10 Macam Input Device (Perangkat Masukan) Komputer

loading...

Perangkat masukan atau input device adalah perangkat keras yang berguna untuk memasukkan data atau perintah ke dalam komputer. Alat input tidak bisa bekerja tanpa adanya software atau perangkat lunak. Ada dua jenis perangkat masukan yaitu peralatan input langsung (langsung diproses. Contoh: keyboard dan mouse) dan peralatan input tidak langsung (harus melalui media tertentu. Contoh: harddisk dan flashdisk). Berikut adalah beberapa macam perangkat masukan komputer lengkap dengan gambar. Langsung saja kita simak yang pertama:

Baca juga: 15 Macam Perangkat Komputer dan Fungsinya (Beserta Gambar)

1. Keyboard

perangkat komputer keyboard

Keyboard (papan ketik) adalah perangkat keras yang penuh dengan tombol-tombol yang mewakili hurup, angka, karakter, dan beberapa fungsi tertentu. Keyboard komputer tentu saja berbeda jauh dengan keyboard (alat musik) yang hanya berisi beberapa tombol putih dan hitam yang mewakili nada tertentu. Terkadang keyboard juga dilengkapi dengan trackpad untuk menggerakkan kursor. Kombinasi beberapa tombol keyboard juga berguna untuk memberi suatu perintah shortcut pada komputer. Contohnya shortcut Ctrl+C yang berfungsi untuk memberi perintah copy (salin) pada komputer.

2. Mouse

perangkat komputer mouse

Mouse (tetikus) adalah perangkat keras yang mudah digenggam, umumnya berisi dua tombol dan sebuah bola atau laser dibawahnya untuk menggerakan kursor (pointer). Fungsi mouse adalah untuk menggerakan kursor, melakukan scroll (tidak semua mouse), klik kiri, dan klik kanan. Gerakan kursor dalam keadaan default selalu mengikuti arah perpindahan mouse.

3. Webcam

perangkat komputer webcam

Webcam adalah perangkat keras berupa kamera kecil yang biasa ditempatkan di atas monitor/LCD. Fungsi webcam adalah untuk melakukan video call (panggilan video) dan bahkan juga dapat digunakan untuk ber-selfie di depan komputer. Hampir setiap laptop keluaran saat ini telah memiliki web cam.

4. Barcode Scanner

perangkat komputer barcode scanner

Barcode scanner adalah alat yang berupa gagangan dan berisi laser berwarna merah untuk memindai barcode. Fungsinya adalah untuk memindai barcode. Barcode adalah kode garis-garis yang biasa terdapat di kemasan sebuah produk swalayan atau gudang perusahaan. Tujuannya adalah untuk mempermudah kasir menghitung total belanjaan dan mempermudah karyawan untuk mengecek isi gudang.

5. Joystick

perangkat komputer joystick
Baca juga: 6 Klasifikasi Jaringan Komputer Berdasarkan Topologi

Joystick adalah perangkat keras berbentuk seperti tuas gigi mobil atau seperti stick konsol. Fungsi joystick adalah untuk bermain game atau permainan pada komputer. Stick Xbox bisa digunakan sebagai joystick pada komputer Windows karena sama-sama buatan Microsoft.

6. Scanner

perangkat komputer scanner

Scanner adalah perangkat keras yang berfungsi untuk mengubah data analog (kertas) menjadi data digital. Scanner yang dikombinasikan dengan printer akan menjadi mesin fotocopy berukuran kecil. Hasil scan biasanya berupa gambar atau file PDF.

7. Mikrofon

perangkat komputer microphone

Microphone adalah perangkat keras yang dapat mengubah suara analog menjadi suara digital. Fungsi mikrofon adalah untuk merekam suara. Alat ini biasa digunakan saat konferensi atau saat melakukan video call.

8. Pemindai Sidik Jari

perangkat masukan pemindai sidik jari

Pemindai sidik jari atau fingerprint scanner adalah perangkat keras yang dapat memindai sidik jari dan menampilkannya di komputer. Pemindai sidik jari biasanya berfungsi sebagai alat pengaman komputer atau sebagai salah satu mesin absensi.

9. Kinect

perangkat masukan kinect

Kinect adalah salah satu merek dagang Microsoft berupa sensor gerakan. Bentuknya mirip seperti webcam namun memiliki fungsi yang lebih canggih lagi. Perangkat ini biasa digunakan untuk bermain game.

10. Flashdisk/CD ROM/DVD ROM/Harddisk External

perangkat masukan flashdisk

Perangkat penyimpanan diatas merupakan perangkat masukan tidak langsung. Fungsinya sebagai perangkat masukan adalah untuk memasukan data ke komputer. Data ini tidak dapat langsung digunakan tanpa software tertentu.


Sumber:

  1. Macam – Macam Input Device (Perangkat Masukan) Pada Komputer (http://wendyandriyan.blogspot.com/2015/01/macam-macam-perangkat-input-device.html)
  2. Bagian Bagian Perangkat Komputer ( Input Dan Output ) (http://www.harafimulki.com/2014/03/bagian-bagian-perangkat-komputer-input.html)
  3. Hardware: Mengenal Input Device / Alat Masukan di Komputer (http://www.reyvababtista.com/2010/09/mengenal-input-device-alat-masukan-di.html)
  4. Contoh Input Device Dan Fungsinya (http://hsetiyawan.mhs.uksw.edu/2012/12/contoh-input-device-dan-fungsinya.html)
  5. Peralatan Masukan (Input Device) (http://greenzone42arm.blogspot.com/2012/11/perangkat-masukan-input-device.html)
  6. Pengertian dan fungsi peralatan input pada komputer (http://tutorial-mj.blogspot.com/2013/09/pengertian-dan-fungsi-peralatan-input.html)
  7. Pengertian Input Device (Unit Masukan) Komputer dan Macam-macamnya (http://pakdevakeren.blogspot.com/2013/08/pengertian-input-device-unit-masukan.html)
  8. Peranti masukan (http://id.wikipedia.org/wiki/Peranti_masukan)
  9. Input device (http://en.wikipedia.org/wiki/Input_device)
  10. Kinect (http://en.wikipedia.org/wiki/Kinect)


Anda bisa request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com

loading...

1 comment:

  1. Flashdisk perangkat input? Bukannya Flashdisk itu perangkat penyimpanan?

    ReplyDelete