Pengertian dan Anatomi Paru-Paru (Artikel Lengkap)

loading...

Paru-paru adalah organ yang sangat vital bagi hewan darat termasuk manusia. Organ ini terlibat langsung dalam tiga sistem organ sekaligus, yaitu sistem pernapasan pada manusia, sistem peredaran darah pada manusia, dan sistem ekskresi pada manusia. Fungsi paru-paru adalah untuk melakukan pernapasan atau pertukaran oksigen dan karbon dioksida dengan darah. Berikut adalah pengertian dan anatomi paru-paru. Langsung saja kita simak selengkapnya…..

Bagian dari: Paru-Paru (Artikel Lengkap)
1. Pengertian Paru-Paru

Paru-paru adalah sepasang organ pernapasan yang terletak di dada yang membawa oksigen ke darah. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), paru (paru-paru) adalah organ tubuh yang berupa sepasang kantong berbentuk bulat toraks yang terdapat dalam rongga dada dan berfungsi sebagai alat pernapasan (untuk membersihkan darah dengan oksigen yang dihisap dari udara pada manusia dan sebagian binatang).

2. Anatomi Paru-Paru

Sebelum menyimak anatomi paru-paru, pahami dulu gambar bagian-bagian paru-paru berikut. Penjelasan gambar berada di bawah.

anatomi paru-paru

Selengkapnya: Anatomi Paru-Paru (Artikel Lengkap)

Paru-paru memiliki massa sekitar 1.180 gram. Terdapat sepasang paru-paru, yaitu paru-paru kiri dan paru-paru kanan. Paru-paru kanan (massa 620 gram) lebih besar daripada paru-paru kiri (massa 560 gram). Itu karena bagian bawah paru-paru kiri sedikit melengkung mengikuti bentuk jantung. Paru-paru dibungkus oleh sebuah selaput yang disebut pleura.

Bagian terpenting dari paru-paru adalah alveolus (tunggal: alveoli). Fungsi alveolus adalah sebagai tempat terjadinya pertukaran udara dengan darah. Disinilah udara yang masuk ke paru-paru bermuara dan udara yang keluar dari paru-paru berasal. Terdapat sekitar 700 juta alveolus yang masing-masing berdiameter sekitar 0,2 sampai 0,3 milimeter. Alveolus dikelilingi oleh pembuluh darah. Pembuluh darah yang masuk ke alveolus disebut arteri pulmonalis dan pembuluh darah yang keluar dari alveolus disebut vena pulmonalis.

Bagian penting lainnya adalah brokus dan bronkiolus. Bronkus membagi trakea menjadi dua. Satu ke paru-paru kanan dan satunya ke paru-paru kiri. Bronkiolus adalah percabangan dari bronkus dan bermuara ke alveolus. Bronkus dan bronkiolus adalah semacam “pipa” yang berfungsi sebagai jalur keluar masuk udara.

Dengan demikian, struktur paru-paru mirip seperti pohon terbalik dengan dua cabang utama. Batang ibarat trakea, dua cabang utama ibarat bronkus, cabang-cabang kecil lainnya ibarat bronkiolus, tangkai daun ibarat duktus alveolus, sedangkan daun ibarat alveolus.


Sumber:

  1. Paru-paru (http://kamuskesehatan.com/arti/paru-paru/)
  2. Definisi 'paru' (http://www.artikata.com/arti-343869-paru.html)

  3. Paru-Paru (Artikel Lengkap) (http://hedisasrawan.blogspot.com/2013/03/paru-paru-artikel-lengkap.html)


Anda bisa request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com atau langsung saja lewat kolom komentar :)

loading...

No comments:

Post a Comment