15 Fungsi Musik

loading...

Musik adalah suara yang berasal dari beragam alat musik dan disusun sedemikian rupa sehingga mengandung irama, lagu, dan keharmonisan. Musik telah ada sejak manusia ada yaitu sekiar 180.000 hingga 100.000 tahun yang lalu. Saat ini musik menjadi salah satu kebudayaan yang populer di dunia. Musik berkembang dari hanya sebagai media hiburan menjadi salah satu alat pengungkapan ekspresi yang disebut seni musik. Berikut adalah beberapa fungsi umum dari musik. Langsung saja kita simak yang pertama:

Baca juga: Pengertian Seni Musik (Artikel Lengkap)

fungsi musik

  1. Mengungkapkan emosi. Musik berfungsi untuk meluapkan emosi baik oleh penulis lagu maupun para penikmat musik. Itulah mengapa saat ini ada berbagai macam suasana dalam musik. Ada musik yang memiliki suasana ceria, hangat, sepi, sedih, seram, menegangkan, menyayat, dll.
  2. Sebagai sarana hiburan. Fungsi awal dari musik adalah sebagai media penghibur. Musik yang dimainkan secara bersama-sama akan menghasilkan suara yang ramai dan menghibur. Saat ini banyak sekali digelar konser musik dan selalu didatangi oleh banyak orang. Itu merupakan pertanda bahwa orang-orang masih membutuhkan hiburan dari musik.
  3. Sebagai salah satu ritual. Di masa lalu dan bahkan di masa kini, upacara atau ritual keagamaan selalu diisi musik. Tujuannya adalah supaya semua orang dapat menjalaninya secara lebih khidmat. Salah satu agama yang sering mempergunakan musik di setiap upacara adalah agama Hindu di Bali. Disana dari upacara menyambut kelahiran, pernikahan, hari raya, dan bahkan kematian selalu diiringi oleh musik gamelan khas Bali.
  4. Sebagai sarana bisnis. Saat ini industri musik adalah salah satu industri kreatif yang paling menguntungkan. Banyak orang terlibat dalam industri musik. Apalagi jika penyanyinya adalah artis papan atas. Mungkin saat ini penjualan album musik selalu rendah karena maraknya pembajakan. Namun industri ini tetap untung dari penjualan merchandise, tiket konser, dan sponsor.
  5. Untuk menenangkan jiwa. Musik juga digunakan sebagai salah satu sarana relaksasi dan penenangan jiwa. Salah satu yang populer adalah Kitaro dan Kenny G. Alunan musik mereka sangatlah merdu dan menenangkan. Lagu ini cocok dimainkan saat melakukan meditasi atau beryoga.
  6. Sebagai sarana komunikasi. Di masa lalu, musik menjadi salah satu sarana komunikasi jarak menengah. Misalnya jika suatu upacara telah dimulai maka akan dibunyikan musik khusus untuk mengundang para undangan dan sebagai isyarat bahwa upacara telah dimulai.
  7. Untuk menyambut tamu. Setiap event yang cukup besar pasti punya sebuah musik yang berfungsi sebagai menyambut tamu. Apalagi jika tamu itu adalah orang penting seperti Presiden. Musik untuk menyambut tamu juga digunakan untuk menyambut para pemain sepakbola yang hendak masuk ke lapangan.
  8. Untuk meningkatkan kecerdasan. Banyak sekali penelitian yang menunjukkan bahwa bermain musik dapat meningkatkan kecerdasan pemainnya. Bayi yang selalu mendengarkan musik klasik juga dapat meningkat kecerdasannya.
    Baca juga: Makalah: Sejarah, Fungsi, dan Harmoni Musik Arumba
  9. Mengiring tarian. Setiap tarian selalu diiringi dengan musik. Musik selalu selaras dengan gerakan tarian. Bahkan ada musik yang dapat mempengaruhi penontonnya untuk ikut menari juga.
  10. Sebagai pengiring pertunjukan. Pentas drama dan film selalu diiringi musik yang disesuaikan dengan suasana adegannya. Tujuannya adalah supaya menambah pengalaman penonton dalam menikmati film dan membantu penonton untuk memahami suasana dalam adegan tersebut.
  11. Untuk melambangkan sesuatu. Tempo musik dapat melambangkan sesuatu. Misalnya jika temponya lambat, maka itu melambangkan kesedihan. Musik juga dapat menjadi lambang suatu negara atau daerah. Misalnya lagu Indonesia Raya yang merupakan perlambangan dari negara Indonesia.
  12. Sebagai pengiring kegiatan olahraga. Kegiatan olahraga terutama senam dan jogging terasa lebih menyenangkan ketika sambil mendengarkan musik. Musik juga dapat mengiringi gerakan dalam senam. Jika tempo musik cepat, maka dengan sendirinya gerakan kita akan semakin cepat.
  13. Sebagai sarana pendidikan. Suatu pelajaran akan lebih mudah dipahami jika dijadikan musik atau diiringi musik. Musik juga dapat digunakan sebagai sarana penyampaian nasehat yang mendidik anak.
  14. Meramaikan suasana. Ketika sendiri, menghidupkan musik akan membuat suasana menjadi lebih ramai. Sehingga kita tidak merasa ketakutan lagi. Suasana dalam perjalanan juga akan terasa lebih ramai jika diiringi dengan musik.
  15. Sebagai ciri khas kebudayaan setempat. Setiap negara di dunia dan bahkan setiap daerah di Indonesia pasti memiliki sebuah musik tradisional sebagai salah satu ciri khas kebudayaannya. Ketika orang-orang mendengar musik tersebut, mereka pasti langsung mengingat daerah dimana musik tersebut berasal.


Sumber:

  1. Musik (http://id.wikipedia.org/wiki/Musik)
  2. Fungsi musik dalam kehidupan manusia (https://muhamadriyadi333.wordpress.com/tentang-musik/fungsi-musik-dalam-kehidupan-manusia/)
  3. Pengertian dan Fungsi Seni Musik (http://demutz.blogspot.com/2013/06/pengertian-dan-fungsi-seni-musik.html)
  4. Fungsi musik dalam kehidupan sehari-hari (http://rahadityax1-musik.blogspot.com/2012/11/fungsi-musik-dalam-kehidupan-sehari-hari.html
  5. FUNGSI MUSIK (http://wulanfesty.tripod.com/fungsimusik.html)
  6. Fungsi Musik Secara Umum (http://halimah777.blogspot.com/2013/01/fungsi-musik-secara-umum.html)
  7. Manfaat dan Fungsi Musik (http://irmaairmo.blogspot.com/2013/04/manfaat-dan-fungsi-musik.html)


Anda bisa request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com

loading...

No comments:

Post a Comment