Pengertian Globalisasi (Artikel Lengkap)

loading...

Globalisasi adalah proses integrasi internasional yang terjadi akibat pertukaran pandangan dunia, produk, pemikiran, dan aspek-aspek kebudayaan lainnya. Kemajuan teknologi transportasi dan informasi telah memicu globalisasi. Globalisasi diartikan sebagai suatu proses dimana batas-batas suatu negara menjadi semakin sempit karena kemudahan interakasi antar negara baik dalam bidang informasi, perdagangan, teknologi, gaya hidup, dll. Ada juga pihak yang menyatakan bahwa definisi globalisasi adalah proses hilangnya batas ruang dan waktu akibat kemajuan teknologi informasi. Meski banyak pihak yang mengatakan bahwa globalisasi terjadi di era modern, namun ada beberapa hasil penelitian yang menunjukan bahwa sebenarnya globalisasi sudah terjadi sejak milenium ketiga sebelum masehi.

pengertian globalisasi

1. Asal Mula Kata Globalisasi

Etimologi globalisasi berasal dari kata serapan bahasa Inggris globalization. Globalization berasal dari kata global yang berarti “universal” dan mendapat imbuhan –ization yang berarti “proses”. Sehingga secara harfiah globalisasi adalah proses menuju universal. Theodore Levitte adalah orang yang pertama kali menggunakan istilah globalization pada tahun 1985. Kemudian penggunaan istilah tersebut semakin marak pada pertengahan tahun 1990-an.

2. Pengertian Globalisasi Menurut Para Ahli

Berikut adalah beberapa pengertian globalisasi menurut para ahli:

  1. Menurut Malcom Waters, globalisasi adalah sebuah proses sosial yang berakibat bahwa pembatasan geografis pada keadaan sosial budaya menjadi kurang penting, yang terjelma di dalam kesadaran orang.
  2. Menurut John Huckle, globalisasi adalah sebuah proses dengan kejadian, keputusan, dan kegiatan di salah satu bagian dunia yang menjelma menjadi sebuah konsekuensi signifikan bagi seluruh masyarakat di daerah yang jauh.
  3. Menurut Immanuel Wallerstein, globalisasi adalah representasi dari kemenangan kapitalis terhadap ekonomi dunia yang diikat bersama oleh divisi kerja secara global.
  4. Menurut Selo Soemardjan, globalisasi adalah suatu proses terbentuknya sistem organisasi dan komunikasi antarmasyarakat di seluruh dunia.
  5. Menurut Laurence E. Rothenberg, globalisasi adalah percepatan dan intensifikasi interaksi dan integrasi antara orang-orang, perusahaan, dan pemerintahan dari negara yang berbeda.


Sumber:

Judul

Alamat

Globalisasi http://id.wikipedia.org/wiki/Globalisasi
Pengertian Globalisasi, LENGKAP!!! http://www.zonasiswa.com/2014/05/pengertian-globalisasi-lengkap.html
PENGERTIAN GLOBALISASI http://www.lebahmaster.com/lainnya/pengerian-kata/pengertian-globalisasi
Pengertian Globalisasi http://globalisasiriva.blogspot.com/p/pengertian-globalisasi.html
Pengertian Globalisasi http://isma-ismi.com/pengertian-globalisasi.html
Pengertian Globalisasi Serta Pengaruh atau Dampak Globalisasi http://www.apapengertianahli.com/2014/09/pengertian-globalisasi-serta-pengaruh-dampak-globalisasi.html
Pengertian Globalisasi http://mengerjakantugas.blogspot.com/2009/05/pengertian-globalisasi.html
Globalization http://en.wikipedia.org/wiki/Globalization


Anda bisa request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com

loading...

No comments:

Post a Comment