10 Contoh Negara Maju dan Negara Berkembang

Negara MajuContoh Negara Maju

Sebagian besar negara maju berada di Amerika Utara dan Eropa. Di Asia yang termasuk negara maju adalah Jepang, Singapura, dan Korea Selatan. Negara yang memiliki kemajuan cukup pesat dalam bidang ekonomi adalah Amerika Serikat dan Jepang. profil kedua negara maju tersebut diuraikan pada Materi Pelajaran berikut ini.

Untuk melihat daftar lengkap negara maju dan berkembang, silakan baca artikel tentang Daftar Negara Maju dan Berkembang di Dunia.

peta Amerika Serikat1. Amerika Serikat

Negara Amerika Serikat memiliki beberapa sebutan, antara lain negara Adikuasa, negara Superpower, dan negara Paman Sam. Setelah Uni Soviet runtuh, Amerika Serikat menjadi satu-satunya negara Adikuasa di dunia. Amerika Serikat memiliki kekuatan ekonomi terbesar di dunia. Pendapatan per kapita penduduk mencapat 47.400 US Dollar. Kegiatan perekonomian Amerika Serikat dapat dijelaskan sebagai berikut.

a. Industri

Faktor-faktor yang memengaruhi kemajuan industri di Amerika Serikat antara lain:

  1. Kekayaan sumber daya alam melimpah
  2. Memiliki modal yang besar
  3. Memiliki potensi pasar nasional dan internasional
  4. Kualitas sumber daya manusia yang tinggi
  5. Memiliki teknologi yang tinggi
  6. Memiliki organisasi yang sudah teratur

industri di Amerika SerikatJenis dan lokasi industri penting di Amerika Serikat antara lain:

  1. Industri mobil, mesin-mesin, dan bahan kimia terletak di Detroit, Chicago, Cleveland, dan Buffalo.
  2. Industri pesawat terbang terletak di Los Angeles dan Akron.
  3. Industri tekstil terletak di George dan California.
  4. Industri minyak, kapal, alat listrik, dan kimia terdapat di Texas, New York, Baltimore, dan Philadelpia.
  5. Industri pengolahan hasil pertanian terdapat di St. Luis, Mineapolis, Kansas City, dan memphis.
  6. Industri besi baja terdapat di Pitssburg, Cleveland, Birmingham, dan Duluth.
  7. Industri tembaga terdapat di Anaconda.

perdagangan di Amerika Serikatb. Perdagangan

Kegiatan ekspor dan impor di Amerika Serikat berkembang dengan pesat. Barang-barang yang diekspor antara lain mesin-mesin, kapal laut, kapal terbang, besi baja, mobil, alat elektronik, senjata, makanan kaleng, susu, obat-obatan, jagung, gandum, kapas, dan wol. Barang-barang yang diimpor antara lain kayu, minyak bumi, gas alam, kopi, teh, gula, karet, cokelat, timah putih, dan bauksit.

c. Pertanian

pertanian di Amerika SerikatAmerika Serikat memiliki lahan pertanian yang luas, sekitar 47% dari luas daratannya. Pertanian di Amerika Serikat menggunakan teknologi modern. Tanaman yang dibudidayakan antara lain jagung, gandum, biji-bijian, buah-buahan, dan sayur-sayuran. Daerah penghasil gandum disebut Wheat Belt. Daerah penghasil jagung disebut Corn Belt. Daerah penghasil kapas disebut Cotton Belt.

d. Pertambangan

Amerika Serikat memiliki berbagai macam hasil tambang. Berbagai hasil tambang dan lokasi tambang yang ada di Amerika Serikat di antaranya sebagai berikut:

  1. Minyak bumi terletak di California, Texas, Oklahoma, Lousiana, New Meksiko, dan Pensylvania.
  2. Batu bara terletak di Pensylvania Barat, Kentucky, Virgina Barat, Lowa, Oklahoma, Missiouri, Michigan, dan Indiana.
  3. Bijih besi terletak di sekitar Danau Superior dan Pegunungan Allegheny.
  4. Molebdenum terletak di Utah dan Kolorado.
  5. Tembaca terletak di Utah, Montana, dan Arizona.
  6. Emas terletak di Nevada, Sacramento, dan Colorado.

2. Selandia Baru

Selandia Baru, yang dalam bahasa Maori disebut Aotearroa (artinya Tanah Awan Putih Panjang), adalah sebuah kepulauan di barat daya Samudra Pasifik di Tenggara Australia. Negara ini terdiri dari dua pulau besar dan beberapa pulau kecil lainnya. Selandia Baru adalah Negara demokrasi parlementer dan sebuah wilayah Persemakmuran Britania (Commonwealt Realm). Selandia Baru bertanggung jawab atas Negara pemerintah sendiri Kepulauan Cook dan Niue serta mengatur Tokelau dan Depedensi Ross.

peta Jepang3. Jepang

Secara geografis Jepang terletak di kawasan Asia Timur, tepatnya di barat laut Samudera Pasifik. Negara Jepang terdiri atas empat buah pulau utama, yaitu Hokkaido, Honshu, Shikoku, dan Kyushu. Secara astronomis Jepang terletak pada 30o LU-47o LU dan 128o BT-146o BT. Penduduk Jepang terkenal memiliki etos kerja yang tinggi, disiplin, dan kerja keras. Hal itu turut mendorong kemajuan Jepang di segala bidang, terutama di sektor ekonomi. Kegiatan perekonomian Jepang terbagi menjadi beberapa sektor sebagai berikut.

a. Pertanian

pertanian di JepangLuas lahan pertanian di Jepang hanya 16% dari seluruh daratan, tetapi hasilnya sangat memuaskan. Hasil-hasil pertaniannya antara lain padi, kentang, jagung, gandum, kacang, kedelai, murbei, tembakau, bit gula, dan tanaman obat-obatan. Kemajuan pertanian di Jepang didukung oleh beberapa faktor sebagai berikut:

  1. Lahan pertaniannya terdiri atas tanah vulkanis yang subur.
  2. Pertanian dikerjakan secara intensif danmekanis dengan sistem hidroponik.

b. Perikanan

Di sektor perikanan Jepang merupakan produsen ikan nomor satu di dunia. Hasil-hasil perikanannya antara lain ikan sardine, haring, salmon, kerang mutiara, ikan tuna, ikan hiu, dan ikan paus. Beberapa faktor yang mendorong kemajuan perikanan di Jepang sebagai berikut.

  1. Perairan di Jepang kaya ikan terutama di bagian timur.
  2. Jepang dilalui arus Oya Syiwo dan Kuro Syiwo (arus dingin dan panas).
  3. Menggunakan teknologi dan peralatan penangkapan ikan modern.
  4. Memiliki pelabuhan-pelabuhan alam yang baik untuk dermaga perikanan.
  5. Dukungan industri perkapalan di Jepang.
  6. Penangkapan ikan sampai laut jauh.

c. Perindustrian

Jepang merupakan negara industri terbesar kedua di dunia setelah Amerika Serikat. Faktor-faktor yang mendorong kemajuan industri di Jepang adalah sebagai berikut.

  1. Tersedianya tenaga kerja ahli dan terampil.
  2. Upah buruh relatif murah.
  3. Kaya sumber tenaga air atau batu bara putih.
  4. Memiliki banyak pelabuhan alam.industri di Jepang
  5. Sistem transportasi yang baik di dalam negeri.
  6. Jangkauan pemasaran hasil industrinya luas.
  7. Kegiatan industri dilakukan 24 jam dalam sehari.
  8. Para pekerja mempunyai semangat dan kemauan untuk bekerja keras.

4. Perancis

Perancis adalah sebuah Negara yang terletak di Eropa Barat, berbatasan dengan teluk biscaye di sebelah barat, selat Inggris (La Manche) di Utara, Belgia, Jerman, dan Swiss di Timur, Spanyol, Andora, Monako, dan Laut Tengah di Selatan, serta Italia di Tenggara.

Perancis terkenal dengan dunia adibusananya (fashion), roti, anggur, musik, kereta api, super cepat TGV, dan resor-resorskinya di Pengunungan Alpen, dekat perbatasan Swiss. Orang Perancis juga sangat bangga dengan bahasanya sehingga merekahampir tidak mau berbahasa asing lain di negerinya. Perancis salah satu dari 3 negara penghasil produk pertanian terbesar di Uni Eropa bersama Inggris dan Jerman.

5. Korea Selatan

Korea Selatan adalah sebuah negara di Asia Timur yang meliputi bagian selatan Semenanjung Korea. Di sebelah utara, Republik Korea (Korea Selatan) berbatasan dengan Korea Utara, di mana keduanya pernah bersatu sampai tahun 1948. Laut Kuning di sebelah barat, Jepang di seberang Laut Jepang dan Selat Korea di bagian tenggara. Negara ini terkenal dengan budayanya yang mendunia. Banyak sekali artis-artis (boyband dan girlband) dunia yang berasal dari Korea Selatan. Selain itu, Korea Selatan termasuk negara maju karena merupakan salah satu negara industri terbesar di dunia. Di Korea Selatan terdapat beberapa perusahaan industri terkenal seperti KIA, LG, dan Samsung.

Contoh Negara Berkembang

Negara berkembangNegara-negara berkembang sebagian besar berada di Afrika, Asia, dan Amerika Selatan. Walaupun negara-negara tersebut kaya sumber daya alam, tetapi belum membawa kesejahteraan yang merata bagi penduduknya.

1. Brasil

peta BrasilBrasil merupakan negara terluas yang ada di Amerika Selatan. Brasil menjadi negara terbesar kelima di dunia setelah Rusia, Kanada, Cina, dan Amerika Serikat. Brasil memiliki luas wilayah 8.511.965 km2. Posisi geografisnya pada 6o LU-35o LS dan 35o BB-74o BB.

a. Kependudukan

Wilayah Brasil yang luas memengaruhi persebaran penduduknya yang tidak merata. Kepadatan penduduk yang tertinggi terdapat di daerah perkotaan dan kota-kota pantai, sementara di daerah perdesaan kepadatan penduduknya lebih rendah. Pada tahun 2010 jumlah penduduk Brasil diperkirakan mencapai 201.103.330 jiwa. Brasil menjadi negara berpenduduk terbesar kelima di dunia. Penduduk Brasil terdiri atas warga kulit putih, Mulatto (campuran antara Portugis dan Afrika), Negro, dan suku bangsa yang lain seperti Jepang, Arab, dan Amerindian. Penduduk asli Brasil adalah suku Indian.

contoh negara berkembangb. Perekonomian

Pembangunan ekonomi Brasil ditekankan di sektor pertanian, pertambangan, manufaktur, dan jasa. Kemajuan perekonomian Brasil disebabkan oleh stabilitas ekonomi, dan hasil-hasil pertanian yang berdaya saing tinggi.

1. Pertanian dan Perkebunan

Pertanian dan perkebunan memegang peran utama dalam perekonoomian Brasil. Pertanian tidak lagi didominasi oleh satu jenis komoditas saja. Hasil pertanian lebih bervariasi dan dapat meningkatkan hasil ekspor. Pemerintah federal memberikan perhatian khusus bagi daerah-daerah pedalaman untuk pengembangan sektor pertanian melalui insentif keuangan dan fasilitas kredit khusus. Hasil pertanian Brasil antara lain gandum, padi, jagung, dan kacang kedelai. Produk lain, seperti karet, biji-bijian, dan serat kini banyak dibudidayakan.

2. Pertambangan

Brasil memiliki berbagai bahan tambang yang melimpah. Negara ini memiliki bijih besi terbesar keenam di dunia yang terletak di negara bagian Minas Gerais dan Para. Selain bijih besi, Brasil memiliki kekayaan mangan keenam terbesar di dunia, kandungan bauksit ketiga terbesar di dunia, dan nikel. Di negara bagian Minas Gerais dan Goias ditemukan kandungan uranium. Brasil memiliki kandungan potassium, fosfat, tungsten, timbal, grafit, krom, emas, zirkon, serta mineral langka seperti torium dan bahan radioaktif. Negara ini menghasilkan 90% pasokan batu permata dunia, seperti intan, aquamarin, topaz, omethyst, tourmalin, dan zamrud.

3. Perdagangan

Perdagangan di Brasil berkembang cukup pesat. Pemerintah Brasil membuat suatu jaringan promosi perdagangan yang berbasis internet untuk menyajikan informasi terbaru tentang peluang perdagangan dan investasi di Brasil. Untuk mendukung perdagangan, Brasil mengorganisasi pelabuhan dan bandara secara baik. Pelabuhan yang tersibuk di Brasil adalah Santos, Rio de Janiero, dan Porto Alegre. Bandara tersibuk di Brasil adalah Guarulhos di Sao Paulo dan Tom Jobim-Galeao di Rio de Janiero.

c. Industri

Brasil mempu menetapkan dirinya dalam industri teknologi canggih, terutama bidang telekomunikasi, pengolahan data elektronik, dan bioteknologi. Sektor industri baja, mobil, dan petrokimia memegang peran penting di bidang industri dan ekonomi secara keseluruhan. Saat ini Brasil memiliki kompleks industri terbesar kesepuluh di dunia.

2. Mesir

Mesir adalah sebuah negara yang sebagian besar wilayahnya terletak di Afrika bagian timur laut. Mesir merupakan Negara pertama di dunia yang mengakui Kedaulatan Indonesia pada 17 Agustus 1945.

Dengan luas wilayah sekitar 997.739 km² Mesir mencakup Semenanjung Sinai (dianggap sebagai bagian dari Asia Barat Daya), sedangkan sebagian besar wilayahnya terletak di Afrika Utara. Mesir berbatasan dengan Libya di sebelah barat, Sudan di selatan, jalur Gaza dan Israel di utara-timur. Perbatasannya dengan perairan ialah melalui Laut Tengah di utara dan Laut Merah di timur. Mayoritas penduduk Mesir menetap di pinggir Sungai Nil (sekitar 40.000 km²). Sebagian besar daratan merupakan bagian dari gurun Sahara yang jarang dihuni.

Mesir terkenal dengan peradaban kuno dan beberapa monumen kuno termegah di dunia, misalnya Piramid Giza, Kuil Karnak dan Lembah Raja serta Kuil Ramses. Di Luxor, sebuah kota di wilayah selatan, terdapat kira-kira artefak kuno yang mencakup sekitar 65% artefak kuno di seluruh dunia. Kini, Mesir diakui secara luas sebagai pusat budaya dan politikal utama di wilayah Arab dan Timur Tengah.

peta India3. India

India merupakan salah satu negara di kawasan Asia Selatan. Secara astronomis India terletak pada 8o LU-37o LU dan 68o BT-97o25’BT. Luas wilayahnya 3.316.500 km2. India memiliki jumlah penduduk yang besar. Berdasarkan data dari World Factbook, diperkirakan jumlah penduduk India adalah 1.173.108.018 jiwa.

India memiliki bentang alam yang bervariasi. Di bagian utara merupakan daerah Pegunungan Himalaya. Daerah ini terdiri atas deretan pegunungan dengan dataran tinggi dan lembah besar. Pegunungan utamanya adalah Pegunungan Himalaya dengan puncak tertinggi adalah Mount Everest yang selalu tertutup salju. Di bagian tengah adalah Dataran Rendah Gangga. Di daerah ini mengalir beberapa sungai besar antara lain Sungai Gangga dan Brahmaputra. Daerah tersebut merupakan dataran rendah yang subur dan sebagai pusat pertanian di India. Semenanjung India bagian selatan merupakan daerah perbukitan dan dataran tinggi, yaitu Dataran Tinggi Dekan.

Kegiatan perekonomian India sebagai berikut.

a. Pertanian

India merupakan negara agraris karena sekitar 70% penduduknya bekerja di sektor pertanian. Hasil-hasil pertaniannya meliputi padi, tebu, yute, kapas, kopi, gandum, sorgum, lada, dan karet.

b. Peternakan

kegiatan peternakan dilakukan di daerah stepa Dataran Tinggi Dekan. Jenis binatang yang diternakkan terutama adalah biri-biri dan unta. Sementara itu, di daerah Lembah Hindustan banyak diternakkan gajah dan kerbau.

c. Pertambangan

India merupakan salah satu negara yang kaya barang tambang. barang-barang tambangnya antara lain mangan, bijih besi, batu bara, bauksit, mika, magnesium, dan minyak bumi.

industri film di Indiad. Perindustrian

Jenis industri yang utama adalah industri tekstil. Industri yang lain adalah industri yute, kapas, mesin-mesin, kimia, aluminium, besi, dan baja, alat-alat pertanian, bahan-bahan logam, mobil, alat-alat listrik, penyulingan minyak, dan industri perfilman.

4. Meksiko

Meksiko adalah sebuah Negara di Amerika Utara yang berbatasan dengan Amerika Serikat di utara dan Belize dan Guatemala di tenggara. Meksiko adalah Negara paling utara dan barat di Amerika Latin dan Negara dengan penutur bahasa Spanyol terbanyak di dunia.

5. Malaysia

Selengkapnya baca artikel lengkap tentang Malaysia.

Malaysia adalah sebuah negara federasi. Di negara ini, sektor pertanian masih menjadi andalan. Walaupun Malaysia telah memiliki beberapa industri terkenal seperti mobil Proton. Malaysia (terutama di bagian Borneo) diliputi hutan hujan tropis yang sangat luas.


Semoga bermanfaat, Tetap Semangat! | Materi Pelajaran

19 komentar: