15 Cara Memutihkan Gigi Kuning Secara Alami Dengan Cepat dan Mudah

loading...

Gigi putih merupakan dambaan setiap orang. Sebab gigi adalah salah satu hal yang paling sering dilihat ketika kita berbicara. Warna gigi juga melambangkan kebersihan. Jika giginya kuning, maka banyak yang beranggapan bahwa orang itu jorok dan jarang gosok gigi. Cara memutihkan gigi sebenarnya tidak terlalu sulit. Berikut adalah tips memutihkan gigi kuning secara alami dengan cepat dan mudah. Langsung saja kita simak yang pertama:

15 Cara Memutihkan Gigi Kuning Secara Alami Dengan Cepat dan Mudah

1. Rutin Menggosok Gigi

Jika Anda merasa jarang sikat gigi, sebaiknya lakukanlah segera. Sikatlah gigi pagi setelah makan dan malam sebelum tidur. Usahakan menggunakan pasta gigi yang bisa memutihkan gigi. Hindari makan atau minum kopi setelah sikat gigi supaya sisa makanan tersebut tidak menempel terlalu lama di gigi.

2. Menyikat Gigi dengan Siwak

Siwak atau miswak adalah dahan atau akar dari pohon Salvadora persica. Fungsinya mirip seperti sikat gigi karena pada ujungnya terdapat bulu seperti bulu sikat gigi. Siwak dikenal dapat membersihkan gigi, gusi, dan mulut.

3. Mengkonsumsi Buah Apel

Buah apel berfungsi sebagai pembersih gigi alami. Ketika apel digigit, kelenjar air liur akan terangsang keluar untuk membunuh bakteri. Apel juga dapat membersihkan tumpukan plak dan sisa-sisa makanan. Maka dari itu, mulailah mengonsumsi buah apel setelah makan.

4. Menggosok Gigi dengan Bubuk Biji Pinang

Biji pinang dapat membersihkan gigi dan membuat gigi menjadi lebih kuat. Gunakan biji pinang yang sudah tua. Kemudian bakar biji pinang tersebut dan tumbuk hingga halus. Lalu campurkan bubuk biji pinang tersebut dengan air dan gosokkan ke gigi. Gosok dengan lembut supaya lapisan email pada gigi tidak rusak.

5. Berhenti Merokok

Kandungan nikotin pada rokok dapat menempel di gigi dan bahkan menyatu dengan gigi. Menempelnya zat tersebut dapat menyebabkan gigi menjadi berwarna kuning atau bahkan kecoklatan. Berhentilah merokok supaya gigi tidak semakin kuning.

6. Kurangi Mengonsumsi Kopi dan Teh

Kandungan kafein pada kopi dan teh juga dapat membuat gigi berwarna kuning. Maka dari itu, kurangi mengonsumsi kopi dan teh. Jika biasanya Anda minum kopi atau teh setiap pagi dan siang, maka kurangi menjadi setiap pagi atau siang.

7. Cara Memutihkan Gigi dengan Stroberi

Stroberi juga dapat memudarkan warna kuning pada gigi sehingga gigi tampak lebih putih. Haluskan terlebih dahulu stroberi kemudian gosokkan pada gigi setiap hari sebelum menyikat gigi. Anda harus menyikat gigi setelah menggunakan stroberi ini supaya kandungan gula pada stroberi hilang. Gula yang dibiarkan terlalu lama menempel di gigi dapat membuat gigi berlubang.

8. Cara Memutihkan Gigi dengan Minyak

Minyak kelapa dan minyak biji bunga matahari ternyata dapat menarik kotoran pada gigi. Anda cukup berkumur dengan minyak tersebut sebentar setiap pagi.

9. Cara Memutihkan Gigi dengan Kulit Jeruk

Kulit jeruk yang masih segar juga dapat memutihkan gigi. Cara menggunakannya adalah cukup dengan menggosok-gosokkan bagian putih kulit jeruk yang mengandung serat pada gigi yang kuning. Lakukan secara teratur. Cara ini tidak direkomendasikan bagi yang memiliki gigi sensitif, kandungan vitamin C pada kulit jeruk dapat membuat ngilu pada gigi sensitif.

10. Cara memutihkan Gigi dengan Arang Kayu

Cara ini cenderung menjadi paradoks karena kita memutihkan gigi justru dengan arang kayu yang sudah jelas dapat membuat semuanya menjadi berwarna hitam. Tetapi warna hitam pada arang kayu ternyata tidak permanen dan bisa hilang dari gigi kita. Justru arang kayu dapat menghilangkan warna kuning pada gigi. Gosokkan secara perlahan dan jangan terlalu berlebihan. Penggunaan arang kayu secara berlebihan justru dapat merusak email gigi dan membuat gigi menjadi sakit.

11. Cara Memutihkan Gigi dengan Lemon

Buah lemon mengandung asam sitrat yang dapat memutihkan gigi. Belah buah lemon menjadi beberapa bagian, kemudian gosoklah gigi dengan salah sato potongan lemon. Setelah itu kumur dengan air untuk membersihkan sisa-sisa lemon pada gigi.

12. Cara Memutihkan Gigi dengan Daun Salam

Daun salam juga dapat memutihkan gigi. Cara menggunakannya adalah dengan menjemur 6 lembar daun salam. Kemudian remas hingga hancur dan gosokkan ke gigi Anda. Lakukan setiap hari secara rutin.

13. Cara Memutihkan Gigi dengan Baking Soda

Baking soda juga dapat memutihkan gigi. Caranya dengan mencampurkan 3 sendok makan baking soda dengan satu sendok air. Lalu aduk hingga menjadi seperti pasta. Gunakan pasta tersebut sebagai pasta gigi Anda. Lakukanlah seminggu sekali. Jangan terlalu sering karena dapat mengikis lapisan email pada gigi.

14. Cara Memutihkan Gigi dengan Permen Karet

Permet karet bisa memutihkan gigi? Memang, ada beberapa jenis permen karet yang mampu memutihkan gigi. Namun pilihlah permen karet yang tidak mengandung gula dan mengandung xylitol. Kandungan xylitol pada permen karet dapat menjaga pH di dalam mulut supaya tidak terlalu asam.

15. Cara Memutihkan Gigi dengan Susu

Susu dan olahannya juga dapat memutihkan gigi. Kalsium pada susu dapat memutihkan dan menguatkan gigi. Jadi, mulailah menyukai mengonsumsi susu, yogurt, atau keju.


Sumber:

  1. 11 Cara Memutihkan Gigi Secara Alami Cepat dan Mudah! (http://inkesehatan.blogspot.com/2013/07/11-cara-memutihkan-gigi-secara-alami.html)
  2. 5 Cara Ampuh Memutihkan Gigi Kuning (http://kesehatangigi.blogspot.com/2014/08/5-cara-ampuh-memutihkan-gigi-kuning.html)
  3. Cara Memutihkan Gigi Kuning Secara Cepat dan Mudah (http://miynorie.blogspot.com/2014/12/cara-memutihkan-gigi.html)
  4. Cara Memutihkan Gigi Kuning Secara Alami Dengan Cepat (http://masterz-seo.blogspot.com/2014/10/cara-memutihkan-gigi-secara-alami.html)
  5. 4 Cara Memutihkan Gigi Yang Sudah Kuning Paling Nyata (http://aylacream.com/4-cara-memutihkan-gigi-yang-sudah-kuning-paling-nyata.html)


Anda bisa request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com

loading...

No comments:

Post a Comment