawan dan manajer. Nah, untuk mengantisipasi hal tersebut, bisnis kita harus selalu berkembang. Namun, ada beberapa hal yang menghalangi bisnis kita untuk berkembang. Apa sajakah itu? Langsung saja kita simak yang pertama:

1. Tidak Membuat Agenda

Salah satu kesalahan yang menghalangi bisnis berkembang adalah tidak membuat agenda atau jadwal kegiatan. Saat kita berbisnis, kita harus pandai mengatur waktu supaya semua kegiatan terlaksana dengan baik. Anda memang memiliki sebuah proyek yang besar. Namun proyek-proyek yang lain tetap harus dilaksanakan. Jangan sampai Anda menghabiskan satu hari penuh hanya untuk mengerjakan satu hal. Berikan juga waktu untuk bersantai dan berpikir apa inovasi yang bisa Anda buat dalam bisnis Anda. Dengan begitu, produktivitas Anda meningkat dan waktu santai pun juga Anda dapat.

2. Tidak Menggunakan Teknologi

Janganlah menjadi pebisnis yang gaptek. Karena banyak sekali peluang untuk mempromosikan bisnis Anda lewat internet. Buatlah sebuah website profil yang menjelaskan tentang bisnis Anda. Promosikanlah melalui jejaring sosial di internet. Dengan begitu, semakin banyak orang yang tahu bisnis Anda. Selain itu, Anda juga bisa mendengar keluhan dari para konsumen melalui jejaring sosial. Jadi, Anda bisa lebih cepat memperbaiki bisnis Anda.

3. Melakukan Semuanya Sendiri

Ini adalah penghalang utama bagi perkembangan bisnis. Banyak para pengusaha yang lebih memilih mengerjakan semuanya sendiri. Mulai dari pengaturan uang, manajemen, dan bahkan sebagai karyawannya. Jika begitu, bisnis Anda hanya jalan di tempat saja dan tidak akan ada banyak perubahan. Contohnya, ketika Anda membuka sebuah bisnis salon dan Anda merangkap menjadi manajer sekaligus menjadi karyawannya. Itu akan membuat bisnis salon tersebut sulit sekali untuk berkembang karena tidak mungkin Anda bekerja di dua tempat yang berbeda dalam waktu yang bersamaan. Janganlah merasa menjadi orang yang paling hebat. Dengan membagi pekerjaan Anda kepada orang lain, Anda akan lebih merasakan santai daripada sebelumnya.

4. Menunggu Keuangan yang Kuat

Banyak pengusaha yang ingin menunggu keuangannya kuat dulu barulah mengembangkan bisnisnya. Itu memang bisa dilakukan, tetapi sangat lama. Jika Anda ingin cepat, sisihkanlah penghasilan bisnis Anda minimal sebesar 10% dan alokasikan uang tersebut untuk pengembangan bisnis dan strateginya.

5. Tidak Mau Belajar

Kita bisa mengembangkan kemampuan berbisnis kita dengan cara belajar. Baik itu mempelajari strategi marketing, psikologi konsumen, pemasaran, manajemen, pengaturan uang, pengelolaan sumber daya manusia, dll. Dengan meningkatnya kemampuan Anda, maka bisnis Anda juga turut berkembang dengan sendirinya. Anda bisa belajar di mana saja. Membaca artikel ini juga termasuk belajar. Namun, jika Anda mau menjadi lebih ahli, Anda bisa mempelajari buku-buku yang berkaitan dengan bisnis Anda.

6. Tidak Berinovasi

Inovasi menjadi faktor utama bisnis Anda berkembang. Inovasi datang dari proses belajar dan pengalaman. Banyak hal yang bisa Anda inovasikan seperti penambahan karyawan, meningkatkan produksi, strategi pemasaran, dan mengembangkan produk baru. Sisihkan waktu Anda untuk beristirahat dan bersantai. Karena kondisi santai adalah kondisi yang paling pas untuk menghasilkan inovasi.


Semoga bermanfaat, Tetap Semangat! | Catatan Harian

loading...

No comments:

Post a Comment