14 Ciri Khusus Tumbuhan dan Manfaatnya

loading...

Tumbuhan adalah makhluk hidup yang tergabung dalam kingdom plantae. Ciri khusus tumbuhan adalah autotrof (mampu menghasilkan makanan sendiri) dan mampu melakukan fotosintesis. Jenis-jenis tumbuhan sangatlah beragam. Terdapat sekitar 375.000 spesies tumbuhan yang telah diidentifikasi. Setiap spesies memiliki ciri khusus yang berbeda-beda dengan fungsi dan manfaat yang berbeda pula tergantung kondisi lingkungan tumbuhan tersebut tumbuh. Berikut adalah beberapa ciri khusus tumbuhan dan manfaatnya. Langsung saja kita simak yang pertama:

Bagian dari: Tumbuhan (Artikel Lengkap)
ciri khusus tumbuhan dan manfaatnya
  1. Pohon jati: Daun pohon jati dapat gugur dengan sendirinya setiap musim kemarau keempat. Manfaat kemampuan menggugurkan daunnya sendiri ini adalah untuk mengurangi penguapan sehingga persediaan air di dalam batang pohon jati mencukupi walaupun di saat tanah sangat kering sekalipun.
  2. Mawar: Batang tumbuhan mawar memiliki duri yang disebut spina. Manfaat duri ini adalah sebagai alat pertahanan diri dari hewan pengganggu.
  3. Kaktus: Akar kaktus sangatlah panjang dan daunnya berbentuk seperti duri. Manfaat akar kaktus yang panjang adalah untuk menjangkau sumber air yang berada puluhan meter di bawah tanah. Sedangkan manfaat bentuk daunnya yang menyerupai duri adalah untuk mengurangi penguapan (fungsinya sama seperti pohon jati) dan sebagai alat pertahanan diri (fungsinya sama seperti mawar).
  4. Teratai: Batang tumbuhan teratai memiliki rongga. Selain itu, tumbuhan teratai memiliki daun yang lebar dan tipis. Manfaat rongga pada batang teratai adalah untuk membuat teratai dapat mengapung di atas air. Sedangkan manfaat bentuk daun teratai yang lebar dan tipis adalah untuk mempercepat proses penguapan air mengingat teratai tumbuh di areal perairan tenang.
  5. Kantong semar: Tumbuhan ini memiliki semacam kantong yang di dalamnya berisi nektar. Manfaat kantong ini adalah untuk menjebak serangga dan mencernanya. Kantong semar adalah salah satu tumbuhan karnivora.
  6. Tumbuhan venus: Tumbuhan venus juga merupakan tumbuhan karnivora yang memiliki daun yang dilapisi cairan nektar. Cairan ini manis dan harus sehingga dapat memikat serangga. Ketika serangga menyentuh daun, daun tersebut akan mengatup dan menjebak serangga tersebut kemudian dicerna. Manfaat daun ini adalah untuk mendapatkan mangsa.
  7. Pohon bakau: Pohon bakau memiliki akar yang pajang hingga batang pohon tersebut terangkat ke atas permukaan tanah. Manfaat struktur akar seperti demikian adalah untuk melindungi pohon bakau dari hantaman ombak supaya tidak rubuh.
  8. Tumbuhan putri malu: Ciri khusus tumbuhan ini adalah daunnya yang dapat menutup ketika disentuh. Selain itu, tumbuhan ini juga memiliki duri di batangnya. Manfaat ciri khusus tersebut adalah sebagai alat pertahanan dari hewan herbivora.
  9. Bunga bangkai: Bunga bangkai yang sudah mekar memiliki bau yang sangat busuk seperti bangkai. Ini sangat berbeda dengan kebanyakan bunga yang justru berbau wangi. Manfaat bau busuk tersebut adalah untuk menarik para serangga untuk mendekatinya dan secara tidak sadar serangga tersebut telah membantu proses penyerbukan bunga bangkai.
    Baca juga: 20 Ciri Khusus Hewan dan Manfaatnya
  10. Pohon kelapa: pohon kelapa memiliki ciri khusus pada buahnya yaitu memiliki serabut yang sangat keras dan tebal. Manfaat serabut tersebut adalah untuk menjaga isi buah kelapa supaya tidak cepat busuk dan mampu mengapung di air. Ini dikarenakan pohon kelapa yang kebanyakan tumbuh di pantai buahnya bisa jatuh ke pantai dan terbawa arus selama berbulan-bulan hingga menemukan daratan yang cocok untuk dijadikan tempat berkecambah.
  11. Jagung: Ketika membuka buah jagung, maka ditemukan rambut-rambut berwarna kecoklatan. Rambut-rambut tersebut sebenarnya adalah putik jagung. Manfaat putik yang berbentuk mirip rambut-rambut itu adalah untuk memudahkan putik menangkap serbuk sari.
  12. Tumbuhan lidah buaya: Daun tumbuhan lidah buaya (aloe vera) tebal, berair, dan memiliki duri. Manfaat struktur daun yang tebal adalah untuk menyimpan air. Sedangkan manfaat duri pada daun aloe vera adalah supaya daun tersebut tidak dirusak oleh hewan herbivora.
  13. Bunga matahari: Bunga matahari selalu menghadap ke arah matahari. Manfaat pergerakan bunga tersebut adalah supaya semua daun mendapatkan pasokan sinar matahari yang cukup.
  14. Pohon beringin: Pohon beringin memiliki akar gantung yang besar dan kuat. Manfaat akar gantung ini adalah untuk membantu pohon beringin mendapatkan pasokan uap air dan gas.


Anda bisa request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com atau langsung saja lewat kolom komentar :)

loading...

8 comments:

  1. wah,thanks sangat bermanfaat bagiku

    ReplyDelete
  2. makasih ya, tapi ini soal nya disuruh nya 15 tapi kok cuman 14 biasanya 20

    ReplyDelete
  3. mksh ya, tapi ini soalnya aku disuruh nya 15 tapi kok ini cuman 14?

    ReplyDelete
  4. Sangat membantu saya yg kelas 6 jadi mudah mendapatkannya tumbuhan dan hewan ciri khususnya

    ReplyDelete
  5. Aku di suruh anggrek,mentimun,benalu

    ReplyDelete
  6. makasih,ini sangat bermanfaat untuk kls 6.terus berkarya.

    ReplyDelete
  7. Saya sangat berterima kasih, pelajaran kelas 6 tentang ipa jadi mudah untuk dijawab

    ReplyDelete