7 Ciri-Ciri Kingdom Animalia

loading...

Kingdom Animalia adalah organisme multiseluler eukariotik. Kingdom ini juga disebut metazoa. Semua hewan adalah motile yang berarti dapat bergerak secara spontan dan sesuai kehendak. Semua hewan adalah heterotrof. Hewan harus memangsa organisme lain demi keberlangsungan hidupnya. Berikut adalah ciri-ciri kingdom animalia. Langsung saja kita simak yang pertama:

7 Ciri-Ciri Kingdom Animalia

Sumber gambar: pixabay.com

1. Multiseluler

Multiseluler berarti memiliki banyak (lebih dari satu) sel. Semua hewan memiliki lebih dari satu sel. Sel-sel tersebut telah terspesialisasi sesuai fungsinya masing-masing. Seperti sel di paru-paru berbeda dengan sel saraf di otak. Sifat multiseluler ini sama seperti yang dimiliki kingdom plantae.

2. Eukariotik

Eukariotik berarti memiliki membran inti. Membran inti adalah membran yang membatasi inti sel dengan sitoplasma. Sehingga kingdom animalia memiliki inti sel. Fungsi inti sel sangat penting karena menyimpan kromosom yang berisi DNA. DNA ini berfungsi untuk mengatur segala aktivitas di dalam sel dan sebagai tempat menyimpan gen. Organisme yang juga eukariotik adalah kingdom protista, kingdom plantae, dan kingdom fungi.

3. Tidak Memiliki Dinding Sel

Sel hewan tidak memiliki dinding sel. Dinding sel hanya dimiliki oleh sel tumbuhan.

4. Heterotrof

Heterotrof berarti tidak dapat membuat makanannya sendiri karena tidak memiliki klorofil. Sehingga hewan mendapatkan makanan dengan memangsa organisme lain. Bisa saja itu hewan lain, tumbuhan, atau jamur. Hanya kingdom plantae yang bersifat autotrof (dapat membuat makanannya sendiri).

5. Motile

Motil berarti mampu bergerak dengan sendirinya. Hal ini dimungkinkan karena hewan memiliki otot lurik yang mampu bergerak spontan dan sesuai kehendak. Sebagian besar jenis hewan juga memiliki kaki yang berguna untuk memindahkan tubuh hewan dengan cepat. Beberapa jenis protista juga bersifat mortile.

6. Memerlukan Oksigen Saat Respirasi

Kingdom animalia melakukan respirasi aerob di mitokondria sel yang memerlukan oksigen. Oksigen berperan sebagai penerima elektron saat pembentukan ATP yang merupakan sumber energi utama bagi hewan. Meskipun hewan sedikit melakukan respirasi anaerob (tidak memerlukan oksigen), namun respirasi tersebut tidak menghasilkan energi dan hanya terjadi di sel otot saat melakukan kerja berat seperti berlari.

7. Mencerna Makanan

Karena hewan tidak dapat membuat makanannya sendiri, maka hewan harus mendapatkan makanan dengan memangsa organisme lain. Sehingga hewan harus memiliki sistem pencernaan makanan yang berfungsi untuk memecah makanan, menyerap sari-sari makanan, dan membuang sisa-sisa makanan. Proses pencernaan pada hewan berbeda tergantung pada jenisnya.


Sumber:

Judul

Alamat

Animal http://en.wikipedia.org/wiki/Animal
Kingdom Animalia https://aslam02.wordpress.com/materi/kelas-x-2/kingdom-animalia/
Kingdom Animalia (Hewan) : Pengertian, Klasifikasi, Ciri-ciri, Reproduksi http://perpustakaancyber.blogspot.com/2012/12/kingdom-animalia-hewan-pengertian-ciri-ciri-klasifikasi-reproduksi.html
Apa itu Nukleus? Bentuk, Jenis & 6 Fungsi Inti Sel http://www.amazine.co/26161/apa-itu-nukleus-bentuk-jenis-6-fungsi-inti-sel/?PageSpeed=noscript
motil http://id.termwiki.com/ID/motile_%E2%82%82
Bagaimana Proses Respirasi Eukariotik dan Prokariotik? http://hedisasrawan.blogspot.com/2015/02/bagaimana-proses-respirasi-eukariotik.html


Anda bisa request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com

loading...

No comments:

Post a Comment