Mengapa Persebaran Minyak Bumi Tidak Merata?

loading...

Ada yang bertanya, mengapa persebaran minyak bumi di bumi tidak merata? Mengapa ada negara yang memiliki banyak cadangan minyak bumi dan ada negara yang memiliki sedikit atau bahkan tidak memiliki cadangan minyak bumi? Sekarang saya akan mencoba untuk menjawabnya. Berikut adalah alasan mengapa persebaran minyak bumi tidak merata. Langsung saja kita simak yang pertama:

Baca juga: Proses Pembentukan Minyak Bumi
Mengapa Persebaran Minyak Bumi Tidak Merata?

Ada tiga syarat pembentukan minyak bumi. Pertama, terdapat batuan yang memungkinkan terbentuknya hidrokarbon. Batuan tersebut berasal dari sisa-sisa alga, plankton, atau tumbuhan yang telah terurai oleh bakteri dan jamur. Kedua, batuan tersebut haruslah berpori dan bersifat permeabel. Ketiga, diatasnya terdapat batuan penutup sebagai segel supaya hidrokarbon tidak keluar ke permukaan tanah. Selain itu, sebelum terbentuknya batuan tersebut, daerah tersebut harus berupa cekungan dengan tanah berupa batuan sedimen tersier. Cekungan tersebut terjadi diakibatkan oleh pergerakan lempeng tekonik dan aktivitas vulkanik.

Sehingga, minyak bumi lebih banyak terdapat di daerah yang cenderung lebih rendah permukaannya. Misalnya di lepas pantai, Amerika, Timur Tengah, Kanada, dan Siberia. Sesungguhnya minyak bumi terdapat merata di seluruh dunia kecuali Antartika dan daerah samudera. Di Indonesia, cadangan minyak bumi banyak terdapat di kawasan Indonesia barat. Dibawah ini adalah peta persebaran minyak bumi di seluruh dunia. Warna hijau menunjukan bahwa daerah tersebut terdapat minyak bumi. Semakin pekat warna hijaunya, maka semakin banyak pula cadangan minyak bumi di daerah tersebut. Sedangkan daerah yang terdapat garis merah adalah daerah potensial terdapat minyak bumi.

peta persebaran minyak bumi di seluruh dunia


Referensi:

  1. Petroleum (https://en.wikipedia.org/wiki/Petroleum)
  2. Oil reserves (https://en.wikipedia.org/wiki/Oil_reserves)
  3. Proses Pembentukan Minyak Bumi (Materi Lengkap) (http://hedisasrawan.blogspot.com/2013/05/proses-pembentukan-minyak-bumi-materi.html)
  4. Mengapa minyak bumi banyak terdapat didaerah cekungan yang terdiri atas sedimen tersier.? (https://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20131010092811AA8p0pA)
  5. Tektonik Lempeng: antara Sumber Bencana dan Kekayaan Alam (http://mn-heriawan.blogspot.com/2006/12/tektonik-lempeng-antara-sumber-bencana.html)
  6. Prinsip2 Geografi II (http://pelajar-gembel.blogspot.com/2012/09/prinsip2-geografi-ii.html)


Anda bisa request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com atau langsung saja lewat kolom komentar :)

loading...

2 comments: