Artikel Tentang Yoga

loading...

Artikel Tentang YogaYoga berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti “penyatuan” yang bermakna “penyatuan dengan alam atau Sang Pencipta”. Yoga bukanlah sesuatu yang berhubungan dengan agama dan kepercayaan tertentu. Pengertian yoga adalah suatu kumpulan praktek-praktek latihan rohani kuno yang pertama kali dikembangkan di India. Yoga dibagi menjadi empat yaitu Bhakti Yoga, Jnana Yoga, Karma Yoga, dan Raja Yoga. Yoga kini telah terdiri dari berbagai macam jenis seiring dengan semakin populernya Yoga di dunia.

Ajaran Yoga dibangun oleh Maharsi Patanjali, dan merupakan ajaran yang sangat populer di kalangan umat Hindu. Ajaran yoga merupakan ilmu yang bersifat praktis dari ajaran Veda. Yoga berakar dari kata Yuj yang berarti berhubungan, yaitu bertemunya roh individu (atman/purusa) dengan roh universal (Paramatman / Mahapurusa). Maharsi Patanjali mengartikan yoga sebagai Cittavrttinirodha yaitu penghentian gerak pikiran.

Sastra Yogasutra yang ditulis oleh Maharsi Patanjali, yang terbagi atas empat bagian dan secara keseluruhan mengandung 194 sutra. Bagian pertama disebut: Samadhipada, sedangkan bagian kedua disebut: Sadhanapada, bagian ketiga disebut: Vibhutipada, dan yang terakhir disebut: Kailvalyapada.

Tujuan dari Yoga adalah untuk menjaga tubuh supaya tetap sehat dan bugar. Kegiatan Yoga dituntun oleh seorang pelatih yang menuntun dan melatih teknik pernapasan. Meditasi merupakan bagian penting dalam yoga. Tujuan utama Yoga adalah untuk mencapai Samadhi. Semadhi adalah keadaan di mana pikiran menjadi terpusat.

Banyak orang di dunia tertarik dengan Yoga karena bisa membuat tubuh dan pikiran menjadi rileks. Maka dari itu, banyak orang yang tertarik mengikuti pelatihan Yoga walaupun mereka bukan agama Hindu. Karena Yoga berlaku bagi setiap umat.

Karena Yoga adalah latihan untuk memusatkan pikiran, maka ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui sebelum melakukan Yoga:

  1. Yoga sebaiknya dilakukan pada pukul 05.30 sampai 06.30 pagi.
  2. Sebaiknya tidak makan minimal 3 jam sebelum latihan Yoga dan mulai makan sekitar setengah jam setelah melakukan Yoga.
  3. Pada saat Yoga hendaknya tidak berbicara sampai selesai, apalagi tertawa.
  4. Yoga dapat dilakukan oleh siapa saja tanpa memandang usia, ras, agama, dan kepercayaan.

Bila kita mengenal Karate atau Kungfu sebagai sebagai suatu tehnik untuk membela diri, maka Yoga merupakan suatu tehnik untuk mengenal diri. “Siapa yang mengenal dirinya, maka dia mengenal Tuhannya”. Yoga menyelaraskan tubuh fisik, pikiran dan jiwa. Pada tubuh fisik, yoga memberi efek kesehatan, keseimbangan, kekuatan dan vitalitas. Pada pikiran, yoga meningkatkan daya ingat, konsentrasi, menajamkan tingkat intelektual, menyeimbangkan emosi sehingga membuat hidup lebih kaya dan bahagia. Pada jiwa, yoga membawa kesadaran, kebebasan dan pencerahan.

Sumber:
1. Yoga (id.wikipedia.org)
2. Artikel Yoga :: Fakta-fakta Tentang Yoga (artikelyoga.blogspot.com)
3. Pengertian Yoga (artshangkala.wordpress.com)
4. samadhi (semangatdharma.blogspot.com)
5. Hal Penting Seputar Yoga (kamissore.blogspot.com)

Semoga bermanfaat, Tetap Semangat! | Catatan Harian
loading...

No comments:

Post a Comment