15 Macam Perangkat Komputer dan Fungsinya (Beserta Gambar)

Komputer adalah sekelompok perangkat yang terdiri dari jutaan komponen yang saling terkait untuk membantu manusia melakukan tugas yang membutuhkan kerapian dan ketelitian. Seperangkat komputer desktop terdiri dari beberapa bagian. Berikut adalah beberapa macam perangkat komputer dan fungsinya beserta gambar. Bagian yang berisi kata opsional berarti perangkat tersebut tidak wajib untuk dipasang. Langsung saja kita simak yang pertama:

Baca juga: Klasifikasi Jaringan Komputer Berdasarkan Topologi
15 Macam Perangkat Komputer dan Fungsinya (Beserta Gambar)

1. CPU

CPU (Central Processing Unit) adalah bagian terpenting dari komputer karena merupakan pusat dari komputer. Semua perangkat lain seperti keyboard, mouse, monitor, dll dipasang di komputer. Di CPU juga terdapat motherboard yang tertanam prosesor yang merupakan otak dari komputer. Hard disk juga terpasang di CPU.

perangkat komputer CPU

2. Monitor

Monitor adalah perangkat yang berfungsi untuk melihat apa yang sedang kita kerjakan di komputer. Tanpa monitor, kita seolah-olah “buta” saat menggunakan komputer. Maka dari itu, monitor merupakan salah satu perangkat terpenting di komputer. Ada tiga jenis monitor yaitu monitor CRT, LCD, dan LED.perangkat komputer monitor

3. Keyboard

Keyboard adalah perangkat komputer yang berisi berbagai tombol angka, huruf, dan beberapa fungsi lainnya. Keyboard sangat berguna saat kita hendak mengetik di komputer. Keyboard juga berfungsi sebagai shortcut suatu fungsi tertentu sehingga bekerja di komputer menjadi lebih mudah.

perangkat komputer keyboard

4. Mouse

Mouse atau tetikus adalah perangkat yang bentuknya seperti tikus dan terdapat sensor atau bola di bawahnya. Fungsi mouse adalah untuk menggerakan kursor yang sering ditandai dengan arah panah. Kursor sangat penting karena dapat memudahkan kita untuk memberi perintah kepada komputer. Bisa dikatakan mouse adalah alternatif jika layar komputer tidak layar sentuh.

perangkat komputer mouse

5. Speaker

Speaker adalah perangkat komputer yang dapat mengeluarkan output suara. Sebenarnya speaker tidak terlalu penting untuk dipasang. Tetapi karena saat ini banyak orang yang menggunakan komputer sebagai salah satu sarana multimedia, sepertinya speaker menjadi penting. Speaker biasanya berjumlah sepasang dan ditempatkan di sebelah kiri dan kanan monitor.

perangkat komputer speaker

6. Joystick (Opsional)

Jika Anda ingin merasakan sensasi bermain game di komputer seperti di konsol, maka Anda perlu memiliki sebuah atau sepasang joystick. Joystick Xbox juga dapat digunakan sebagai joystick pada komputer Windows karena sama-sama buatan Microsoft.perangkat komputer joystick

7. Printer (Opsional)

Printer adalah perangkat yang berfungsi mencetak dokumen atau gambar pada komputer pada suatu kertas. Printer berguna jika Anda ingin mencetak dokumen makalah, laporan, atau skripsi. Jika jarang digunakan, sebaiknya Anda hanya mencetaknya di jasa printer terdekat.

perangkat komputer printer

8. Trackpad (Opsional)

Trackpad adalah perangkat yang juga berfungsi untuk menggerakan kursor. Biasanya trackpad terdapat di laptop. Saat ini pengguna komputer Windows jarang menggunakan trackpad. Namun produsen komputer Mac masih menjual trackpad.

perangkat komputer trackpad

9. Drawing Pad (Opsional)

Drawing pad cocok digunakan bagi mereka yang suka menggambar dengan menggunakan komputer. Hasil gambar akan sama seperti hasil gambar dengan menggunakan kertas biasa jika digambar dengan bantuan drawing pad.perangkat komputer drawing pad

10. Modem (Opsional)

Modem adalah perangkat komputer yang berfungsi untuk menerima dan mengirim data ke server. Modem biasa digunakan untuk berselancar di internet.perangkat komputer modem

11. Headset (Opsional)

Fungsi headset atau headphone sama saja dengan fungsi speaker, yakni mengeluarkan suara. Namun headset berada sangat dekat di kedua telinga. Para gamers sering menggunakan headset saat bermain game supaya tidak menggangu orang di sekitarnya.

perangkat komputer headset

12. Scanner (Opsional)

Scanner adalah perangkat yang berfungsi untuk menyalin data analog (tulisan/gambar di kertas) dan mengubahnya menjadi data digital. Perangkat ini sering menyatu dengan printer sehingga dapat juga berfungsi sebagai mesin fotokopi.perangkat komputer scanner

13. Webcam (Opsional)

Fungsi webcam sama halnya dengan fungsi kamera depan pada ponsel yaitu untuk ber-selfie maupun untuk melakukan video call.perangkat komputer webcam

14. Microphone (Opsional)

Microphone adalah perangkat pengubah suara menjadi suara digital. Fungsi microphone adalah untuk merekam suara kita. Biasanya perangkat ini digunakan oleh para gamers, konferensi, atau untuk melakukan video call.

perangkat komputer microphone

15. Barcode Scanner (Opsional)

Barcode scanner adalah alat pembaca barcode. Barcode adalah kode berupa garis-garis yang biasa terdapat di bungkus makanan. Barcode sangat berguna bagi kasir supermarket untuk mempermudah mencatat pembelian.

perangkat komputer barcode scanner


Sumber:

  1. 1.1. Pengertian Komputer (
    http://kuliah.dinus.ac.id/edi-nur/sb1-1.html)

Sumber gambar: Pixabay dan Wikimedia.


Anda bisa request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com

2 comments:

  1. very good articel ... because im understand about the computer

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete