Hukum Perbandingan Volume (Artikel Lengkap)

loading...

Hukum perbandingan volume atau hukum Gay-Lussac adalah hukum yang berbunyi:

Volume gas-gas yang bereaksi dan volume gas-gas hasil reaksi, jika diukur pada suhu dan tekanan yang sama, akan berbanding sebagai bilangan bulat dan sederhana.

Hukum ini pertama kali dikemukakan oleh kimiawan Perancis Joseph Louis Gay-Lussac. Hukum ini adalah salah satu dari dua hukum-hukum dasar kimia yang dikemukakan oleh beliau. Kedua hukum tersebut berhubungan dengan sifat-sifat gas.

Hukum pertama berkaitan dengan volume sebelum dan sesudah reaksi kimia. Sedangkan hukum kedua menjelaskan hubungan tekanan dan temperatur dalam gas yang sering disebut sebagai hukum Amontons.

1. Hukum Penggabungan Volume

Hukum penggabungan volume menyatakan bahwa ketika gas bereaksi bersama-sama menjadi gas lain, dan semua volume diukur pada suhu dan tekanan yang sama, maka:

Rasio antara volume gas reaktan dengan produk dapat dinyatakan dalam bilangan bulat yang sederhana.

Hukum penggabungan volume gas dipublikasikan oleh Joseph Louis Gay-Lussac pada tahun 1808. Pada awalnya, hipotesis Avogadro tidak diterima oleh para ahli kimia sampai kimiawan Italia Stanislao Cannizzaro mampu meyakinkan mereka pada Kongres Kimia Internasional 1860.

2. Hukum Tekanan-Suhu

Hukum ini sering disebut Hukum Tekanan-Suhu Amontons. Hukum ini ditemukan setelah Guillaume Amontons pada tahun 1700 dan 1702, menemukan hubungan antara tekanan dan suhu yang tetap pada suatu massa gas dan pada volume yang konstan. Amontons menemukan hukum ini ketika membuat sebuah “termometer udara”.

Tekanan pada gas dengan massa dan volume tetap adalah berbanding lurus dengan suhu gas mutlak.

Sederhananya, jika terdapat peningkatan suhu gas, maka tekanannya juga meningkat jika massa dan volume gas tetap konstan. Hukum ini memiliki angka yang sederhana jika suhu diukur pada skala mutlak, seperti Kelvin. Hukum ini dapat memiliki rumus sebagai berikut:

clip_image002 atau clip_image002[6]

Di mana:

P adalah tekanan gas

T adalah temperatur dari gas (dalam satuan Kelvin)

k adalah konstanta

Hukum ini berlaku karena temperatur adalah ukuran energi kinetik dari suatu zat, seperti energi kinetik pada gas, partikel yang bertabrakan dengan dinding wadah lebih cepat, sehingga tekanannya meningkat.

Untuk membandingkan substansi di bawah dua set yang berbeda kondisi, hukum ini dapat ditulis:

clip_image002[8]

Karena Amontons menemukan hukum ini sebelumnya, nama Gay-Lussac sekarang masih menjadi sebutan dalam hukum perbandingan volume. Beberapa buku pengantar fisika masih mendefinisikan hukum tekanan-suhu sebagai hukum Gay-Lussac. Gay-Lussac meneliti hubungan antara volume dan temperatur kemudian diterbitkan pada tahun 1802, namun karyanya tidak berisi perbandingan antara tekanan dan temperatur. Berdasarkan perbandingan teknologi pada kedua orang tersebut, Amontons hanya mampu bekerja dengan menggunakan udara sebagai gas, dimana Gay-Lussac mampu berekperiman dengan beberapa jenis gas yang umum, seperti oksigen, nitrogen, dan hidrogen.

Gay-Lussac mengajukan penemuannya kepada Jacques Charles karena dia menggunakan data yang tidak dipublikasikan Charles dari tahun 1787. Maka, hukum ini juga dikenal sebagai hukum Charles atau hukum Charles dan Gay-Lussac. Namun, dalam beberapa tahun terakhir istilah tersebut mulai tidak digunakan lagi.

Hukum Amontons, Hukum Charles Gay-Lussac, dan hukum Boyle membentuk hukum gas gabungan. Kombinasi ketiga hukum gas dengan Hukum Avogadro dalam digeneralisasikan oleh hukum gas ideal.

3. Hukum Charles

Hukum Charles juga kadang-kadang disebut Hukum Gay-Lussac atau Hukum Charles Gay-Lussac, karena Gay-Lussac lah yang pertama kali mempublikasikan penemuan ini pada 1802. Jacques Charles telah menemukannya lebih dahulu pada 1787, namun tidak mempublikasikannya. Belakangan hukum ini lebih sering disebut hukum Charles karena kemudian Gay-Lussac menemukan hukum-hukum lain yang dinamakan sesuai namanya.


Sumber:

Judul

Alamat

1. Gay-Lussac's law http://en.wikipedia.org/wiki/Gay-Lussac%27s_law
2. Hukum Perbandingan Volume http://www.chem-is-try.org/materi_kimia/kimia-kesehatan/stoikiometri-kimia-kesehatan-materi_kimia/hukum-perbandingan-volume/
3. Hukum Gay-Lussac http://id.wikipedia.org/wiki/Hukum_Gay-Lussac

Semoga bermanfaat, Tetap Semangat! | Materi Pelajaran
loading...

No comments:

Post a Comment