3 Fungsi Trakea pada Sistem Pernapasan Manusia

Trakea adalah sebuah tabung dalam sistem pernapasan pada manusia yang panjangnya sekitar 5 inci yang terbuat dari tulang rawan. Trakea menghubungkan antara laring dengan bronkus. Diameternya sekitar 20-25 mm dan panjang sekitar 10-16 cm. Terdapat sekitar 20 cincin tulang rawan berbentuk seperti huruf C yang mengelilingi trakea. Saat menarik napas, trakea sedikit memanjang dan melebar. Saat menghembuskan napas, trakea akan kembali normal. Berikut adalah beberapa fungsi trakea pada sistem pernapasan pada manusia. Langsung saja kita simak yang pertama:

Baca juga: 6 Bagian Paru-Paru dan Fungsinya
fungsi trakea 1 fungsi trakea 2

1. Menyediakan Akses Saluran Pernapasan

Fungsi utama trakea adalah untuk menyediakan saluran pernapasan sehingga udara bisa masuk dan keluar dari paru-paru. Jika trakea tersebut tersumbat, maka udara tidak bisa masuk ke paru-paru dengan baik. Ini sangat berbahaya dan bahkan dapat menyebabkan kematian.

2. Mencegah Benda Asing Masuk ke Paru-Paru

Benda asing seperti debu, partikel kecil, atau bahkan makanan bisa saja masuk ke dalam paru-paru. Hal tersebut sangat berbahaya karena dapat menyumbat saluran pernapasan. Namun, trakea dapat mengeluarkan benda asing tersebut.

Jaringan epitel yang melapisi bagian dalam trakea menghasilkan lendir yang dapat menangkap debu dan partikel kecil. Epitel ini juga bersilia. Fungsi silia adalah untuk mendorong benda asing supaya dapat keluar dari trakea berupa dahak dan masuk ke sistem pencernaan atau keluar dari mulut.

Trakea juga memiliki otot trakhealis yang berguna untuk menimbulkan batuk saat ada makanan yang masuk ke dalam trakea. Batuk tersebut akan menghasilkan tekanan yang dapat membuat makanan terdorong keluar dari trakea.

3. Menjaga Suhu Udara yang Masuk ke Paru-Paru

Trakea dapat melembabkan dan menghangatkan udara yang masuk ke dalam paru-paru. Hal ini berguna untuk menjaga keseimbangan suhu tubuh. Fungsi ini disebut termoregulasi.


Sumber:

Judul

Alamat

Fungsi Trakea Pada Sistem Pernafasan http://budisma.net/2015/01/fungsi-trakea-pada-sistem-pernafasan.html
Trakea http://id.wikipedia.org/wiki/Trakea
Sebutkan fungsi Trakea pada manusia http://fungsi.web.id/2014/11/sebutkan-fungsi-trakea-pada-manusia.html
Fungsi Trakea Manusia http://tatangsma.com/2014/10/fungsi-trakea-manusia.html
Fungsi Trakea pada sistem Pernapasan http://www.biologi-sel.com/2013/06/fungsi-trakea-pada-sistem-pernapasan.html


Anda bisa request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com

1 comment:

  1. tolong jelaskan apa yang terjadi dengan bentuk trakea ketika seseorang menelan seteguk besar makanan?

    ReplyDelete