6 Bagian Paru-Paru dan Fungsinya

loading...

Paru-Paru adalah organ yang berfungsi sebagai alat pernapasan. Organ ini sangat vital karena hewan (termasuk manusia) tidak dapat hidup tanpa oksigen. Oksigen sangat penting untuk proses respirasi di mitokondria pada sel sehingga dapat menghasilkan energi untuk beraktivitas. Paru-paru terdiri dari beberapa bagian. Berikut adalah bagian paru-paru dan fungsinya. Langsung saja kita simak yang pertama:

6 Bagian Paru-Paru dan Fungsinya

1. Bronkus

Bronkus adalah batang bercabang yang menghubungkan paru-paru kiri, paru-paru kanan, dan trakea. Bronkus tersusun atas tulang rawan, lapisan mukosa, dan otot polos. Tulang rawan berfungsi sebagai rangka bronkus, lapisan mukosa menghasilkan lendir untuk menjebak partikel asing yang akan memasuki paru-paru, dan otot polos membuat kita dapat bernapas secara otomatis tanpa disadari.

2. Bronkiolus

Baca juga: 10 Fungsi Paru-Paru

Bronkiolus adalah cabang dari bronkus yang bermuara ke alveolus. Struktur bronkus tidak memiliki tulang rawan, memiliki silia, dan di bagian ujung terdiri dari jaringan epitelium berbentuk kubus bersilia.

3. Alveolus

Alveolus adalah tempat melakukan pertukaran antara oksigen dan karbon dioksida secara difusi. Struktur alveolus terdiri dari selaput tipis dan terdapat banyak kapiler darah. Di alveolus darah akan melepaskan karbon dioksida ke udara dan mengambil oksigen dari udara.

4. Pleura

Pleura adalah selaput yang melapisi paru-paru. Strukturnya seperti kantong serta halus dan licin. Fungsi pleura adalah untuk mengurangi gesekan saat paru-paru mengembang atau mengempis. Pleura terdiri dari dua lapisan yaitu pleura parietal dan pleura viseral. Terdapat sedikit cairan yang mengandung glikosaminoglikan diantara kedua lapisan tersebut.

Baca juga: Paru-Paru Manusia Terdiri Dari Apa Saja?

Selain bagian yang terdapat pada paru-paru, berikut adalah 2 bagian yang sering disebut sebagai bagian dari paru-paru:

5. Diafragma

Diafragma adalah otot berserat yang menjadi pembatas antara rongga dada dan rongga perut. Diafragma juga berperan penting dalam proses pernapasan perut. Diafragma tersusun atas otot, pembuluh darah, dan saraf yang disebut saraf frenikus.

6. Trakea (Tenggorokan)

Trakea adalah tabung dengan panjang sekitar 5 inci yang menghubungkan laring dengan bronkus. Trakea tersusun atas tulang rawan hialin berbentuk seperti huruf C dan dilapisi oleh epitel bersilia. Fungsi trakea adalah sebagai saluran pernapasan. Silia yang terdapat dalam sel epitel berfungsi untuk menangkap partikel asing dan membawanya ke faring sehingga dapat masuk ke sistem pencernaan.


Sumber:

Judul

Alamat

Paru-Paru (Artikel Lengkap) http://hedisasrawan.blogspot.com/2013/03/paru-paru-artikel-lengkap.html
Anatomi Bronkus dan Fungsinya http://www.sridianti.com/anatomi-bronkus-dan-fungsinya.html
Apa bagian-bagian paru-paru dan fungsinya? http://brainly.co.id/tugas/500688
PLEURA, fungsi http://www.klikparu.com/2013/07/pleura-fungsi.html
Mekanisme Pernapasan dada dan Perut http://www.artikelsiana.com/2014/09/mekanisme-pernapasan-dada-Pernapasan-perut.html
Fungsi Diafragma http://www.biologi-sel.com/2013/06/fungsi-diafragma.html


Anda bisa request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com

loading...

6 comments: