15 Contoh Fenomena Sosial

loading...

Fenomena sosial adalah gejala-gejala atau peristiwa-peristiwa yang terjadi dan dapat diamati dalam kehidupan sosial. Banyak sekali fenomena sosial yang terjadi di sekitar kita. Fenomena sosial terjadi terutama di perkotaan dimana ada banyak sekali masyarakat dari beragam latar belakang ekonomi, tempat kelahiran, budaya, dan bahkan agama. Berikut adalah beberapa contoh fenomena sosial. Langsung saja kita simak yang pertama:

Baca juga: Pengertian Fenomena Sosial dan Ekonomi (Beserta Contoh)

contoh fenomena sosial

  1. Kegiatan mudik saat Lebaran.
  2. Kepadatan penduduk.
  3. Angka kriminalitas yang tinggi.
  4. Terdapat anak jalanan.
  5. Prostitusi.
  6. Korupsi.
    Baca juga: 10 Contoh Perubahan Sosial Budaya
  7. Saling bergotong royong saat terjadi bencana alam atau musibah.
  8. Kebiasaan membuang sampah ke sungai/selokan.
  9. Kebiasaan melanggar peraturan lalu lintas.
  10. Kemiskinan.
  11. Kebodohan.
  12. Permasalahan antar SARA.
  13. Tawuran.
  14. Unjuk rasa.
    Baca juga: 5 Perubahan Sosial Dibidang Ekonomi

15. Berikut adalah satu contoh teks eksplanasi tentang fenomena sosial:

Sampah adalah salah satu fenomena sosial yang terjadi di masyarakat terutama di perkotaan. Jumlah penduduk yang meningkat membuat kebutuhan juga ikut meningkat. Akibatnya, volume sampah pun semakin meningkat. Belum lagi ditambah dengan kesadaran masyarakat untuk mengelola sampah masih kurang.

Secara umum, sampah dibedakan menjadi dua kategori yaitu sampah organik dan sampah anorganik. Contoh sampah organik adalah dedaunan dan sisa-sisa makanan. Sedangkan contoh sampah anorganik adalah plastik, kertas, dan kaleng.

Namun, jangankan membedakan sampah, meminta masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya saja sangat sulit. Banyak orang yang seenaknya membuang sampah ke sungai atau ke selokan. Memang, dampaknya tidak terasa karena volume sampah yang dibuang oleh satu orang sangat sedikit dan sampah itu langsung menjauh dari pandangan. Namun, jika banyak orang yang seperti itu, lama kelamaan sungai akan tercemar dan jorok. Padahal sungai seharusnya bersih tanpa sampah. Selain itu, ada juga orang yang suka membuang sampah sembarangan, bahkan di tempat suci sekalipun.


Referensi:

  1. Pengertian Fenomena Sosial dan Ekonomi (Beserta Contoh) (http://hedisasrawan.blogspot.com/2015/04/pengertian-fenomena-sosial-dan-ekonomi.html)
  2. Fenomena Sosial di Perkotaan (https://pramitadf.wordpress.com/2011/09/21/fenomena-sosial-di-perkotaan/)
  3. Contoh fenomena sosial yang negatif dan positif (http://brainly.co.id/tugas/1854744)
  4. Apa contoh fenomena sosial? (https://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20140122204634AANzjqe)
  5. Contoh Teks Eksplanasi Tentang Fenomena Sosial (http://www.astalog.com/1442/contoh-teks-eksplanasi-tentang-fenomena-sosial.htm)


Anda bisa request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com atau langsung saja lewat kolom komentar :)

loading...

6 comments: