Pengertian Sejarah (Artikel Lengkap)

loading...

Sejarah adalah kejadian di masa lalu khususnya yang berhubungan dengan manusia yang disusun berdasarkan sumber sejarah yang ada. Sumber sejarah adalah peninggalan-peninggalan berbagai peristiwa atau keadaan di masa lampau. Dengan demikian, kejadian yang baru terjadi kemarin pun bisa dikatakan sebagai sejarah. Sejarah merupakan studi tentang sebab dan akibat. Dalam sejarah, suatu peristiwa akan menjadi bermakna jika kita mengetahui mengapa peristiwa tersebut terjadi. Istilah “sejarah” berbeda dengan “ilmu sejarah”. Ilmu sejarah adalah ilmu yang mempelajari peristiwa penting manusia di masa lalu.

pengertian sejarah

1. Asal Mula Kata Sejarah

Menurut, William H. Freederick, etimologi kata “sejarah” berasal dari bahasa Melayu sejarah yang berasal dari bahasa Arab شجرة (šajaratun) yang berarti “pohon”. Istilah tersebut digunakan karena silsilah keluarga kerajaan mirip seperti pohon terbalik. Kata tersebut pertama kali diserap dalam bahasa Melayu pada abad ke-13. Meskipun demikian, dalam bahasa Arab sendiri, “sejarah” disebut تاريخ (tarikh).

2. Arti Kata Sejarah

Berikut adalah arti kata sejarah menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI):

Sejarah adalah noun (nomina/kata benda) yang berarti:

  1. Asal-usul (keturunan) silsilah
  2. Kejadian dan peristiwa yang benar-benar terjadi pada masa lampau
  3. Pengetahuan atau uraian tentang peristiwa dan kejadian yang benar-benar terjadi di masa lampau; ilmu sejarah

3. Terjemahan Kata Sejarah dalam Berbagai Bahasa

Dalam bahasa Inggris, “sejarah” disebut history. Kata tersebut berasal dari bahasa Yunani Kuno ἱστορία (historia) yang berarti “penyelidikan”, “pengetahuan dari penyelidikan”, atau “menilai”. Kata tersebut berasal dari kutipan Aristoteles Περὶ Τὰ Ζῷα Ἱστορίαι (Perì Tà Zôa Ηistoríai) yang berarti “penyelidikan tentang hewan”.

Dalam bahasa Jawa, “sejarah” disebut babad yang berarti “riwayat” atau “sejarah”. Kata babad juga berarti “memotong tumbuhan dengan pisau sehingga halaman menjadi “terang””.

Dalam bahasa Belanda, “sejarah” disebut geschichte yang berasal dari bahasa Jerman geschichtdenis yang berarti “sesuatu yang telah terjadi dalam kehidupan umat manusia”.

4. Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli

Selengkapnya: 44 Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli

Berikut adalah beberapa pengertian sejarah menurut para ahli sejarah:

  1. Menurut Herodotus, sejarah adalah sistem mempelajari kejadian awal dan terbentuk dalam kronologi yang terdiri dari bukti konkrit atau catatan-catatan.
  2. Menurut Moh. Yamin, SH, sejarah adalah ilmu pengetahuan yang disusun atas hasil penyelidikan beberapa peristiwa yang dapat dibuktikan dengan kenyataan.
  3. Menurut J.V. Brice, sejarah adalah catatan-catatan dari apa yang telah dipikirkan, dikatakan, dan diperbuat oleh manusia.

5. Pengertian Sejarah Secara Sempit dan Luas

Pengertian sejarah secara sempit adalah kejadian atau peristiwa.

Pengertian sejarah secara luas adalah suatu peristiwa manusiawi yang mempunyai akarnya dalam realisasi diri dengan kebebasan dan keputusan daya rohani.


Referensi:

  1. History (https://en.wikipedia.org/wiki/History)
  2. Pengertian Sejarah (http://sejarah10-jt.blogspot.com/2012/09/pengertian-sejarah.html)
  3. Pengertian Sejarah dan Ruang Lingkup Ilmu Sejarah (http://www.apapengertianahli.com/2015/05/pengertian-sejarah-dan-ruang-lingkup-ilmu-sejarah.html)
  4. Pengertian sejarah menurut para ahli dan manfaatnya (http://laportadoradesuenos.blogspot.com/2015/06/pengertian-sejarah-menurut-para-ahli.html)
  5. Pengertian Sejarah (http://isma-ismi.com/pengertian-sejarah.html)
  6. Sejarah (https://id.wikipedia.org/wiki/Sejarah)
  7. Pengertian Atau Definisi Sejarah Menurut Para Ahli (http://www.gurusejarah.com/2011/12/pengertian-atau-definisi-sejarah.html)
  8. Pengertian Sejarah (Istilah, Bahasa, Para Tokoh) (http://www.zonasiswa.com/2014/05/pengertian-sejarah-istilah-bahasa-para.html)
  9. Pengertian Sejarah (http://www.kopi-ireng.com/2015/02/pengertian-sejarah.html)
  10. PENGERTIAN SEJARAH (https://www.facebook.com/historyfileon/posts/526455044087146)


Anda bisa request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com atau langsung saja lewat kolom komentar :)

loading...

No comments:

Post a Comment