6 Jaringan pada Kulit Manusia

loading...

Kulit adalah lapisan terluar dari tubuh manusia. Kulit merupakan organ terbesar dalam sistem integumen dan terdiri dari beberapa lapisan jaringan ektoderm. Kulit menutupi dan melindungi bagian dalam tubuh dari lingkungan luar. Struktur kulit manusia mirip dengan kebanyakan struktur kulit mamalia, hanya saja pada manusia tidak sepenuhnya ditutupi bulu (rambut). Kulit manusia hanya berisi folikel rambut yang jarang. Kulit tersusun atas beberapa jaringan. Berikut adalah enam jaringan yang terdapat pada kulit manusia. Langsung saja kita simak yang pertama:

Baca juga: 20 Bagian-Bagian Kulit dan Fungsinya

Jaringan pada Kulit Manusia

1. Jaringan Ektoderm

Baca juga: Gambar Anatomi Kulit Berbahasa Indonesia

Jaringan ektoderm adalah jaringan yang menyusun epidermis, yakni lapisan terluar kulit. Jaringan ini merupakan salah satu jaringan awal pada awal pembentukan embrio.

2. Jaringan Parut

Jaringan parut adalah jaringan yang muncul di kulit akibat pembentukan jaringan fibrin (fibrosis). Jaringan ini biasa terdapat di bekas luka dan terbentuk selama proses penyembuhan luka. Warna jaringan ini biasanya lebih gelap/coklat dibandingkan bagian kulit yang lain.

3. Jaringan Ikat

Baca juga: Jaringan Ikat (Materi Lengkap SMA XI)

Jaringan ikat adalah jaringan yang mendukung, mengikat, atau memisahkan jaringan lain yang berbeda. Jaringan ikat pada kulit banyak terdapat serat elastin yang membuat kulit menjadi elastis. Jaringan ikat mengikat lapisan epidermis dan dermis.

4. Jaringan Ikat Longgar

Jaringan ikat longgar (jaringan ikat areolar) adalah jaringan ikat yang berisi jaringan areolar, jaringan retikuler, dan jaringan adiposa. Jaringan ini membentuk lekukan (papila) pada kulit dan sidik jari.

5. Jaringan Subkutaneus

Jaringan subkutan atau hipodermis adalah salah satu dari tiga lapisan utama kulit. Pada jaringan ini terdapat beberapa jenis sel seperti fibroblas, adiposa, lemak, dan makrofag. Pada jaringan ini terdapat banyak lemak dan pembuluh darah. Pada jaringan inilah lemak ditimbun dalam tubuh.

6. Jaringan Lunak

Baca juga: 11 Fungsi Kulit Manusia

Jaringan lunak adalah jaringan yang memberikan dukungan mekanik pada kulit ketika diregangkan. Jaringan ini membuat kulit menjadi seperti “pakaian renang” yang melekat pas pada tubuh dan dapat mengikuti gerakan dan regangan tubuh.


Anda bisa request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com

loading...

No comments:

Post a Comment