Memaksimalkan Kemampuan Orang Lain dan Diri Sendiri

loading...

Memaksimalkan Kemampuan Orang Lain dan Diri Sendiri

jika Anda tidak bisa seperti dia, manfaatkankah dia. Jika Anda memiliki kemampuan, buatlah itu supaya bermanfaat. #TetapSemangat!

Itu adalah sebuah kalimat motivasi yang saya publikasikan di Facebook dan Twitter HdSBlog. Kalimat tersebut memiliki makna yang sangat luas. Namun, jika disalahartikan bisa fatal. Kenapa? Langsung saja kita simak selengkapnya…..

Makna kalimat tersebut adalah: Jangan pernah mengeluh jika Anda tidak memiliki kemampuan yang telah dimiliki orang lain. Namun, ada satu cara supaya Anda bisa lebih hebat dari dia yaitu dengan memanfaatkan orang tersebut. Namun, arti kata ‘memanfaatkan’ di sini bukanlah kita harus merintah-merintah dia. Kita bisa menggunakannya jika kita membutuhkan kemampuan tersebut.

Memaksimalkan Kemampuan Orang Lain dan Diri SendiriSeperti kemampuan berbicara. Dalam kelompok misalnya, Anda tidak bisa berbicara namun Anda bisa menulis. Jangan dulu berkecil hati kepada anggota kelompok Anda yang mampu berbicara karena dia belum tentu bisa menulis (menulis dalam artian membuat karangan atau makalah). Anda bisa menyatukan kedua kemampuan tersebut dengan memaksimalkan anggota kelompok Anda yang bisa berbicara supaya dia mau menjadi juru bicara kelompok Anda. Kemudian, Anda yang di bagian menulis naskah dan memberikan materi tentang apa yang harus dikatakan oleh teman Anda tersebut. Hal itu disebut sebagai kerja sama.

Janganlah sombong jika Anda memiliki kemampuan tertentu yang cukup hebat. Karena Anda pasti akan membutuhkan kemampuan lainnya untuk ‘bertahan hidup’. Walaupun Anda tidak memiliki kemampuan tersebut. Jika ada orang lain yang membutuhkan bantuan Anda, bantulah dengan senang hati. Karena suatu saat Anda pasti akan membutuhkan bantuannya. Jika Anda sudah dianggap sombong oleh orang lain, maka Anda akan sulit bahkan akan merasa malu untuk meminta bantuannya.

Memaksimalkan Kemampuan Orang Lain dan Diri SendiriJadi, maksimalkan kemampuan orang lain dengan menggunakan kemampuannya jika Anda membutuhkannya dan maksimalkan kemampuan diri sendiri dengan menggunakan kemampuan itu dengan sebaik-baiknya dan membantu orang lain dengan senang hati. Dengan begitu, kemampuan Anda menjadi sangat bermanfaat dan tidak sia-sia dimiliki. Anda akan dihargai oleh orang lain dan hidup Anda akan damai.


Semoga bermanfaat, Tetap Semangat! | Artikel Motivasi

loading...

No comments:

Post a Comment

close