8 Macam Sumber Energi (Artikel Lengkap)

loading...

Sumber energi adalah segala sesuatu di sekitar kita yang mampu menghasilkan energi. Energi adalah kemampuan untuk melakukan suatu tindakan atau pekerjaan (usaha). Energi sangatlah bermanfaat bagi peradaban manusia. Energi yang bermanfaat dapat berupa energi listrik, gerak, pegas, dll. Tapi yang saya tekankan di artikel ini adalah sumber energi listrik dan mesin. Berikut adalah macam-macam sumber energi, baik yang terbarukan maupun tidak. Langsung saja kita simak yang pertama:

Mungkin Anda mencari: 3 Zat Makanan yang Berperan Sebagai Sumber Energi

Macam-Macam Sumber Energi

1. Energi Matahari

Energi matahari adalah energi yang berasal dari pancaran sinar matahari. Energi matahari dapat diubah menjadi listrik melalui panel surya dengan menggunakan teori efek fotolistrik. Energi ini merupakan energi terbarukan karena tidak akan habis dalam jangka waktu yang sangat panjang. Selain itu, energi matahari juga dapat digunakan sebagai salah satu sumber energi panas. Daerah beriklim tropis sangat bagus untuk memaksimalkan pemanfaatan energi matahari karena di daerah ini energi matahari selalu ada sepanjang tahun. Energi tetap dihasilkan meskipun cuaca sedang mendung. Dan bahkan energi yang dihasilkan lebih tinggi dibandingkan dengan saat cuaca sangat cerah dengan langit biru.

2. Fosil

Fosil adalah sisa-sisa makhluk hidup yang telah mati dan menjadi batu atau mineral. Fosil dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi. Bahkan saat ini sumber energi yang terpopuler adalah energi yang berasal dari fosil. Fosil dapat dijadikan beragam produk seperti gas alam, minyak bumi, dan batu bara. Namun, energi yang berasal dari fosil jumlahnya sangatlah terbatas dan residu pembakarannya tidak baik bagi kesehatan dan lingkungan.

3. Energi Panas Bumi

Energi panas bumi atau geothermal adalah energi thermal (panas) yang dihasilkan dan disimpan di dalam bumi. Energi panas bumi adalah energi terbarukan dan sangat ramah lingkungan. Pemerintah Indonesia tengah berupaya untuk memaksimalkan energi panas bumi ini. Namun kendalanya berada pada teknologi.

4. Angin

Angin adalah udara yang bergerak yang disebabkan oleh perbedaan temperatur di dua tempat. Udara yang bergerak ini ternyata memiliki energi yang cukup untuk mendorong kincir angin. Nah, putaran kincir angin ini dapat menghasilkan listrik melalui generator turbin. Energi yang berasal dari angin bersifat terbarukan dan ramah lingkungan.

5. Air

Baca juga: Pengertian Energi (Artikel Lengkap)

Sama seperti angin, gerakan air, terutama di air terjun, juga dapat menghasilkan energi listrik. Di air terjun bisa dipasang turbin untuk menghasilkan listrik. Kita juga bisa menciptakan air terjun buatan dengan menggunakan waduk atau bendungan. Energi yang berasal dari air bersifat terbarukan dan ramah lingkungan.

6. Bioenergi

Bioenergi adalah energi yang dihasilkan dari bahan organik yang terbarukan. Sumbernya bisa berasal dari kotoran hewan, tumbuhan, atau bioetanol. Bioenergi dapat menghasilkan energi listrik atau bahkan sebagai alternatif bahan bakar fosil. Energi yang dihasilkan dari bioenergi bersifat terbarukan namun kurang ramah lingkungan.

7. Mineral Radioaktif

Mineral radioaktif adalah mineral yang dapat memancarkan partikel dari inti atomnya. Mineral radioaktif dapat berupa uranium, plutonium, dan torium. Mineral ini dapat dijadikan sebagai sumber pembangkit listrik tenaga nuklir yang sangat efisien. Kabarnya, cadangan energi yang terdapat di mineral radioaktif cukup untuk kebutuhan manusia selama lebih dari 3000 tahun. Satu gram uranium saja dapat menghasilkan energi yang setara 17.500 liter minyak bumi. Sedangkan cadangan uranium di dunia mencapai jutaan ton. Meskipun begitu, harus dilakukan penelitian lebih lanjut untuk mengurangi dampak bahaya dari penggunaan radioaktif supaya tidak terjadi lagi hal seperti di Chernobyl. Sumber energi ini tidak terbarukan dan cukup ramah lingkungan.

8. Tenaga Laut

Arus laut juga dapat dijadikan sumber energi berupa gelombang laut, pasang surut, arus laut, perbedaan salinitas (tingkat keasinan), dan perbedaan suhu laut. Indonesia sebagai negara maritim yang memiliki garis pantai terpanjang keempat di dunia memiliki potensi pembangkit listrik tenaga laut. Namun dari seluruh potensi tersebut, hanya 0,000458% yang dimanfaatkan yaitu di pantai Baron Yogyakarta yang berkapasitas 1,1 MW. Salah satu kendala dalam pemanfaatannya adalah biayanya yang mahal.


Referensi:

  1. Pengertian, Satuan dan Macam - Macam Bentuk Energi (http://softilmu.blogspot.com/2015/01/Pengertian-Bentuk-Macam-Satuan-Energi-Adalah.html)
  2. Pengertian Sumber Energi dan contohnya (http://www.kopi-ireng.com/2014/09/contoh-sumber-energi.html)
  3. Macam Macam Sumber Energi Bumi (http://macammacamm.blogspot.com/2014/03/macam-macam-sumber-energi.html)
  4. 8 Sumber Energi Terbarukan di Indonesia (http://alamendah.org/2014/09/09/8-sumber-energi-terbarukan-di-indonesia/)
  5. Sumber Energi (http://www.kidnesia.com/Kidnesia2014/Dari-Nesi/Sekitar-Kita/Pengetahuan-Umum/Sumber-Energi)
  6. Energi terbarukan (https://id.wikipedia.org/wiki/Energi_terbarukan)
  7. Energi Matahari (http://www.greenpeace.org/seasia/id/campaigns/perubahan-iklim-global/Energi-Bersih/Energi_matahari/)
  8. Berbagai Macam Sumber Energi Terbarukan (http://ashimima.com/berbagai-macam-sumber-energi-terbarukan/)
  9. ADAKAH BAHAN BAKAR REAKTOR NUKLIR SELAIN URANIUM DAN PLUTONIUM? (https://www.batan.go.id/ensiklopedi/15/04/01/02/15-04-01-02.html)
  10. Berapakah energi 1 gram Uranium? (http://smukmin.blogspot.com/2011/10/berapakah-energi-1-gram-uranium.html)
  11. Kekuatan Uranium (http://yudiprolink.blogspot.com/2013/09/kekuatan-uranium_26.html)
  12. Ketahanan Energi (Bagian 2) : Potensi Kekayaan Energi Indonesia (https://rezkykz.wordpress.com/artikel/ketahanan-energi-bagian-2-potensi-kekayaan-energi-indonesia/)


Anda bisa request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com atau langsung saja lewat kolom komentar :)

loading...

No comments:

Post a Comment