3 Cara Memilih Unsur Seni Rupa Nusantara untuk Dikembangkan Menjadi Karya Seni Rupa Murni

loading...

Indonesia yang memiliki berbagai macam suku, budaya, adat istiadat, dan agama tentu saja memiliki kekayaan unsur seni rupa yang sangat kaya. Semua unsur seni rupa tersebut tentunya bisa dikembangkan lagi menjadi sebuah karya seni rupa murni. Unsur-unsur tersebut berupa bahan, teknik, corak, dll. Berikut adalah cara memilih unsur seni rupa nusantara untuk dikembangkan menjadi karya seni rupa murni. Langsung saja kita simak yang pertama:

Baca juga: 6 Cara Mengekspresikan Diri Melalui Karya Seni Rupa
Cara Memilih Unsur Seni Rupa Nusantara untuk Dikembangkan Menjadi Karya Seni Rupa Murni

1. Bahan

Seni rupa Nusantara dikenal dapat menggunakan beragam jenis bahan. Mulai dari tanah liat, batu, daun, pelepah, kulit, kayu, dan bahkan barang bekas. Kita bisa menerapkan beragam jenis bahan itu untuk dijadikan karya seni rupa murni. Seperti daun yang dapat disusun menjadi penghias bingkai foto, kayu yang dapat diukir menjadi hiasan tembok, tanah liat yang dibentuk menjadi patung berbentuk unik, kaleng susu yang dapat dijadikan vas bunga, atau bubur kertas yang dapat dibentuk menjadi guci.

2. Teknik

Teknik dalam pembuatan karya seni rupa Nusantara juga beragam. Teknik yang paling sering digunakan adalah teknik ukir, membentuk, membatik, menganyam, menenun, cor, dan lukis. Beragam teknik tersebut dapat kamu implementasikan ke dalam karya seni rupa murni kamu. Seperti teknik mengukir kayu dan melukis di atas kanvas.

3. Corak

Baca juga: Makalah: Menampilkan Sikap Apresiatif Terhadap Keunikan Gagasan dan Teknik Seni Rupa Murni Asia

Corak dalam karya seni rupa Nusantara umumnya masih bersifat tradisional, terikat, monoton, dan diwariskan secara turun temurun. Corak yang ada biasanya berupa flora, fauna, alam, dan budaya setempat dan seringkali menggunakan ornamen, sedikit lembut, kontras, klasik, dan simbolik. Corak seni rupa Nusantara sangatlah beragam tergantung dari daerah asalnya. Corak yang sangat beragam tersebut dapat diterapkan di dalam karya seni rupa kamu. Misalnya lukisan yang bercorak khas Kalimantan Selatan.


Sumber:

  1. Bentuk Corak Senirupa Terapan Nusantara (http://blog-senirupa.blogspot.com/2013/08/bentuk-corak-senirupa-terapan-nusantara.html)


Anda bisa request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com atau langsung saja lewat kolom komentar :)

loading...

No comments:

Post a Comment