Kelangkaan SDA dapat Disebabkan Oleh Manusia Karena?

loading...

Kelangkaan SDA dapat Disebabkan Oleh Manusia KarenaSDA ada yang dapat diperbarui dan ada juga yang tidak dapat diperbarui. Sumber daya alam yang dapat diperbarui merupakan sumber daya alam yang berasal dari hewan dan tumbuhan. Sedangkan sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui kebanyakan merupakan bahan tambang. Selain itu, ada juga sumber daya alam yang tidak akan habis (tepatnya sangat lama habis) seperti air, udara, dan sinar matahari. Nah, sumber daya alam baik yang dapat diperbarui maupun yang tidak dapat diperbarui bisa mengalami kelangkaan. Penyebab kelangkaan tersebut kebanyakan disebabkan oleh manusia salah satunya adalah sebagai berikut:

  1. Keserakahan manusia dalam mengambil hasil tambang dapat menyebabkan sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui cepat habis. Seperti minyak bumi yang penggunaannya semakin meningkat tetapi cadangan minyak bumi di perut bumi kian menipis.
  2. Melakukan penebangan hutan secara berlebihan tanpa melakukan upaya reboisasi dapat menyebabkan langkanya hutan lindung di dunia. Hal ini cukup memprihatinkan mengingat hutan adalah paru-paru dunia.
  3. Perburuan liar yang semakin marak menyebabkan beberapa jenis hewan terancam punah dan mengakibatkan tidak seimbangnya ekosistem. Hal ini juga diperparah oleh penebangan hutan yang menyebabkan hilangnya habitat berbagai jenis hewan.
  4. Populasi manusia meningkat tajam. Dengan populasi manusia yang semakin meningkat maka kebutuhan akan tempat tinggal dan pangan pun semakin meningkat. Hal inilah yang menyebabkan hutan harus direlakan untuk ditebang dan dijadikan perumahan.
  5. Peningkatan populasi manusia yang tidak diseimbangkan dengan peningkatan kualitas manusia tersebut menyebabkan banyak terdapat lingkungan yang kumuh dan sangat merusak lingkungan. Akibatnya, air bersih dan udara bersih menjadi semakin langka. Hal ini diperparah dengan pembangunan pabrik yang tidak sesuai standar dan penggunaan kendaraan bermotor yang semakin meningkat.

Nah, marilah kita semua ikut menjaga kelestarian sumber daya alam supaya tidak menjadi langka. Salah satunya adalah dengan ikut melakukan aksi penghijauan lingkungan, mengurangi penggunaan kendaraan bermotor, membuang sampah pada tempatnya, dan mendukung program KB.


Semoga bermanfaat, Tetap Semangat! | Catatan Harian

loading...

No comments:

Post a Comment