9 Manfaat Keanekaragaman Hayati (Materi Lengkap Biologi SMA X)

loading...
Kenekaragaman hayati memberi banyak sekali manfaat bagi kehidupan manusia. Misalnya kepulauan Maluku yang kaya akan rempah-rempah dan pulau Komodo yang mempunya spesies hewan endemik dan unik. Peran keanekaragaman hayati sangat banyak di berbagai bidang studi. Keanekaragman hayati juga menunjukkan kekayaan alam yang dimiliki bumi.
Bagian dari: Keanekaragaman Hayati (Materi Lengkap)
Peran Keanekaragaman Hayati Sebagai Sumber Pangan
Makanan tradisional Indonesia yang memanfaatkan keanekaragaman hayati.

1. Peran Keanekaragaman Hayati Sebagai Sumber Pangan

Sumber pangan bagi manusia selalu berasal dari hewan dan tumbuhan. Manusia juga tidak dapat mensintesis makanannya sendiri, maka dari itu manusia sangat bergantung pada keanekaragaman hayati. Di dunia terdapat ratusan jenis tumbuhan (contoh: padi, jagung, sagu, dan ketela) dan hewan (contoh: sapi, ayam, babi, dan ikan) yang dapat dijadikan sumber pangan. Sumber-sumber pangan tersebut diolah melalui pertanian dan peternakan. Beberapa jenis tumbuhan seperti rempah-rempah juga sering dijadikan bumbu tradisional. Daun pandan dan kunyit dapat digunakan sebagai zat pewarna alami pada makanan. Manusia juga dapat memakan beberapa jenis fungi (jamur). Bakteri juga dapat dimanfaatkan untuk melakukan fermentasi pada bahan pangan. Namun tidak semua keanekaragaman hayati dapat dijadikan bahan pangan karena beberapa ada yang beracun dan mematikan bagi manusia.

2. Peran Keanekaragaman Hayati Sebagai Sumber Sandang

Peran Keanekaragaman Hayati Sebagai Sumber Sandang
Tas kulit adalah salah satu contoh pemanfaatan keanekaragaman hayati dalam sandang.
Sandang (pakaian) terbuat dari kain, kain terdiri dari tenunan benang, dan benang sebagian besar berasal dari kapas. Pohon kapas sering dijadikan bahan utama untuk membuat pakaian. Pakaian tradisional dan aksesorisnya juga kebanyakan berasal dari keanekaragaman hayati seperti bulu merak, tulang, bulu burung, dan kulit kayu. Dedaunan juga sering digunakan sebagai pakaian pada orang pedalaman. Saat ini, kulit hewan sering dijadikan bahan pembuatan tas, dompet, dan ikat pinggang. Bahkan bulu domba dapat dijadikan bahan pembuatan kain wol.

3. Peran Keanekaragaman Hayati Sebagai Sumber Papan

Peran Keanekaragaman Hayati Sebagai Sumber Papan
Rumah tradisional yang memanfaatkan keanekaragaman hayati.
Tempat tinggal atau rumah tradisional sebagian besar berbahan baku dari keanekaragaman hayati seperti kayu jati, mahoni, dan bambu. Bahkan atapnya ada yang masing menggunakan alang-alang. Kayu jati juga menjadi bahan baku pembuatan furniture. Rajutan rotan juga dapat digunakan sebagai dinding rumah tradisional.

4. Peran Keanekaragaman Hayati Sebagai Bahan Obat-Obatan

Peran Keanekaragaman Hayati Sebagai Bahan Obat-Obatan
Gambar seorang gadis membawa jamu. Jamu adalah obat tradisional yang memanfaatkan keanekaragaman hayati.
Jamu adalah obat tradisional asal Indonesia yang menggunakan kekayaan hayati tumbuhan sebagai bahan bakunya. Jamu alami memiliki banyak khasiat dan memiliki efek samping yang sedikit. Indonesia memiliki hampir 1000 spesies tanaman obat.

5. Peran Keanekaragaman Hayati Sebagai Bahan Kosmetik

Lulur adalah kosmetik alami yang berasal dari Indonesia. Indonesia juga memiliki beragam ramuan pewangi, kosmetik, dan sampo yang terbuat dari bahan alami.

6. Peran Keanekaragaman Hayati Sebagai Sumber Pendapatan

Jika dikelola dengan baik, keanekaragaman hayati dapat dijadikan sebagai sumber pendapatan yang berkelanjutan. Indonesia memiliki kekayaan keanekaragaman hayati yang seharusnya membawa kemajuan jika dikelola dengan baik.

7. Peran Keanekaragaman Hayati Sebagai Penyeimbang Lingkungan

Ini adalah yang terpenting, karena setiap spesies makhluk hidup pasti berperan dalam sebuah ekosistem. Jadi jika ada satu saja yang punah, maka hal itu akan mengganggu makhluk hidup lain yang bergantung padanya. Misalnya jika ular sawah terus diburu dan dibunuh, maka populasi tikus sawah akan berkembang pesat karena tidak ada yang memakannya. Akibatnya hasil panen padi terus menurun karena diserang hama tikus.

8. Peran Keanekaragaman Hayati Sebagai Sumber Ilmu Pengetahuan dan Penelitian

Biologi adalah pelajaran yang memiliki bidang yang sangat luas. Masih banyak spesies makhluk hidup di Indonesia atau di dunia yang belum teridentifikasi. Beberapa manfaat makhluk hidup di dunia juga masih menjadi misteri sehingga harus dilakukan banyak sekali penelitian lebih lanjut. Pada akhirnya ilmu pengetahuan berkembang dan bermanfaat bagi kehidupan manusia.

9. Peran Keanekaragaman Hayati Sebagai Sumber Keindahan

Peran Keanekaragaman Hayati Sebagai Sumber Keindahan
Bonsai adalah karya seni yang memanfaatkan keanekaragaman hayati. 
Keanekaragaman hayati juga dapat dijadikan sebuah karya seni. Taman adalah salah satu contohnya. kawasan Asia Timur juga memiliki seni merangkai tanaman yang disebut bonsai. Tumbuhan dan hewan juga kerap menjadi inspirasi para seniman.





Anda bisa request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com atau langsung saja lewat kolom komentar :)
loading...

No comments:

Post a Comment