5 Fungsi Protein

Protein adalah makromolekul yang terdiri dari satu atau lebih rantai panjang asam amino. Protein sangat bermanfaat bagi makhluk hidup bahkan sekitar 50% dari berat kering organisme adalah protein. Makanan berprotein tinggi banyak terdapat pada daging, ikan, telur, susu, tumbuhan berbiji, dan kentang. Berikut adalah beberapa fungsi protein. Langsung saja kita simak yang pertama:

Baca juga: 15 Manfaat Protein dalam Tubuh
5 Fungsi Protein

1. Sumber Energi

Protein adalah sumber energi terbaik selain karbohidrat dan lemak. Namun energi dalam protein berjumlah lebih sedikit dibandingkan karbohidrat dan lemak.

2. Mengganti Sel yang Rusak

Protein juga dapat mengganti sel yang rusak dan membentuk sel baru. Sehingga protein juga berfungsi sebagai zat pembangun terutama sel otot.

3. Sebagai Pembawa Materi Genetika

Protein juga berfungsi sebagai pembawa materi genetika dengan tahapan yang disebut sintesis protein. Dari proses inilah ditentukan sifat dan keunikan dari setiap individu.

4. Untuk Mengatasi Busung Lapar

Busung lapar dapat dicegah dan diatasi dengan memberikan asupan protein yang cukup. Penyakit kwashiorkor dan marasmus juga dapat dicegah dengan asupan protein.

5. Memfasilitasi Reaksi Kimia

Protein berperan penting dalam beberapa reaksi biokimia penting seperti mengikat hemoglobin dan membantu mengikat dan mengangkut oksigen melalui darah.


Sumber:

  1. Protein (http://en.wikipedia.org/wiki/Protein)
  2. 15 Manfaat Protein dalam Tubuh (http://hedisasrawan.blogspot.com/2014/06/15-manfaat-protein-dalam-tubuh.html)
  3. Fungsi Manfaat Protein Bagi Tubuh Manusia (http://ardra.biz/kesehatan/kesehatan-dan-gizi/fungsi-manfaat-protein-bagi-tubuh-manusia/)
  4. Manfaat Dan Fungsi Protein Bagi Tubuh (http://manfaattumbuhanbuah.blogspot.com/2014/01/manfaat-dan-fungsi-protein-bagi-tubuh.html)
  5. Protein : Definisi, fungsi, sumber, dan penyakit yang berhubungan (http://websitekesehatankita.blogspot.com/2014/11/protein-definisi-fungsi-sumber-dan.html)


Anda bisa request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com

No comments:

Post a Comment