14 Alat Reproduksi pada Manusia

loading...

Sistem reproduksi adalah suatu rangkaian dan interaksi organ dan zat dalam organisme yang dipergunakan untuk berkembang biak. Sistem reproduksi pada manusia berbeda menurut jenis kelaminnya. Fungsi sistem reproduksi adalah menghasilkan keturunan secara seksual. Berikut adalah penjelasan tentang alat-alat reproduksi pada manusia beserta gambar anatominya. Langsung saja kita simak yang pertama:

Baca juga: 25 Penyakit pada Sistem Reproduksi Manusia

Alat Reproduksi pada Pria

Alat Reproduksi pada PriaPria menghasilkan sperma yang merupakan sel kelamin jantan. Sperma diproduksi di testis. Tulang panggul, kandung kemih, sacrum, dan rektum tidak termasuk alat reproduksi pada pria. Berikut adalah alat reproduksi pada pria:

  1. Testis adalah sepasang organ kecil dengan diameter sekitar 5 cm (pada orang dewasa) dan berfungsi sebagai tempat memproduksi sel kelamin jantan (spermatozoa) dan hormon kelamin jantan (testosteron). Testis terdiri dari tubulus seminiferus yang merupakan tempat melakukan meiosis sperma.
  2. Epididimis adalah saluran yang melekat pada bagian belakang testis. Fungsi epididimis adalah menahan tempat testis dan untuk menyimpan sperma selama proses pematangan.
  3. Skrotum adalah kantong testis. Fungsi skrotum adalah untuk melindungi testis dan menjaga suhu testis. Skrotum dapat mengeriput dan mengencang serta mengeluarkan keringat.
  4. Vas deferens adalah saluran yang berfungsi menyalurkan sperma dari epididimis saat terjadi ejakulasi.
  5. Vesikula seminalis adalah penghasil mani/semen yang mengandung fruktosa sebagai sumber makanan bagi sperma.
  6. Kelenjar prostat adalah kelenjar yang menghasilkan getah yang berperan untuk kelangsungan hidup sperma. Getah tersebut mengandung kolesterol, garam, dan fosfolipid.
  7. Kelenjar borbouretral (kelenjar cowper) adalah kelenjar yang menghasilkan cairan cowper. Cairan cowper ini adalah cairan berupa lendir yang berfungsi sebagai pelumas saat melakukan hubungan seksual.
  8. Uretra adalah saluran yang menyalurkan urin (dari kandung kemih) dan sperma ke luar tubuh. Uretra juga merupakan bagian dari sistem ekskresi pada manusia.
  9. Penis adalah organ yang berfungsi untuk mengantarkan sperma ke rahim wanita saat melakukan hubungan seksual. Penis akan mengeras ketika ereksi. Di bagian kepala penis (ujung penis) terdapat lubang yang disebut meatus. Dari meatus itulah sperma dan urin keluar

Alat Reproduksi pada Wanita

alat reproduksi pada wanita

Wanita menghasilkan ovum (sel telur) yang merupakan sel kelamin betina. Ovum diproduksi di ovarium. Kandung kemih, tulang panggul, rektum, dan anus tidak termasuk alat reproduksi pada wanita. Gambar di sebelah kanan adalah gambar proses pembentukan ovum yang tidak kami jelaskan disini. Berikut adalah alat reproduksi pada wanita:

  1. Ovarium adalah organ yang berfungsi untuk menghasilkan sel telur (ovum), hormon estrogen, dan hormon progesteron. Ovarium terdiri dari sepasang dan terhubung dengan rahim melalui tuba falopi.
  2. Tuba falopi adalah saluran sepanjang 7-14 cm yang menghubungkan ovarium dengan rahim. Fungsi tuba falopi adalah menghantarkan sel telur supaya bertemu dengan sperma dan terjadi fertilisasi.
  3. Rahim adalah tempat berkembangnya janin. Selain itu, menstruasi disebabkan oleh meluruhnya dinding rahim. Dinding rahim meluruh karena tidak ada sel telur yang dibuahi.
  4. Leher rahim adalah bagian bawah yang sempit dari uterus (rahim) di antara kandung kemih dan rektum. Leher rahim juga sering disebut serviks.
  5. Vagina adalah saluran berbentuk tabung yang menghubungkan uterus (rahim) ke bagian luar tubuh.


Sumber:

Judul

Alamat

Sistem Reproduksi pada Manusia (Artikel Lengkap) http://hedisasrawan.blogspot.com/2013/10/sistem-reproduksi-pada-manusia-artikel.html
Bab 2. Sistem Reproduksi Manusia https://unitedscience.wordpress.com/ipa-3/bab-2-sistem-reproduksi-manusia/
Epididimis http://kamuskesehatan.com/arti/epididimis/
Fakta Menarik tentang Skrotum http://health.liputan6.com/read/2028085/fakta-menarik-tentang-skrotum
Vas deferens http://en.wikipedia.org/wiki/Vas_deferens
Vas deferens http://id.wikipedia.org/wiki/Vas_deferens
MAKALAH "Vesikula Seminaris" http://zangpriboemi.blogspot.com/2012/09/makalah-vesikula-seminaris.html
kelenjer cowperi https://marwahadinda2010.wordpress.com/2012/12/20/kelenjer-cowperi/
Fungsi dan Anatomi Penis http://www.seksualitas.net/fungsi-dan-anatomi-penis.htm
Pengertian Fungsi Tubulus seminiferus http://www.sridianti.com/pengertian-fungsi-tubulus-seminiferus.html
Pengertian Ovarium http://www.ilmudokter.com/2014/05/pengertian-ovarium.html
cara alami mengobati tuba fallopi https://caraalamimengobatitubafallopi.wordpress.com/
Rahim http://www.rider-system.net/2011/11/rahim.html
Pengertian leher rahim http://majalaremaja.blogspot.com/2012/08/pengertian-leher-rahim.html

Sumber gambar: likebiology.blogspot.com dan likebiology.blogspot.com

Dengan bantuan terjemahan dari Google Translate.


Anda bisa request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com

loading...

No comments:

Post a Comment