Sosiologi sebagai Ilmu tentang Masyarakat (Materi Ringkas)

loading...
  1. Sosiologi adalah ilmu pengetahuan yang mengkaji masyarakat dan dinamikanya.
  2. Objek studi sosiologi adalah masyarakat, menyoroti hubungan antarmanusia, dan proses yang timbul sebagai konsekuensi dari hubungan antarmanusia tersebut.
  3. Sosiologi adalah ilmu pengetahuan karena telah memenuhi segenap unsur-unsur ilmu pengetahuan yang memiliki ciri-ciri utama, yaitu bersifat teoretis, bersifat empiris, bersifat kumulatif, dan bersifat nonetis.
  4. Sebagai ilmu pengetahuan empiris, sosiologi menggunakan metode-metode ilmiah dalam kajian penelitiannya antara lain metode kualitatif, kuantitatif, induktif, deduktif, empiris, rasionalistis, dan fungsionalisme. Metode-metode tersebut bersifat saling melengkapi.
  5. Konsep sosiologi sering disebut konsep realitas sosial. Hubungan antara berbagai konsep akan menjadi proposi, dan hubungan antara proporsi akan menjadi teori. Jadi, pemahaman terhadap konsep sosiologi sangat dibutuhkan di dalam mempelajari sosiologi.
  6. Beberapa contoh konsep realitas sosial, yaitu masyarakat, kebudayaan, nilai, norma, pranata sosial, perilaku menyimpang, dan pengendalian sosial.

Artikel bermanfaat lainnya:

  1. Metode Penelitian dalam Sosiologi
  2. Pengertian Sosiologi Menurut Para Ahli
  3. Realitas Sosial di Masyarakat (Artikel Lengkap Sosiologi)
  4. Sosiologi (Artikel Lengkap)

Semoga bermanfaat, Tetap Semangat! | Materi Pelajaran
loading...

No comments:

Post a Comment