Pengertian dan Jenis-Jenis Proposal (Artikel Lengkap)

loading...

Proposal sering dijumpai pada perusahaan dan instansi pemerintah. Tujuan pembuatan proposal adalah supaya usulan yang diinginkan tersebut disetujui dan bahkan didanai. Berikut adalah pengertian dan jenis-jenis proposal. Langsung saja kita simak selengkapnya…..

pengertian dan jenis-jenis proposal

1. Pengertian Proposal

Proposal adalah suatu usulan kegiatan atau rencana yang diterangkan dalam bentuk rancangan kerja secara terperinci dan sistematis yang akan dilaksanakan atau dikerjakan dengan harapan usulan tersebut disetujui, diizinkan, atau didukung. Selain dalam bentuk usulan kegiatan, proposal juga dapat digunakan untuk menyampaikan ide, gagasan, atau pemikiran.

2. Jenis-Jenis Proposal

Secara umum, proposal dibagi menjadi empat jenis yaitu:

  1. Proposal bisnis, yaitu proposal yang berkaitan dengan dunia usaha dan bisnis termasuk UKM dan perusahaan perorangan. Contoh proposal bisnis adalah proposal kerjasama bisnis dan proposal pengajuan modal.
  2. Proposal proyek, yaitu proposal bisnis yang berisi tentang proyek pembangunan atau pengadaan. Proposal tersebut juga ada di dalam pemerintahan. Contoh proposal proyek adalah proposal pengadaan alat belajar, proposal pembangunan gedung baru, dan proposal pelebaran jalan.
  3. Proposal penelitian, yaitu proposal yang berisi tentang rencana penelitian. Tujuan pembuatan proposal penelitian adalah untuk mendapatkan dukungan dana atau fasilitas dari pemerintah atau instansi iptek. Saat ini, sebelum mengikuti OPSI (Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia), harus mengajukan proposal penelitian terlebih dahulu sebelum melakukan penelitian supaya mendapatkan dana penelitian dari pemerintah.
  4. Proposal kegiatan, yaitu proposal yang berisi tentang rencana pelaksanaan kegiatan. Proposal kegiatan dapat diajukan oleh semua instansi. Contoh proposal kegiatan adalah proposal kegiatan lomba menyambut Hari Kemerdekaan, proposal kegiatan rapat, proposal kegiatan outbond, dan proposal kegiatan lomba karya tulis.


Referensi:

  1. Pengertian Proposal (http://www.contohpedia.com/2014/08/pengertian-definisi-proposal-jenis-dan-tujuan.html)
  2. Pengertian proposal jenis jenis proposal dan tujuannya (http://makalahproposal.blogspot.com/2014/05/pengertian-proposal.html)
  3. Pengertian proposal, Jenis Jenis, unsur unsur dan Tujuannya (http://www.ilmusahid.com/2014/11/pengertian-jenis-unsur-fungsi-dan-tujuan-proposal.html)


Anda bisa request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com atau langsung saja lewat kolom komentar :)

loading...

2 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. makasih artikelnya gan sangat membantu sekali

    ReplyDelete