5 Permasalahan yang Terjadi di Negara Maju

loading...

Setelah sebelumnya kita telah membahas tentang 10 Permasalahan yang terjadi di Negara Berkembang, kita sekarang akan membahas permasalahan yang terjadi di negara maju. Tidak hanya negara berkembang, negara maju pun mengalami permasalahan yang cukup kompleks dan berbeda dengan permasalahan di negara berkembang yang hanya disebabkan oleh kurangnya dana dan ketertiban di masyarakat. Nah, apa sajakah permasalahan yang terjadi di negara maju? Langsung saja kita simak yang pertama:

1. Kekurangan Tenaga Kerja

Umumnya negara maju memiliki jumlah penduduk yang rendah sehingga banyak industri di negara maju yang kekurangan tenaga kerja. Bahkan harus mengandalkan tenaga kerja dari luar negeri. Namun, hal ini mulai teratasi dengan penggunaan mesin-mesin pada industri yang membuat kebutuhan akan tenaga kerja menjadi berkurang.

2. Persaingan yang Tinggi

Di negara maju pastilah sangat susah untuk bersaing karena taraf hidup yang sangat tinggi dan penduduk yang sebagian besar sangat cerdas. Dalam membuka usaha pun ada persaingan inovasi, perang paten, dan persaingan ketat dengan kompetitor. Jadi, penduduk yang ingin hidup layak di negara maju harus benar-benar cerdas.

3. Kecanduan Akan Teknologi

Perkembangan teknologi sangat pesat di negara maju terutama pada alat komunikasi. Karena kecepatan akses internet di negara maju yang sangat tinggi, maka orang lebih memilih menggunakan layanan jejaring sosial untuk berkomunikasi. Masalahnya, banyak orang yang kini cenderung ‘kecanduan’ akan jejaring sosial dan menjadi individualis di dunia nyata.

4. Kerusakan Lingkungan

Karena lahan di negara maju sangatlah sempit, maka hutan pun menjadi dikorbankan. Namun, kini negara maju sudah mulai dapat menangani dampak kerusakan lingkungan tersebut.

5. Sosial Budaya Memudar

Sosial budaya mulai memudar pada masyarakat di negara maju dikarena kesibukan mereka dalam bekerja. Bahkan ada orang yang memilih untuk tidak menganut kepercayaan apapun. Kebudayaan di suatu daerah pun mulai ditinggalkan dan digantikan dengan gaya hidup modern.

Artikel bermanfaat lainnya:

  1. 10 Contoh Negara Maju dan Negara Berkembang

  2. Daftar Negara Maju dan Berkembang di Dunia

  3. Pengertian Negara Maju

  4. Peta Dunia Negara Maju dan Berkembang


Semoga bermanfaat, Tetap Semangat! | Catatan Harian

loading...

No comments:

Post a Comment