27 Manfaat Daun Kemangi bagi Kesehatan

Daun kemangi atau basil adalah daun dari tumbuhan Ocumum citriodorum yang beraroma khas seperti lemon dan biasa dimakan sebagai lalapan atau pepes. Daun kemangi mengandung sejumlah senyawa atau zat yang bermanfaat bagi kesehatan seperti betakaroten, magnesium, aneton, sineol, dll. Berikut adalah beberapa manfaat daun kemangi bagi kesehatan. Langsung saja kita simak yang pertama:

27 Manfaat Daun Kemangi bagi Kesehatan

1. Meredakan Demam

Daun kemangi mampu meredakan demam pada balita. Cukup ambil beberapa daun kemangi, kemudian diremas bersama bawang merah dan minyak kelapa, lalu dioleskan ke perut, dada, dan punggung balita.

Demam pada anak-anak dan orang dewasa juga dapat diredakan dengan teh kemangi. Caranya adalah dengan menyeduh daun kemangi dengan air panas dan ditambahkan sedikit gula. Minumlah teh tersebut maka gejala demam seperti batuk dan pilek akan hilang.

Penyakit flu juga dapat disembuhkan dengan mengunyah daun kemangi.

2. Meredakan Masuk Angin

Daun kemangi juga dapat meredakan masuk angin dan perut kembung pada balita. Cukup ambil beberapa daun kemangi, kemudian diremas bersama bawang merah dan minyak kelapa, lalu dioleskan ke perut, dada, dan punggung balita.

3. Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan betakaroten (vitamin A) pada daun kemangi sangat bermanfaat bagi kesehatan mata dan juga dapat meningkatkan fungsi penglihatan. Daun kemangi juga bermanfaat untuk mengobati infeksi mata. Cara mendapatkan manfaat betakaroten pada daun kemangi ini adalah cukup dengan memakan mentah daun ini bersama dengan nasi dan lalapan.

4. Membersihkan Darah

Daun kemangi juga dapat membantu membersihkan darah dari racun.

5. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Kandungan antioksidan eugenol pada daun kemangi dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Kunyahlah daun kemangi atau diminum sebagai teh setiap hari.

6. Mengurangi Kolestrol

Kandungan antioksidan eugenol pada daun kemangi juga dapat mengurangi kadar kolestrol dalam darah.

7. Mengurangi Kadar Glukosa

Kandungan antioksidan eugenol pada daun kemangi juga dapat mengurangi kadar glukosa dalam darah.

8. Mengurangi Bau Mulut

Aroma khas dari daun kemangi juga dapat mengurangi bau mulut setelah makan dan membuat mulut jadi lebih segar. Banyak sekali obat tradisional pencegah bau mulut yang ternyata berbahan daun kemangi. Maka dari itu, daun kemangi selalu disajikan bersama lele goreng atau ayam goreng.

9. Meredakan Batuk

Teh kemangi dikenal di benua Afrika dan India sebagai obat penyembuh batuk. Khasiat teh kemangi sama dengan obat ayurvedic dan ekspektoran. Teh kemangi juga dapat mengencerkan dahak. Cara membuatnya adalah cukup menyeduh daun kemangi dengan air panas dan tambahkan gula kemudian diminum sampai habis.

10. Membantu Proses Penyembuhan Luka

Kandungan vitamin C dan asam askorbat pada daun kemangi memicu pembentukan kolagen yang dapat mempercepat proses penyembuhan luka.

11. Mengencangkan Kulit

Kolagen yang dihasilkan oleh daun kemangi juga bermanfaat untuk mengencangkan kulit. Selain itu, kandungan zat triptofan dalam daun kemangi juga dapat menghambat terbentuknya keriput pada kulit dan mengangkat sel kulit mati.

Rutin menempelkan daun kemangi yang sudah dihaluskan pada wajah dan leher juga dapat membuat kulit tampak lebih cerah dan segar.

12. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Kandungan beta karoten pada daun kemangi juga dapat meningkatkan respon antibodi sehingga dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Kandungan beta karoten juga dapat membantu sintesis protein yang berguna untuk memperbaiki sel yang rusak.

13. Mendukung Pertumbuhan Tubuh

Kandungan beta karoten pada daun kemangi dapat membantu proses sintesis protein yang juga berguna untuk mendukung proses pertumbuhan tubuh. Selain itu, daun kemangi juga mengandung vitamin C yang membantu penyerapan kalsium dan zat besi, fosfor yang dapat membantu proses pertumbuhan tulang, dan magnesium yang berperan penting dalam proses pembentukan tulang.

14. Melawan Radikal Bebas

Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang mudah beraksi dengan molekul penting dari tubuh kita seperti DNA, lemak, dan protein. Radikal bebas sangat berbahaya karena dapat memicu kanker. Kandungan antioksidan pada daun kemangi sangat bermanfaat untuk melawan radikal bebas. Antioksidan flavonoid dan eugenol juga mampu mencegah pertumbuhan bakteri, virus, dan jamur.

15. Mengobati Sakit Tenggorokan

Daun kemangi juga dapat mengobat sakit tenggorokan. Caranya cukup dengan merebus daun kemangi dan gunakan sebagai obat kumur. Lakukan dua kali sehari.

16. Mencegah Kemandulan

Zat arginin pada daun kemangi dapat memperkuat daya hidup sperma sehingga dapat mencegah kemandulan. Selain itu, kandungan zat eugenol dan apigenin fenkhona pada daun kemangi juga dapat meningkatkan kualitas ereksi dan mencegah ejakulasi dini.

Kandungan stigmaterol dalam daun kemangi juga dapat merangsang ovulasi pada wanita.

17. Melancarkan ASI

Daun kemangi juga dikenal dapat melancarkan produksi air susu ibu. Caranya cukup memakan daun kemangi sebagai lalapan bersama nasi dan gorengan.

18. Mencegah Menopause

Kandungan zat triptofan pada daun kemangi dapat menghambat datangnya menopause. Konsumsilah daun kemangi setiap hari untuk mencegah menopause.

19. Mencegah Jerawat

Seperti yang telah disebut sebelumnya bahwa daun kemangi dapat membersihkan darah, maka daun kemangi juga dapat mencegah jerawat. Selain itu, daun kemangi juga mengandung agen anti bakteri dan anti jamur.

20. Anti Inflamasi

Zat cineole, myrcene, dan eugenol yang terkandung di dalam daun kemangi juga bersifat anti inflamasi (anti bengkak / anti radang) sehingga dapat menyembuhkan bengkak dan radang sendi.

21. Mengurangi Bakteri Penyebab Keracunan pada Makanan

Kandungan minyak atsiri pada daun kemangi juga dapat mencegah pertumbuhan bakteri Salmonella enteritidisi pada makanan yang dapat menyebabkan keracunan.

22. Mengobati Panu

Daun kemangi juga dapat mengobati panu. Caranya adalah dengan mengambil segenggam daun kemangi yang telah dicuci bersih dan dihaluskan. Kemudian beri sedikit air campuran kapur sirih. Balurkan pada bagian kulit yang terserang panu dua kali sehari.

23. Mengecilkan Batu Ginjal

Jus daun kemangi juga dapat membantu mengecilkan batu ginjal secara alami jika diminum secara teratur selama enam bulan. Jus ini juga dapat dicampur dengan madu untuk menambah cita rasa.

24. Mengobati Sariawan

Daun kemangi juga dapat mengobati sariawan. Caranya adalah dengan mengunyah 50 helai daun kemangi yang sudah dibersihkan selama dua sampai tiga menit kemudian ditelan dan langsung minum air hangat. Lakukan hal tersebut tiga kali sehari.

25. Mengurangi Dampak Asap Rokok

Perokok pasif selalu menjadi korban tak bersalah dari kebiasaan merokok orang lain. Maka dari itu, bagi Anda orang yang tidak merokok sebaiknya mengunyah daun kemangi ketika baru saja terpapar asap rokok dalam waktu yang cukup lama. Kandungan antioksidan dalam daun kemangi dapat mengurangi dampak negatif akibat nikotin.

26. Mencegah Stroke

Kandungan isoflavon pada daun kemangi dapat meningkatkan fungsi pembuluh darah sehingga dapat mencegah penyakit stroke.

27. Mengatasi Stress

Daun kemangi memiliki adaptogen atau agen anti-stres sehingga dapat mengatasi stress. Konsumsilah 12 helai daun kemangi dua kali sehari.


Sumber:

  1. Kemangi (http://id.wikipedia.org/wiki/Kemangi)
  2. Manfaat Daun Kemangi untuk Kesehatan Pria dan Wanita (http://manfaatbuahdaun.blogspot.com/2013/11/manfaat-daun-kemangi-untuk-kesehatan.html)
  3. Manfaat Daun Kemangi Bagi Kesehatan (http://manfaatnyasehat.com/manfaat-daun-kemangi-bagi-kesehatan/)
  4. Manfaat Khasiat daun Kemangi Sangat Berlimpah (http://manfaatdaunobat.blogspot.com/2013/06/manfaat-khasiat-daun-kemangi-sangat.html)
  5. 7 Manfaat Daun kemangi untuk Kesehatan (http://www.wesehat.com/2014/08/manfaat-daun-kemangi-untuk-kesehatan.html)
  6. Manfaat Khasiat Daun Kemangi Untuk Kecantikan Dan Kesehatan (http://caraobat.blogspot.com/2013/05/manfaat-khasiat-daun-kemangi-untuk-kecantikan-dan-kesehatan.html)
  7. Khasiat Daun Kemangi (http://www.sitkes.com/khasiat-daun-kemangi.html)
  8. :: Manfaat dan Khasiat Daun Kemangi :: (https://id-id.facebook.com/notes/herbal-store-indonesia/-manfaat-dan-khasiat-daun-kemangi-/267283926787052)
  9. KHASIAT DAUN KEMANGi (https://web.facebook.com/panduaninginhamil/posts/633715109974791)
  10. Manfaat Daun Kemangi Untuk Kesehatan (http://bidanku.com/manfaat-daun-kemangi-untuk-kesehatan)
  11. Manfaat Dan Khasiat Daun Kemangi (http://manfaattumbuhanbuah.blogspot.com/2013/12/manfaat-dan-khasiat-daun-kemangi.html)
  12. Pengertian Radikal Bebas dan Bagaimana Efeknya Terhadap Tubuh! (http://sudut-bacaan.blogspot.com/2013/08/pengertian-radikal-bebas-dan-bagaimana.html)


Anda bisa request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com

No comments:

Post a Comment