9 Jaringan pada Tumbuhan beserta Fungsinya

loading...

Jaringan tumbuhan adalah sekelompok sel tumbuhan yang memiliki struktur dan fungsi yang sama dan terikat oleh bahan antarsel membentuk suatu kesatuan pada tumbuhan. Jaringan pada tumbuhan dikelompokkan menjadi dua jenis yaitu jaringan meristem dan jaringan dewasa. Jaringan meristem ada jaringan yang sel-selnya dapat membelah. Sedangkan jaringan dewasa adalah jaringan yang sel-selnya telah mengalami diferensiasi dan spesialisasi sesuai fungsinya. Jaringan dewasa terdiri dari jaringan epidermis, jaringan gabus, jaringan parenkim, jaringan kolenkim, jaringan sklerenkim, xilem, dan floem. Selain itu, ada juga idioblas yang merupakan alat ekskresi tumbuhan. Berikut adalah penjelasan tentang jaringan-jaringan pada tumbuhan beserta fungsinya. Langsung saja kita simak yang pertama:

Baca juga: 5 Susunan Anatomis Jaringan Permanen

Jaringan meristem pada ujung akar

1. Jaringan Meristem

Baca juga: 13 Ciri-Ciri Jaringan Meristem

Jaringan meristem adalah jaringan yang sel-selnya dapat membelah dan diperbanyak. Jaringan ini biasa ditemukan di ujung batang, ujung akar, di bawah kulit kayu, di tepi ruas atau buku, dan pada tangkai daun. Jaringan ini juga dapat diperbanyak secara in vitro. Fungsi jaringan meristem adalah untuk melakukan pembelahan sel serta menumbuhkan akar dan batang. Terdapat dua jenis jaringan meristem yaitu meristem primer (berada di ujung akar dan batang) dan meristem sekunder (terdapat pada jaringan yang sudah mengalami diferensiasi misalnya kambium).

2. Jaringan Epidermis

www.mantis.cz/mikrofotografie

Jaringan epidermis adalah jaringan yang melapisi bagian paling luar pada tumbuhan sehingga organ dalam tumbuhan tidak bersentuhan langsung dengan dunia luar. Jaringan ini terdiri dari selapis sel yang tersusun sangat rapat. Fungsi jaringan epidermis adalah untuk melindungi tumbuhan dari pengaruh dari luar serta membantu “pernapasan” pada tumbuhan karena terkadang jaringan epidermis memiliki stomata. Jaringan epidermis juga dapat berdiferensiasi menjadi beberapa fungsi seperti duri (spina), stomata, trikomata, velamen, dan sel kersik.

3. Jaringan Gabus

Jaringan gabus adalah jaringan dengan wujud seperti gabus yang tersusun dari sel-sel felogen. Pada bagian dalam merupakan sel hidup yang disebut feloderm sedangkan pada bagian luar merupakan sel mati yang disebut felem. Jaringan gabus menggantikan epidermis yang telah rusak. Fungsi jaringan gabus  adalah untuk melindungi jaringan lain supaya tidak kehilangan banyak air.

4. Jaringan Parenkim

Jaringan parenkim adalah jaringan tumbuhan yang terdapat di hampir semua bagian tumbuhan sehingga jaringan ini juga disebut jaringan dasar. Akar, batang, daun, dan buah tersusun sebagian besar atas jaringan parenkim. Sel penyusunnya berukuran besar, tipis, lentur, umumnya berbentuk segi enam, memiliki banyak vakuola, memiliki ruang antar sel, dan dapat membelah diri. Letak jaringan ini biasanya di dalam jaringan epidermis. Fungsi jaringan parenkim bermacam-macam sesuai pengelompokannya seperti melakukan fotosintesis, menyumpan cadangan makanan, menyimpan air, sebagai alat transportasi, penyimpan udara, dan menutup luka pada tumbuhan.

5. Jaringan Kolenkim

Jaringan kolenkim

Jaringan kolenkim adalah jaringan penguat (penyokong) yang dinding selnya mengalami penebalan selulosa yang tidak merata. Jaringan ini jarang terdapat pada akar dan tidak terdapat pada tumbuhan monokotil karena telah terdapat jaringan sklerenkim sejak muda. Bentuk sel penyusunnya sedikit memanjang dan memiliki dinding sel yang lnak dan lentur. Fungsi jaringan kolenkim adalah untuk menyokong batang, akar, dan daun muda tanpa menghalangi pertumbuhannya serta menjaga kelenturan tumbuhan.

6. Jaringan Sklerenkim

Jaringan sklerenkim

Jaringan sklerenkim adalah jaringan penguat (penyokong) yang tersusun atas sel-sel mati. Dinding sel pada jaringan ini sangat kuat, tebal, dan mengandung lignin (komponen penguat kayu). Jaringan sklerenkim terdapat pada bagian tumbuhan yang sudah dewasa dan tidak mengalami pertumbuhan dan perkembangan seperti tempurung kelapa. Fungsi jaringan sklerenkim adalah untuk menguatkan bagian tumbuhan yang sudah dewasa. Jaringan ini terbagi menjadi dua jenis yaitu serabut dan sklereid.

7. Xilem

Xilem atau xylem adalah jaringan pengangkut yang berfungsi untuk menyalurkan air dan zat hara mineral dari akar ke daun. Dinding selnya mengalami penebalan zat lignin. Sel penyusun xilem umumnya telah mati. Fungsi xilem adalah untuk mengangkut air dan mineral dari akar ke daun untuk selanjutnya dilakukan fotosintesis serta berfungsi untuk menyokong tubuh tumbuhan.

xilem dan floem

8. Floem

Floem atau pembuluh tapis adalah jaringan pengangkut yang berfungsi mengedarkan hasil fotosintesis ke seluruh bagian tumbuhan. Floem tersusun atas sel-sel hidup dan mati. Floem terdiri dari unsur tapis, sel albumin, floem parenkimal, sel penggiring dan serat-serat floem. Fungsi floem adalah untuk mengedarkan hasil fotosintesis berupa karbohidrat ke seluruh bagian tumbuhan.

9. Jaringan Idioblas

Idioblas

Jaringan idioblas adalah alat ekskresi dan kelenjar. Jaringan ini sering disebut jaringan sekresi. Fungsi idioblas adalah sebagai alat ekskresi, kelenjar, dan alat sekresi pada tumbuhan. Salah satu idioblas adalah kelenjar nektaria yang menghasilkan nektar pada bunga. Zat yang disekresikan berupa getah yang terdiri dari sel resin, minyak, sel lendir, sel mirosin, dan sel penyamak.


Sumber:

Judul

Alamat

Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan http://softilmu.blogspot.com/2014/08/struktur-dan-fungsi-jaringan-tumbuhan.html
Jaringan http://id.wikipedia.org/wiki/Jaringan
JARINGAN PADA TUMBUHAN BESERTA FUNGSINYA LENGKAP http://www.materibiologi.com/jaringan-pada-tumbuhan-beserta-fungsinya-lengkap/
Jaringan Tumbuhan dan Macam macam Jaringan pada Tumbuhan http://www.belajarbiologi.com/2014/07/jaringan-tumbuhan-dan-macam-macam-jaringan-tumbuhan.html
BAB 2. JARINGAN TUMBUHAN http://fitri-smanda2.blogspot.com/2013/09/bab-2-jaringan-tumbuhan.html
Struktur Dan Fungsi Jaringan Tumbuhan http://glorybiology.blogspot.com/p/blog-page.html
Macam jaringan tumbuhan serta fungsi kegunaannya http://www.miung.com/2013/12/macam-jenis-contoh-jaringan-tumbuhan-fungsinya.html
Jaringan Permanen Pada Tumbuhan http://www.pintarbiologi.com/2014/11/jaringan-permanen-pada-tumbuhan.html


Anda bisa request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com

loading...

No comments:

Post a Comment