Makalah: Mengidentifikasi Seni Rupa Murni yang Diciptakan di Indonesia dan Asia

loading...

Seni rupa murni adalah cabang seni yang membentuk karya seni dengan media yang bisa ditangkap mata dan dirasakan dengan rabaan. Kesan ini diciptakan dengan mengolah konsep garis, bidang, bentuk, volume, warna, tekstur, dan pencahayaan dengan acuan estetika. Sebelumnya kami telah mengidentifikasi karya seni rupa murni Bali. Saat ini kita akan mengidentifikasi karya seni rupa murni di Indonesia dan Asia. Ini adalah salah satu artikel request dari pembaca kami melalui hedisasrawan@gmail.com.

1. Jenis

Jenis-jenis seni rupa murni di Indonesia pada umumnya sama seperti jenis seni rupa murni yang ada di asia. Bahkan seni rupa murni di Indonesia merupakan perpaduan dari 3 kebudayaan di Asia yaitu Asia Timur, Asia Selatan, dan Timur Tengah. Berikut adalah beragam jenis seni rupa murni yang ada di Indonesia dan Asia:

1.1. Patung

Seni patung di Indonesia mendapat banyak pengaruh dari Asia Selatan seperti patung burung garuda dan dewa-dewa Hindu. Sedangkan seni patung di Asia banyak ditemukan di Asia Timur dan Asia Selatan. Patung-patung di Asia kebanyakan berupa patung pahlawan, perjuangan, arca, dewa-dewa Hindu, dan patung Buddha.

Patung Garuda Wisnu Kencana Patung Buddha

Salah satu contoh seni patung di Indonesia

Salah satu contoh seni patung di Asia

 

1.2. Seni Lukis

Seni lukis di Indonesia cukup beragam. Mulai dari kaligrafi, lukisan pemandangan alam, sampai lukisan gadis Bali. Ada beberapa pelukis ternama di Indonesia misalnya Affandi. Seni lukis di Indonesia dipengaruhi oleh kebudayaan Hindu dan penjajah dari dunia Barat.

lukisan gadis Bali

Salah satu contoh seni lukis Indonesia

Sedangkan seni lukis dari Asia yang paling terkenal berada di Asia Timur. Motif lukisan di Asia Timur sangat khas dan dilengkapi dengan kaligrafi Asia Timur. Sedangkan di Asia Selatan, lukisan para dewa sangat sering ditemukan disana. Kebanyakan seni lukis di Timur Tengah berupa kaligrafi huruf Arab.

lukisan-tiongkok

Salah satu contoh seni lukis Asia

1.3. Kerajinan dari Keramik

Kerajinan keramik di Indonesia sangat dipengaruhi oleh budaya Asia Timur yang terkenal akan kerajinan keramiknya. Dahulu orang-orang Tionghoa kerap kali membawa piring dan guci keramik ke Indonesia.

kerajinan keramik Tiongkok

Salah satu contoh kerajinan keramik Indonesia dan Asia

Kerajinan keramik di Asia paling banyak dan paling terkenal berada di Tiongkok. Ciri khasnya adalah terdapat huruf Mandarin, gambar bunga, pemandangan, maupun naga di bagian luar keramik tersebut. Harga keramik dari Tiongkok biasanya sangat mahal dan hanya dijadikan sebagai hiasan walaupun sebenarnya dapat digunakan sebagai alat kebutuhan sehari-hari seperti piring, guci, dan gelas.

1.4. Ukiran

Seni ukir di Indonesia terdapat di Bali dan Jepara. Kayu menjadi media terpopuler. Namun di bali ada juga yang mengukir perak dan batu. Motif yang digunakan biasanya bunga dan tumbuhan.

Seni ukir Asia terdapat di Asia Timur dan Asia Selatan. Media yang diukir biasanya kayu dan logam. Motif ukiran biasanya berupa dewa, gajah, kuda, tumbuhan, bunga, dan naga.

ukiran Jepara ukiran Asia

Salah satu contoh seni ukir Indonesia

Salah satu contoh seni ukir Asia

2. Teknik

Teknik dalam membuat seni rupa murni Indonesia dan Asia relatif sama. Misalnya dengan goresan cat menggunakan kuas, mengukir, mencetak, mengecor dengan logam, maupun membentuk dengan tanah liat.

3. Makna

Makna karya seni rupa murni di Indonesia yang biasa ditampilkan adalah keindahan dan patriotisme. Keindahan terlihat dari karya seni yang menggambarkan keindahan alam dalam bentuk lukisan, patung, dan ukiran bunga. Patriotisme terlihat dari patung pahlawan dan lukisan tentang perjuangan merebut kemerdekaan.

Makna karya seni rupa murni Asia sangatlah beragam. Di Asia Selatan biasanya bermakna rasa syukur dan pemujaan terhadap dewa-dewa atau Buddha. Di Timur Tengah biasanya bermakna perwujudan Tuhan dalam bentuk kaligrafi. Di Asia Timur biasanya bermakna keindahan alam dan kepahlawanan.

4. Perkembangan

Perkembangan seni rupa murni di Indonesia sudah ada sejak zaman prasejarah. Perkembangannya telah dipengaruhi oleh banyak kebudayaan. Itu dikarenakan Indonesia pernah mengalami masa kerajaan Hindu, kerajaan Islam, dan kolonialisme. Seni logam telah dikenal sejak sekitar abad ke-8 sampai abad ke-10 masehi. Candi Borobudur adalah karya seni rupa yang paling megah di masanya yakni sekitar tahun 760 sampai 830 masehi.

Perkembangan seni rupa murni di Asia sangatlah kompleks karena terdapat tiga kebudayaan besar yang berkembang yaitu di Asia Timur, Asia Selatan, dan Timur Tengah. Perkembangan seni rupa murni di kawasan Timur (Asia) berbeda dengan perkembangan seni rupa murni di kawasan Barat (Eropa dan Amerika).


Sumber:

  1. PENGERTIAN DAN JENIS-JENIS SENI RUPA (MURNI DAN TERAPAN) (http://bahanbelajarsekolah.blogspot.com/2015/01/pengertian-dan-jenis-jenis-seni-rupa.html)
  2. Karya Seni Rupa Murni Indonesia (http://ulfianifauziahanafi.blogspot.com/2013/09/karya-seni-rupa-murni-indonesia.html)
  3. 10 Contoh Seni Rupa Murni (http://hedisasrawan.blogspot.com/2015/03/10-contoh-seni-rupa-murni.html)
  4. History of Eastern art (https://en.wikipedia.org/wiki/History_of_Eastern_art)


Anda bisa request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com atau langsung saja lewat kolom komentar :)

loading...

No comments:

Post a Comment